Mohon tunggu...
Merly Erlina
Merly Erlina Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Saya seorang dosen dan praktisi psikologi di RS di Kota Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Psikoedukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri dDalam Perencanaan Karier Siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta

21 Juni 2024   21:15 Diperbarui: 21 Juni 2024   21:57 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                       PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 

                                                                                                    FAKULTAS PSIKOLOGI 

                                                                                               UNIVERSITAS MERCU BAUNA

                                                                                                                     2024

 

                                                                                                     Sumber: Dokumentasi PkM Mercu Buana

 

 

PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA SMA SUMPAH PEMUDA JAKARTA

 

Lulus SMA merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan seseorang. Setelah menyelesaikan pendidikan formal selama 12 tahun, banyak pilihan dan tantangan menanti. Pilihan setelah lulus SMA antara lain melanjutkan kuliah, bekerja, atau memulai bisnis, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, setiap opsi memiliki prasyarat yang berbeda. Namun, apapun pilihan yang diambil setelah lulus SMA merupakan pilihan karir individu.

 

SMA Sumpah Pemuda Jakarta merupakan sebuah sekolah menengah atas yang terletak di Jl. Joglo Raya Prapatan No. 36, Joglo, Kec.Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta masih berusia remaja dan akan memasuki pendidikan tinggi, memasuki dunia kerja atau menjadi wirausaha. Permasalahan siswa di SMA Sumpah Pemuda berdasarkan observasi dan penelitian dokumen yang diperoleh penulis antara lain masih banyak siswa yang kesulitan dalam merencanakan karirnya. Di sisi lain, waktu guru juga terbatas sehingga mempengaruhi kemampuan siswa dalam merencanakan karirnya.

 

Kebutuhan terbesar terkait perencanaan karir adalah meningkatkan efikasi diri. Faktanya, masih banyak siswa yang belum mengetahui apakah mereka dapat mengakses pendidikan dan pekerjaan yang mereka idamkan. Kurangnya rasa percaya diri ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: pengetahuan diri yang kurang, keinginan yang selalu berubah-ubah, dan ketakutan menghadapi kegagalan yang dapat menimbulkan kekecewaan yang mendalam. Hal ini kemudian membuat mereka tidak bisa membayangkan masa depannya, sehingga mereka lebih memilih melakukan aktivitas sehari-hari tanpa tujuan yang jelas.

 

Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka perlu dikembangkan program psikoedukasi untuk membantu meningkatkan efikasi diri siswa dalam perencanaan karir. Topik pembahasan utama dalam modul pelatihan ini adalah (1) perencanaan karir dan (2) pengenalan diri: efikasi diri. Melalui rangkaian psikoedukasi ini diharapkan  siswa dapat memperoleh  pengetahuan dan keterampilan untuk merencanakan karir  terbaik bagi dirinya. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah agar siswa memahami pentingnya efikasi diri sebagai sumber modal untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa di SMA Sumpah Pemuda Jakarta. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa SMA Sumpah Pemuda di Jakarta tentang perencanaan karir, membantu siswa SMA Sumpah Pemuda di Jakarta meningkatkan efikasi diri dan meningkatkan keterampilan perencanaan karir.

 

Secara umum kami mengembangkan model pemberdayaan yang sesuai dengan kasus yang sesuai dengan permasalahan siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta untuk menciptakan solusi berupa psikoedukasi untuk meningkatkan karakter otonomi dalam perencanaan karir siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta dengan harapan mampu beradaptasi dengan perkembangan global di masa depan. Pembahasan kegiatan pengabdian masyarakat kali ini hanya terbatas pada siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta yang sedang merencanakan karir. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami berharap dapat meningkatkan efisiensi pribadi untuk merencanakan karir siswa dengan baik.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa psikoedukasi untuk meningkatkan efikasi diri dalam perencanaan karir siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta dilaksanakan selama satu (1) hari, di SMA Sumpah Pemuda, Joglo, Jakarta Barat. Kegiatan Psikoedukasi berlangsung pada tanggal 30 Januari 2024 mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Materi psikoedukasi diberikan kepada peserta. Materi psikoedukasi disajikan dalam format PowerPoint. Materi psikoedukasi dijelaskan secara interaktif dalam bentuk presentasi serta tanya jawab langsung. Melalui daftar kepesertaan, diketahui peserta yang mengikuti psikoedukasi berjumlah 20 orang siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta.

 

Sebelum psikoedukasi, pretest diberikan untuk mengukur pemahaman kelompok sasaran tentang efikasi diri. Upaya pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam perencanaan karir diawali dengan pemaparan permasalahan, pengertian, tujuan, dan langkah-langkah serta faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri dan rencana karir siswa. Diharapkan mahasiswa memahami pentingnya perencanaan karir dan mampu membuat rencana karir sendiri. Sesi transfer ilmu diakhiri dengan sesi tanya jawab. Antusiasme siswa selama proses konsultasi terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Solusi pemecahan masalah yang diberikan melalui pengabdian kepada masyarakat adalah dengan memberikan psikoedukasi yang bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri siswa, agar siswa memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuannya sendiri dan mengajarkannya untuk mewujudkan potensi dan kemampuannya sendiri.

 

Konsekuensi dari peningkatan pengetahuan siswa tentang efikasi diri dan perencanaan karir melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah nantinya siswa akan mengetahui tentang perencanaan karir dan apabila terdapat kendala diharapkan siswa dapat mengatasinya dengan baik. Setelah proses psikoedukasi, dilakukan post-test untuk mengukur pemahaman kelompok sasaran terhadap efikasi diri.

 

Setelah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan program psikoedukasi sebanyak dua sesi kepada 20 siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta, hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah adanya peningkatan efikasi diri siswa SMA Sumpah Pemuda Sekolah di Jakarta dari segi karir. Temuan pengabdian pada masyarakat ini menunjukkan adanya perubahan efikasi diri dalam perencanaan karir pada siswa SMA Sumpah Pemuda dalam memilih pekerjaan atau jurusan pada perguruan tinggi yang diminati berdasarkan potensi yang dimilikinya. Siswa di SMA Sumpah Pemuda mempunyai cara pandang dan pengetahuan baru berkat proses psikoedukasi yang diterapkan.

 

Setelah diterapkannya metode psikoedukasi ini, para siswa SMA Sumpah Pemuda semakin percaya diri dalam memilih pekerjaan atau profesinya. Selain itu, siswa SMA Sumpah Pemuda juga memiliki pengetahuan tentang berbagai universitas di Jakarta. Psikoedukasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Sumpah Pemuda Joglo Jakarta Barat berhasil meningkatkan pengetahuan siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta mengenai efikasi diri dalam merencanakan karir. Kelompok sasaran yang mendapat manfaat dari pendidikan psikologi hendaknya menyebarkan ilmu yang diperoleh kepada siswa lainnya.

 

Dari hasil kegiatan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa intervensi psikoedukasi terhadap efikasi diri dalam perencanaan karir memberikan dampak terhadap pengetahuan siswa SMA Sumpah Pemuda Jakarta terhadap efikasi diri dalam merencanakan karir. Memang psikoedukasi efektif dalam mengubah persepsi dan meningkatkan pemahaman atau kesadaran siswa akan efikasi diri mereka dalam perencanaan karir.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun