Mohon tunggu...
melvitha putri
melvitha putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Melvitha Putri Prihanza, seorang mahasiswa, hobiku traveling

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar Puisi di Luar Kelas, Memanfaatkan Keindahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

2 Desember 2024   10:38 Diperbarui: 2 Desember 2024   11:46 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

 "Belajar Puisi di Luar Kelas: Memanfaatkan Keindahan Alam untuk 

Meningkatkan Kreativitas Anak"

Menulis puisi sering dianggap sebagai kegiatan yang sulit, terutama ketika hanya dilakukan di ruang kelas yang kaku dan terbatas. Menggunakan keindahan alam sebagai sarana belajar di luar kelas bisa menjadi cara yang efektif untuk mendorong kreativitas anak, khususnya dalam menulis puisi. 

Metode yang dikenal dengan "Outdoor Study" ini mengajak siswa untuk belajar di luar ruangan, membuat mereka terlibat langsung dengan berbagai objek, situasi, dan fenomena yang bisa menjadi sumber inspirasi. Kegiatan pembelajaran di luar kelas tidak hanya mendorong semangat belajar siswa, tetapi juga memberikan manfaat tambahan bagi mereka mengembangkan keterampilan menulis puisi. 

Hal ini karena suasana yang lebih dinamis dan menyenangkan di luar kelas, berbeda dengan kebosanan yang sering muncul di ruang kelas yang monoton (Firmansyah, 2019). Ketika mengamati alam secara langsung, siswa bisa merasakan dan menggali makna dari apa yang mereka lihat, sehingga puisi yang mereka hasilkan bisa lebih orisinal dan bermakna. Pendekatan ini juga memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih peka terhadap lingkungan dan memperluas cara pandang mereka dalam memahami dunia sekitar (Aprila et al., 2021).

Menurut (Usmansyah dkk., 2023), metode outdoor study terbukti memberikan dampak positif pada prestasi belajar siswa, termasuk dalam proses pembelajaran sastra. Siswa yang mengikuti kegiatan belajar di luar kelas menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis mereka, karena mereka bisa mengamati langsung keindahan alam dan merasakan suasana yang memberi inspirasi baru untuk menulis.

 (Ichsanuddin Abimanyu et al., 2024) juga mendukung gagasan ini, pembelajaran di luar kelas mendorong siswa untuk menjadi lebih aktif dan berpartisipasi dalam proses belajar.

 Metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas, karena siswa diberi ruang untuk mengeksplorasi ide dan pengalaman baru yang lebih dinamis, berbeda dengan pembelajaran di dalam kelas. Outdoor study tidak hanya membantu meningkatkan semangat belajar, tetapi juga melatih siswa untuk bersosialisasi dan mengamati lingkungan sekitar. 

Siswa yang belajar di luar kelas biasanya lebih bersemangat serta meningkatkan rasa keingintahuan mereka, kondisi ini tentu mendukung proses kreatif mereka, terutama ketika mereka menulis puisi, karena pengalaman langsung dari alam bisa menjadi sumber inspirasi yang kuat (Safitri, 2024). 

Belajar puisi di luar kelas tidak hanya meningkatkan kreativitas, tetapi juga memberikan manfaat fisik dan emosional bagi anak-anak. Ketika anak-anak berjalan-jalan di taman atau duduk di bawah pohon, suasana hati mereka bisa menjadi lebih baik dan tubuh mereka lebih santai. Aktivitas di alam juga memberi kesempatan untuk menghilangkan stres dan menikmati ketenangan. 

Pengalaman ini membuka mata mereka untuk lebih menghargai keindahan alam dan memperkuat rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Menulis puisi di alam membantu anak menghubungkan perasaan mereka dengan dunia luar, sehingga karya mereka menjadi lebih mendalam dan penuh makna. Dengan cara ini, puisi tidak hanya menjadi sarana ekspresi, tetapi juga jalan untuk membentuk karakter anak agar lebih peduli dengan dunia yang mereka tinggali.

Salah satu keuntungan besar dari metode outdoor study merupakan  upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Ketika peserta didik terlibat langsung dalam pengamatan elemen-elemen alam, seperti pepohonan, bunga, suara gemericik air, atau kicauan burung, mereka bisa mendapatkan inspirasi yang lebih mendalam dan beragam untuk puisi mereka. Keberadaan alam sebagai ruang belajar memberikan rangsangan sensorik yang kaya, yang mendorong imajinasi dan kreativitas siswa dengan lebih maksimal (Hida et al., 2024).

 Belajar di luar ruangan juga memberi pengalaman baru yang jauh dari rutinitas, membuat siswa lebih antusias mengeksplorasi ide-ide kreatif. Metode ini tidak hanya mengajarkan siswa tentang konsep-konsep puisi secara teori, tetapi juga melatih mereka untuk menghayati dan mengekspresikan perasaan melalui pengamatan langsung terhadap keindahan dan kehidupan alam.

Metode outdoor study menunjukkan bahwa pembelajaran tidak harus selalu berlangsung di ruang kelas. Dengan memanfaatkan keindahan alam sebagai sarana pembelajaran, siswa tidak. hanya didorong untuk menjadi kreatif, tetapi juga menjadi lebih peka terhadap dunia sekitar. 

Kegiatan ini bukan sekadar tentang menulis puisi, tetapi juga menciptakan pengalaman yang menginspirasi dan meninggalkan kesan mendalam pada mereka. Belajar puisi di luar kelas punya banyak manfaat, salah satunya adalah merangsang imajinasi dan kreativitas siswa.

Menurut (Anjellina et al., 2019) metode outdoor study sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi. Berdasarkan penelitian, siswa yang belajar di luar kelas mengalami peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis mereka. Hal ini karena mereka bisa langsung mengamati dan merasakan keindahan alam yang kemudian menjadi inspirasi untuk karya puisi mereka. 

Belajar di luar kelas juga memberi kesempatan bagi siswa untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan teman-temannya. Saat mereka berdiskusi dalam kelompok mengenai tema atau objek yang diamati, proses kreatif mereka jadi lebih kaya. 

Sedangkan menurut (Firmansyah, 2019) menemukan bahwa metode outdoor study tidak hanya meningkatkan kemampuan menulis, tetapi juga membuat siswa lebih aktif selama proses belajar. Secara keseluruhan, ini mendorong kreativitas mereka untuk berkembang lebih baik. Pembelajaran di luar kelas tidak hanya membantu meningkatkan kemampuan menulis dan kreativitas, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta terhadap alam.

Pembelajaran di luar kelas memberi kesempatan bagi anak-anak untuk bekerja sama dan berbagi ide dengan teman-teman mereka. Saat mereka membuat puisi bersama, mereka bisa berdiskusi dan bertukar pandangan tentang apa yang mereka rasakan atau temui di alam sekitar. Hal ini membantu mereka untuk memahami makna yang lebih dalam dari pengalaman bersama dan memberi ruang bagi mereka untuk berpikir lebih kreatif. 

Aktivitas ini juga mengajarkan anak-anak untuk menghargai ide dan pendapat orang lain, karena setiap orang memiliki cara berbeda dalam melihat dunia. Anak-anak belajar untuk berkomunikasi dengan lebih baik, menyampaikan ide dengan jelas, dan mendengarkan pandangan teman-temannya dengan penuh perhatian. Kolaborasi ini juga melatih mereka untuk bekerja dalam tim, saling mendukung dan berbagi tugas untuk mencapai tujuan bersama. 

Keterampilan ini sangat penting dalam kehidupan sosial mereka karena mereka akan sering bekerja bersama orang lain dalam berbagai situasi. Dengan pengalaman ini, anak-anak akan lebih siap menghadapi tantangan bekerja dalam tim di masa depan, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran puisi di luar kelas tidak hanya memberikan manfaat dalam hal kreativitas, tetapi juga memberikan pengalaman yang memperkaya perkembangan pribadi anak. Interaksi langsung dengan alam memberi anak-anak kesempatan untuk menemukan inspirasi yang mendalam dan mengekspresikan perasaan mereka dengan cara yang lebih bebas dan jujur. 

Kegiatan ini juga mengajarkan mereka untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan menghargai keindahan alam, yang bisa membentuk karakter mereka menjadi lebih peka dan bertanggung jawab. 

Kolaborasi dalam pembuatan puisi mendorong anak untuk berkomunikasi dengan lebih baik dan bekerja sama dalam tim. Semua keterampilan ini sangat berharga dalam kehidupan sosial dan pendidikan anak, serta membantu mereka tumbuh menjadi individu yang lebih kreatif, peduli, dan mampu bekerja dengan orang lain. Dengan memanfaatkan keindahan alam sebagai sumber inspirasi, belajar puisi di luar kelas menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus sarana efektif untuk mengembangkan berbagai aspek penting dalam kehidupan anak.

DAFTAR PUSTAKA

Anjellina, M. I. A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Dasar, J. P., Keguruan, F., & Ilmu, D. A. N. (2019). jurnal 11 pengaruh penerapan model outdoor learning siswa kelas III. 1--11.

Aprila, K., Destiniar, D., & Mega Prasrihamni, M. P. (2021). Pengaruh Model Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa SD Negeri 6 Rambang. Indonesian Research Journal On Education, 2(1), 22--30. https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.33

Firmansyah, L. (2019). PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO Abstrak. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3501--3510.

Hida, I. L., Suryana, D., & Zahara Nurani, R. (2024). Upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui metode outdoor learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(4), 613--617. https://doi.org/10.22460/collase.v7i4.22633

Ichsanuddin Abimanyu, Narulita, H., & Dwi Purwani, L. L. (2024). Kajian Outdoor Learning Proses dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Pustaka. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 25--33. https://doi.org/10.30599/jemari.v6i1.3197

Safitri, D. (2024). Peran Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP The Role of Outdoor Study Methods in Enhancing Learning Motivation of Junior High School Students in Social Studies Subjects. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1, 3345--3354.

Usmansyah, F. A., Khaeruddin, & Amal, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Outdoor study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 103--110. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i2.835

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun