Mohon tunggu...
Mentari Anisa Rahmawati
Mentari Anisa Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Perempuan

Mentari Anisa Rahmawati, Universitas Mercubuana.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Tugas Besar 2 Teori Akuntansi Prof Apollo "Agency Theory, Efficient Market Hypothesis, Signalling Theory, dan Contracting Theory"

18 Mei 2021   19:06 Diperbarui: 18 Mei 2021   19:10 1054
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkenalkan nama saya Mentari Anisa Rahmawati dari Universitas Mercubuana Meruya. Kali ini saya akan membahas tentang Agency Teori, Efficient Market Hypothesis, Signalling theory,dan Contracting Theory. Menurut Market Business News, agency adalah suatu bisnis yang menyediakaan layanan tertentu. Tugas agency adalah menjadi perantara satu pihak dengan pihak yang lainnya. Agency juga banyak menawarkan jasa contohnya adalah marketing, branding atau advertising untuk klien.

Teori Agensi adalah teori yang mempelajari hubungan antara agen dan prinsip yang yang mengatasnamakan principal, agen biasanya ditunjuk untuk eksekutif entitas sedangkan principal ditunjuk untuk pemegang saham atau seorang pemilik.

Factor-faktor yang memungkinkan terjadinya Teori Agency :

-Mengoptimalkan nilai organisasi sehingga dapat termotivasi

-Masalah yang dihadapi. Mengkontrol manajemen harus juga mengontrol manajemen biayanya.

-Mengadopsi metode akuntansi yang paling efisien yaitu berdampak pada performa perusahaan itu sendiri, hal ini membuktikan kinerja perusahaan.

Menurut Teori Agency tanggung jawab dekan dereksi kepada pemegang saham adalah untuk memastikan maksimal nilai pemegang saham sehingga dereksi benar -benar mendapatkan jaminan yang baik dan investasi dijamin, namun disisi lain dereksi harus memastikan bahwa bisnis berjalan dengan baik sehingga manajemen akan membawa proposal kepada pemegang saham untuk mempertahankan bisnis dan meyakinkan bahwa bisnis tersebut dapat berkembang. Jensen dan Meckling berpendapat tentang permsalahan agen yang memunculkan suatu biaya pada agensi yang terdiri dari :

-Biaya Pemantauan (Monitoring Costs)

Biaya pemantauan adalah biaya untuk memonitoring para agen. Biaya yang dikeluarkan oleh produsen untuk mengamati, menaksir, dan mengatur perilaku agen.

-Biaya Ikatan (Bonding Costs)

Biaya Ikatan adalah biaya yang ditangguhkan oleh agen untuk mematuhi mekanisme yang menjamin bahwa agen akan memprioritaskan kepentingan produsen.

-Kerugian Residual (Residual Losses)

Kerugian Residual adalah biaya pengorbanan yang merupakan berkurangnya kemakmuran produsen sebagai akibat dari perbedaan keputusan agen dan keputusan produsen.

Efficient Market Hypothesis(EMH) adalah harga dari surat berharga yang menyediakan ketersediaan informasi tentang surat berharga tersebut. EMH atau sering disebut hipotesis pasar efisien adalah pilar paling penting dalam hal perkembangan teori keuangan dan merupakan salah satu dasar keuangan. Efficient Market Hypothesis diperkenalkan pada tahun 1970 oleh seorang yang bernama Fama. Suatu pasar dapat dikatakan efisien jika investor mampu memperoleh abnormal return dalam jangka waktu yang lama dengan menggunakan strategi perdagangan yang berlaku. Artinya, harga yang sudah ditentukan dipasar adalah informasi yang sudah ada atau dapat disebut stock price reflect all available information. Penelitian ini dipercaya bahwa jika ada informasi yang sudah ditemukan dan menyebar, maka harga saham akan menyesuaikan secara cepat.

Fama membagi efisiensi pasar modal atau EMH dalam tiga kategori,yaitu:

  • Efisiensi Pasar Bentuk Lemah (weak Form Efficient Market)
  • Pasar dapat dikatakan efisien dalam bentuk lemah jika informasi yang sudah ada atau informasi mengenai harga saham yang lalu dibentuk dalam harga saham saat ini. Akibatnya individu tidak dapat menggunakan data harga saham untuk memprediksi harga saham kedepan, dan jika seperti ini investor tidak dapat menggunakan informasi harga saham masa lalu untuk memperoleh abnormal return.
  • Efisiensi Pasar Bentuk Setengah Kuat (Semi-Strong Form Efficient Market)
  • Pasar dapat dikatakan efisien dalam bentuk setengah kuat jika informasi yang dibutuhkan tentang harga saham dipublikasikan secara penuh, termasuk informasi pada laporan keuangan emiten. Pada efisiensi pasar bentuk setengah kuat ini tidak ada investor yang menggunakan informasi yang sudah dipublikasikan untuk memperoleh abnormal return.
  • Efisiensi Pasar Bentuk Kuat (Strong Form Efficient Market)

Pasar dapat dikatakan efisien dalam bentuk kuat jika informasi harga saham tersedia secara penuh semua, termasuk informasi yang private.

Signalling theory (isyarat atau sinyal) adalah suatu tindakan oleh perusahaan untuk memberikan informasi atau petunjuk kepada investor tentang bagaimana manajemen prospek perusahaan. Jika perusahaan dengan prospek yang menguntungkan ia akan menghindari penjualan saham, termasuk penggunaan hutang yang melebihi perkiraan yang sudah ada. Jika perusahaan dengan prospek yang kurang menguntungkan ia akan menjual sahamnya. Informasi suatu perusahaan merupakaan suatu isyarat bahwa manejemebn prospek perusahaan tersebut kurang memadai. Teori sinyal menjelaskan bahwa perusahaan mempunyai informasi laporan keuangan pada pihak eksternal. Perusahaan memberikan informasi karena terdapat salah satu pihak dari suatu transaksi memiliki informasi lebih banyak atau lebih baik dibandingkan pihak lainnya antara perusahaan dengan pihak eksternal mengenai prospek yang akan datang (investor dan kreditor).

Perusahaan yang mengeluarkan informasi merupakan hal yang sangat penting, karena berpengaruh terhadap keputusan investasi pihak diluar perusahaan. Investor dan pembisnis sangat membutuhkan informasi karena informasi ini pada hakikatnya menyediakan keterangan, catatan atau gambaran, baik dalam keadaaan masa lalu maupun masa kini untuk kelangsungan hidup perusahaan dan bagaimana efek jangka panjang dan efek jangka pendek pada perusahaan.

Hubungan teori sinyal dengan nilai perusahan adalah pengungkapan CSR (Tanggung jawab sosial perusahaan) untuk memperluas pengungkapan dalam laporan tahunan. Semakin luasnya informasi yang diterima oleh investor akan meningkatkan tingkat kepercayaan investor terhadap perusahaan. Dengan tingginya kepercayaan investor terhadap perusahaan akan memberikan keuntungan yang cukup signifikan dengan meningkatkan harga saham perusahaan tersebut. Dengan meningkatnya harga saham perusahaan tentunya akan berpengaruh terhadap meningkatnya return saham perusahaan.

Kelebihan dari Signalling Theory adalah :

  • Dapat menjelaskan merincikan kenapa adanya kenaikan harga saham

Kelemahan dari Signalling Theory adalah :

  • Tidak dapat menjelaskan hubungan dari laverage dan profitabilitas
  • Tidak dapat menjelaskan perusahaan mempunyai pertumbuhan nilai asset yang tinggi

Contracting Theory (Teori Kontrak) adalah teori yang menjelaskan hubungan antara kontrak dan pemasok dengan konsumen dengan factor factor produksi.

Teori kontrak mempelajari mengapa perusahaan dapat dikatakan sebagai "nexus of contracts" atau penghubung kontrak. Guna perusahaan yaitu untuk menghubungkan kepentingan konsumen yang membutuhkan barang dan jasa dengan para supplier penyedia bahan-bahan untuk memproduksi barang maupun jasa tersebut. Akan jauh lebih hemat jika perusahaan membuat atau mewujudkan barang atau jasa yang diinginkan dibandingkan jika konsumen membuat sendiri-sendiri. Hubungan antara teori kontrak dengan laporan keuangan dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Laporan keuangan dan sumber informasi diperlukan untuk mengikat kontrak antara perusahaan dengan pemasok.
  • Laporan keuangan dan sumber informasi diperlukan untuk mengikat kontrak antara perusahaan dengan calon pegawai.
  • Laporan keuangan dan sumber informasi diperlukan untuk mengikat kontrak antara perusahaan dengan konsumen.
  • Laporan keuangan dan sumber informasi diperlukan untuk mengikat kontrak antara perusahaan dengan penyedia jasa pengiriman.

Contohnya adalah saat kita membeli susu di minimarket. Perusahaan ini sudah bekerjasama kepada minimarket dan sudah memiliki kontrak langsung atau tidak langsung dengan semua pihak penyedia sumber daya yang digunakan untuk memproduksi susu. Hal ini menjelaskan bahwa suatu hubungan kontrak karena adanya hubungan, atau kontrak antara saya sebagai konsumen dan pemasok. Factor-faktor produksi adalah tanah, tenaga kerja, dan modal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun