Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Buku "Penguatan Share Values & Corporate Culture" Akhirnya Terbit Juga

2 Februari 2023   13:03 Diperbarui: 2 Februari 2023   13:15 967
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Beberapa buku yang pernah Kakek Merza terbitkan (dokpri)

Awal tahun 2022, buku Kakek Merza berjudul "Merancang Change Management & Cultural Transformation" terbit saat Pandemi Covid-19 baru menjadi isu di Indonesia. Buku yang berisi tentang "Langkah praktis mendiagnosa organisasi, menyusun visi-misi, dan shared values untuk membangun corporate culture" telah banyak dipesan sebelum buku itu terbit. Oleh karena itu dalam waktu tidak sampai dua pekan, cetakan pertama pun habis.

Kemudian, dilakukan pencetakan ulang atas buku tersebut untuk memenuhi permintaan orang-orang dan pihak-pihak yang belum kebagian. Namun, ketika pencetakan kedua buku tersebut selesai, tiba-tiba Covid-19 yang tadinya dianggap isu di Indonesia merebak dan pemerintah pun menetapkan kondisi PSBB yang membuat hampir semua kantor tutup kecuali kantor pelayanan publik yang beroperasi terbatas.

Image: Buku
Image: Buku"Merancang Change Management & Cultural Tranformation" terbit saat Pandemi Covid-19 baru menjadi isu di Indonesia. (by Merza Gamal)

Akibat pandemi Covid-19 yang merebak dan pemberlakuan PSBB, para pemesan buku pun sebagian besar mengurungkan niatnya mengambil buku yang telah dicetak ulang tersebut. Padahal, Kakek Merza juga sudah memepersiapkan penerbitan buku selanjutnya yang merupakan implementasi dari buku yang baru terbit tersebut.

Jika buku "Merancang Change Management & Cultural Tranformation" merupakan langkah-langkah praktis dalam penyusunan strategi, maka buku lanjutannya merupakan pelaksanaan internalisasi share values dan implementasi corporate culture yang berisikan petunjuk praktis Membangun Master Program Pembudayaan, Panduan Perilaku, dan Sistem Kinerja Organisasi Berkelanjutan.

Buku lanjutan tersebut sedianya adalah ditujukan untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 (IR 4.0). Namun, akibat pandemi, hal-hal terkait dengan IR 4.0 yang diperkirakan baru mulai berpengaruh pada tahun 2023 mengalami percepatan pada tahun 2020. Percepatan itu antara lain, para pekerja menjadi bekerja dari rumah, dan rapat-rapat serta acara-acara yang tadi tatap muka langsung menjadi kegiatan on line melalui video call dan zoom meeting.

Oleh karena itu, isu tantangan IR 4.0 pun menjadi terkalahkan dengan isu kesiapan menghadapi tatanan baru pasca pandemi Covid-19. Dengan demikian, buku lanjutan yang mau saya terbitkan pun harus mengalami revisi besar untuk menyesuaikan kondisi yang berubah.

Buku yang telah terbit sebelumnya, memberikan pengetahuan tentang apa itu Change Management dan Cultural Transformation serta kapan perlu dilakukannya. Buku tersebut membahas bagaimana melakukan perubahan dan mengetahui langka-langkah yang harus dilakukan, kemudian bagaimana melakukan diagnosis dan perubahan cultural. Hasil diagnosa akan menjadi dasar untuk menyusun perubahan visi-misi, dan share values perusahaan, serta merancang bangunan transformasi kultural dan pelaksanaannya yang harus sesuai dengan tahapan-tahapan dalam sebuah transformasi.

Image: Beberapa buku yang pernah Kakek Merza terbitkan (dokpri)
Image: Beberapa buku yang pernah Kakek Merza terbitkan (dokpri)

Buku Change Management dan Cultural Transformation tersebut banyak mengambil referensi utama dari buku-buku yang ditulis oleh pakar perubahan dan telah digunakan oleh banyak organisasi tingkat dunia yang berhasil bertahan dan terus berkembang di tengah kondisi unpredictable saat ini.

Buku tersebut ditulis berdasarkan pengalaman Kakek Merza saat terjun di lapangan, baik ketika masih bertugas di sebuah bank syariah nasional terbesar dan ikut dalam team kerja One Culture Group Keuangan milik BUMN, serta saat membangun visi, misi, values di sebuah rumah sakit dan yayasan pendidikan, dan juga dalam advisory di beberapa perusahaan dan lembaga baik dalam perencanaan pra operasional maupun pada lembaga yang sedang menjalankan transformasi dengan referensi dari karya-karya besar para Pakar Manajemen Perubahan internasional.

Image: Buku tersebut ditulis berdasarkan pengalaman penulis saat terjun di lapangan (by Merza Gamal) 
Image: Buku tersebut ditulis berdasarkan pengalaman penulis saat terjun di lapangan (by Merza Gamal) 

Buku yang Kakek Merza tulis merupakan penyusunan ulang, memilah, dan mengurutkannya menjadi suatu sistem yang dapat digunakan secara praktis untuk merancang manajemen perubahan dan transformasi budaya yang dimulai dari mendiagnosa organisasi dan memutuskan untuk melakukan perubahan dan transformasi, kemudian menyusun visi, misi, dan values organisasi untuk membangun corporate culture yang bisa diimplementasikan oleh semua insan organisasi.

Buku lanjutan yang rencananya akan diterbitkan 3 bulan setelah terbitnya buku Change Management dan Cultural Transformation tersebut, akhirnya mengalami perubahan signifikan dan baru diterbitkan tanggal 31 Januari 2023 kemarin.

Buku lanjutan itu berjudul "Penguatan Share Value & Corporate Culture Menghadapi Tatanan Baru Pasca Pandemi Covid-19". Buku tersebut membahas tentang penguatan share values (nilai-nilai yang disepakati) dan corporate culture (budaya perusahaan) dengan dilengkapi petunjuk praktis membangun master program pembudayaan, panduan perilaku, dan sistem kinerja organisasi berkelanjutan yang semakin dibutuhkan dengan telah meledaknya krisis pandemi Covid-19 di tengah perubahan dan penyesuaian organisasi dan dunia usaha dalam menyambut revolusi industri 4.0. Dengan terjadinya pandemi, memaksa orang untuk mempercepat perubahan dan penyesuaian untuk bertansformasi ke dunia industri 4.0.

Buku "Penguatan Share Value & Corporate Culture" ini disusun berdasarkan pengalaman penulis dalam ikut merancang dan membangun dan menginternalisasikan share values serta implementasi corporate culture di sebuah bank syariah terbesar Indonesia dan turut  mengeksekusi one group culture sebuah group bank BUMN. Di samping itu penulis juga telah merancang beberapa share values dan implementasi corporate culture di beberapa organisasi, baik perbankan atau pun organisasi non bank seperti rumah sakit dan Lembaga Pendidikan. Pengalaman yang penulis dapatkan ketika penulis sebagai eksekutif di organisasi tersebut, mau pun sebagai perancang, pendamping, atau pun konsultan penyusunan dan eksekusi.

Image: Penulis berharap buku-buku bisa menjadi manfaat bagi banyak orang, organisasi, dan perusahaan (by Merza Gamal)
Image: Penulis berharap buku-buku bisa menjadi manfaat bagi banyak orang, organisasi, dan perusahaan (by Merza Gamal)

Melalui buku yang baru terbit ini, Kakek Merza sebagai penulis berharap bisa menjadi manfaat bagi banyak orang, organisasi, dan perusahaan dalam menyusun share values dan implementasi corporate culture sebagai bagian dari transformation management dalam menjalankan visi, misi, dan grand strategic.

Change Management dan Cultural Transformation, memang sangat diperlukan saat ini agar perusahaan tidak ikut ter-distrupsi pada kondisi bisnis yang "unpredictable". Transformasi yang dilakukan tidak cukup dengan hanya mengganti peralatan digitalisasi yang mahal dan system perusahaan yang canggih, tapi juga dibutuhkan transformasi budaya organisasi.

Sesuai dengan survei McKinsey, bahwa transformasi digital sebelum pandemi hanya membantu sekitar 30% saja, bahkan dalam survei terbaru turun menjadi 16% saja. Hal ini disebabkan banyaknya transformasi yang mengabaikan faktor-faktor utama dalam proses perubahan. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi cultural change adalah proses transformasi business policy, organizational transformation, dan human resource. Ketiga hal itu sangat mendasar dan perlu menjadi perhatian utama.

Peranan penting dalam sebuah transformasi adalah membangun budaya (culture) sesuai dengan nilai-nilai (share values) yang menjadi pegangan ideologi utama organisasi (Corporate Philosophy). Dan perlu diingat, budaya perusahaan bukan hanya diperlukan oleh perusahaan tradisional, tetapi juga perusahaan start up agar bisa menjadi Sustainable Competitive Advantage (SCA) agar tidak tergilas dalam kondisi persaingan yang semakin unpredictable.

Semoga buku yang baru terbit dan juga buku sebelumnya bisa menjadi manfaat bagi banyak perusahaan dan organisasi yang ingin bertahan bahkan ingin bertumbuh di masa volatilitas dan uncertainty saat ini, serta tatanan baru pasca pandemi Covid-19.

Terus Semangat!!!

Tetap Semangat...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun