ANALISIS PLATFORM SEVIMA EDLINK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH Â UNIVERSITAS SIBER ASIA
Â
Melsya Lilian Nanuru
NIM : 200401072101
Â
Â
ABSTRACT
Analysis of the Sevima Edlink Platform as a distance learning medium at Siber Asia University (Qualitative Descriptive Study of Sevima Edlink Platform as a medium of communication communication) The development of communication technology has increasingly facilitated the flow of information exchange. The presence of Sevima Edlink Platform is excellent so that almost every student who uses gadgets and PCs must have a Sevima Edlink platform account. The advantages possessed by Sevima Edlink Platform are easy to use and the Sevima Edlink application is an application that is integrated with Siakad that can be accessed via computer or Android. This study uses the theory of technology determination and mathematical theory of communication. The method in this study is descriptive qualitative, the data analysis technique in this study is the depkustive method. The conclusion of this study is, Sevima Edlink Platform is a learning media application whose presence is increasingly maximized as a communication medium in the field of education. Platform Sevima Edlink gives its own role for users both for lecturers and students who use Sevima Edlink platform as learning media, including Platform Sevima Edlink as information media on campus. And finally the Sevima Edlink platform has a positive and effective impact on the Distance Learning Process (PJJ) at Siber Asia University.
ABSTRAK
Analisis Platform Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Universitas Siber Asia (studi deskriptif kualitatif Platform Sevima Edlink sebagai media komunikasi dunia Pendidikan) Â Berkembangnya teknologi komunikasi semakin mempermudah arus pertukaran informasi. Hadirnya Platform Sevima Edlink yang sangat baik hingga hampir setiap mahasiswa yang menggunakan gadget dan PC pasti memiliki akun Platform Sevima Edlink. Kelebihan yang dimiliki Platform Sevima Edlink mudah digunakan dan Aplikasi Sevima Edlink adalah aplikasi yang terintegrasi dengan Siakad yang bisa diakses melalui komputer maupun android. Penelitian ini menggunakan Teori Determinasi Teknologi dan Mathematical Theory of Communication . Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, Platform Sevima Edlink merupakan aplikasi media pembelajaran yang kehadirannya semakin dimaksimalkan sebagai media komunikasi di bidang pendidikan. Platform Sevima Edlink memberikan peran tersendiri bagi pengguna baik untuk Dosen dan mahasiswa yang menggunakan Platform Sevima Edlink sebagai media pembelajaran, diantaranya adalah Platform Sevima Edlink sebagai media informasi yang dianggap efektif oleh para informan, yang kedua Platform Sevima Edlink sebagai media komunikasi antara dosen dan mahasiswa dengan kampus. Dan yang terakhir Platform Sevima Edlink memberikan dampak positif dan efektif terhadap proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) di Universitas Siber Asia.
I. Â PENDAHULUAN
Â
Saat ini perkembangan informasi bergerak sangat cepat, dengan adanya perkembangan teknologi informasi serta komunikasi, manusia sudah mudah melakukan kegiatan berkomunikasi sehingga secara tidak langsung manusia menjadi masyarakat informasi, konsep masyarakat informasi muncul pada tahun 1970-an, di mana saat itu terjadi peralihan dari masyarakat industri menuju masyarakat informasi. Information society atau masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat di mana produksi,distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama. Menurut William Martin (dalam Syifa,www.geocities.com) masyarakat informasi adalah suatu masyarakat dimana kualitas hidup, dan juga prospek untuk perubahan sosial dan pembangunan ekonomi, tergantung pada peningkatan informasi dan pemanfaatannya. Sedangkan menurut ilmu komunikasi, Masyarakat informasi adalah Masyarakat yang menjadikan informasi sebagai komoditas ekonomi yang sangat berharga, berhubungan dengan masyarakat lain dalam sistem komunikasi global,dan mengakses informasi superhighway. (Abrar, 2003)
Dengan adanya teknologi informasi saat ini tidak harus dengan langsung bertatap muka. Manusia kini sudah mulai beralih dari melakukan percakapan secara lisan ke percakapan tulisan . selain dari handphone yang dapat mengirim pesan secara lisan maupun tulisan, kini internet juga berperan sebagai sumber informasi yang jaringannya tersebar hingga ke seluruh bagian bumi. Internet sebagai salah satu alternatif masyarakat modern sebagai sumber informasi, Â internet memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhan informasi dengan mudah .
 Dewasa ini manusia lebih sering berkomunikasi melalui internet, karena memudahkan berinteraksi dan berkomunikasi yang tanpa batas, dengan kemudahan tersebut jutaan manusia dari seluruh belahan dunia berinteraksi menggunakan internet sehingga terbentuknya LMS Sevima Edlink jejaring di dunia pendidikan . Jejaring yang dimaksud  adalah suatu pembelajaran daring  yang dibentuk dari berbagai platform (yang umumnya dibuat dan digunakan secara individu atau dalam sebuah organisasi) seperti Edlink, Moodle, Google Classroom, Schoology, Atutor, dll. Â
Kemunculan LMS Sevima Edlink jejaring ini diawali dari adanya inisiatif untuk memberikan informasi kepada orang-orang dari seluruh belahan dunia. LMS Sevima Edlink jejaring dengan kata lain LMS atau learning manajemen sistem Sentra Vidya Utama (Sevima) merupakan suatu Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang konsultasi dan pengembangan di bidang teknologi dan berfokus pada sektor Edukasi dan pemerintahan. mulai muncul pada tahun 1997. LMS Sevima Edlink ini memiliki fitur fitur untuk membantu Dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan.
Selain Platform Sevima Edlink pada iPhone, Platform Sevima Edlink juga dapat digunakan pada iPad,iPod Touch dan Android, yang banyak beredar di pasaran, sehingga mudah para pengguna smartphone selain iPhone menggunakan media Platform Sevima Edlink ini. Dari LMS Sevima Edlink tersebut memungkinkan pengguna berbagi informasi perkuliahan berupa : berita perkuliahan, materi, tugas, kuis, Â acara, dan dll.
Platform Sevima Edlink sebagai media pembelajaran di dunia maya memang dapat memudahkan pengguna untuk mengetahui update terbaru dari Platform Sevima Edlink yang digunakannya. Berdasar pada latar belakang diatas, penulis melakukan penelitian berjudul "Analisis Platform Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Universitas Siber Asia" untuk menganalisa bagaimana Platform Sevima Edlink sebagai media komunikasi informasi yang efektif di Universitas Siber Asia.
Â
Pembelajaran Daring
 Dalam pembelajaran jarak jauh (PPJ) dikenal dua jenis pelaksanaan pembelajaran yaitu Luring (Luar Jaringan) dan Daring (Dalam Jaringan). Pembelajaran Daring ialah  pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan  model interaktif berbasis internet dan Learning Management System (LMS), seperti menggunakan media Whatsapp Grup, Zoom, Google Meet, Ruang Guru, Edlink, dll  (Prodjo, 2020). Pembelajaran daring ialah pembelajaran yang mampu mempertemukan mahasiswa dan dosen untuk melakukan interaksi dengan berbantuan internet (Kuntarto, 2017). Pembelajaran daring memungkinkan mahasiswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan sumber belajarnya walaupun berjauhan jaraknya (Sadikin & Hamidah, 2020). Namun model pembelajaran daring juga merupakan tantangan baru bagi Orang tua, maupun pendidik. Tantangan tersebut dikarenakan belum meratanya pengenalan teknologi di seluruh wilayah (Aisa & Lisvita, 2020). Universitas siber merupakan The 1st Cyber University in Indonesia dengan lisensi pemerintah untuk menyelenggarakan jenjang Pendidikan tinggi berbasis full online learning (100 % ONLINE). Di lingkungan perguruan tinggi ini, proses pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan aplikasi aplikasi pembelajaran yang bisa diakses melalui jaringan internet. Secara keseluruhan, proses pembelajaran ini sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi walaupun hanya berada dirumah saja dan mahasiswa juga sudah mulai terbiasa dan puas dengan model pembelajaran ini, karena proses pembelajaran yang fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja tanpa terkendala waktu dan tempat karena dapat dilakukan di rumah masing-masing.
Keuntungan lain dengan pembelajaran ini adalah Dosen dapat memberikan materi perkuliahan secara virtual sehingga dapat diakses dengan mudah tanpa terikat ruang dan waktu. Sehingga mahasiswa dapat memutar ulang dan mengunduh materi yang belum dipahami. Â Serta, dengan adanya proses pembelajaran daring ini tidak membuat orang tua serta masyarakat khawatir terhadap resiko tertular virus di lingkungan pendidikan, karena cukup dengan di rumah saja silaturahmi dengan orang lain tetap bisa terjadi melalui pembelajaran daring.
Dalam menghadapi pandemi virus corona Indonesia menerapkan sistem Pembelajaran Jarak jauh melalui media online/daring. Hal ini dilakukan demi mencegah adanya penyebaran virus secara luas di sekolah maupun di perguruan tinggi. Namun, dalam pelaksanaannya model pembelajaran Daring tidak secara mulus terlaksana, misalnya perkuliahan daring yang baru saja berjalan sudah mulai menemui berbagai keluhan lain diantaranya karena tugas dosen yang cukup banyak sehingga dikhawatirkan peserta didik merasa diperdaya dengan tugas namun tidak mendapatkan feedback dari dosen (Puspitorini, 2020). Dan masih banyak sekali ditemukan kekurangan-kekurangan baik dari pendidik, peserta didik maupun fasilitas dan media pembelajaran itu sendiri. Â Diantaranya ialah peserta didik yang berada dalam kondisi ekonominya pas-pasan tidak memiliki ponsel pintar (smartphone) yang bisa digunakan sebagai alat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu juga, proses pembelajaran ini juga memaksa tenaga pendidik untuk mahir dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi sehingga bagi beberapa pendidik yang belum begitu melek teknologi tentunya akan merasakan kesulitan dalam menggunakan teknologi ini, sehingga kurang dapat menyampaikan materi pembelajaran secara efektif.
Ditambah lagi dengan masalah jaringan yang berbeda-beda di setiap daerah sehingga memunculkan masalah baru mengenai masalah efektifitas pembelajaran bagi dunia perkuliahan, yaitu dengan kecepatan yang berbeda ini terkadang membuat mahasiswa kesulitan mengikuti perkuliahan dan mengakses informasi karena memerlukan waktu berjam-jam untuk mengunduh dan mengupload materi.
Â
Platform Sevima Edlink
Sentra Vidya Utama (Sevima) merupakan suatu Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak di bidang konsultasi dan pengembangan di bidang teknologi dan berfokus pada sektor Edukasi dan pemerintahan. (Admin SEVIMA, 2017) Aplikasi Sevima Edlink merupakan aplikasi yang diperuntukkan memudahkan Dosen dan Mahasiswa untuk saling berkomunikasi dalam dunia pendidikan dalam rangka menjaga proses pembelajaran tetap teratur dan lebih menghemat waktu. Aplikasi Sevima Edlink adalah aplikasi yang terhubung langsung dengan Siska dan dapat diakses melalui media komputer maupun Android sehingga dapat mempermudah dan membantu Dosen serta Mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan secara daring (Marlina, 2020). Edlink diartikan sebagai aplikasi yang diperuntukkan membantu mempermudah Dosen dan Mahasiswa dalam proses perkuliahan, serta bisa lebih update mengenai informasi seputar dunia perkuliahan dan kampus (Anisa & Lisvita, 2020).
Aplikasi Sevima Edlink menawarkan proses pembelajaran daring agar menjadi lebih efektif, karena aplikasi ini dapat terintegrasi langsung dengan Sistem Informasi Akademik (Siakad) perguruan tinggi bagi yang perguruan tinggi yang menggunakan Siakad tersebut. Selain itu juga aplikasi ini dilengkapi dengan fitur notifikasi jadwal perkuliahan, dan dapat membuat grup kelas serta dapat digunakan untuk melakukan presentasi langsung. Untuk memasuki aplikasi Sevima Edlink, maka halaman masuk awal memiliki tampilan sebagai berikut.
Â
(Sumber: https://edlink.id)
Kelebihan yang dimiliki aplikasi Sevima Edlink yaitu aplikasi ini sudah dilengkapi fitur-fitur yang dibuat untuk memudahkan Dosen dan Mahasiswa menjalankan pembelajaran. Diantaranya dapat melakukan perkuliahan jarak jauh dengan menggunakan fitur video konferensi, presensi mahasiswa dapat dilakukan hanya dengan gawai atau Smartphone, notifikasi jadwal perkuliahan yang membantu mengingatkan Mahasiswa. Proses evaluasi lebih efektif dan menarik dengan memanfaatkan fitur kuis interaktif, Mahasiswa akan lebih mudah melakukan kuliah daring dengan menggunakan aplikasi Sevima Edlink karena Dosen bisa melampirkan file dan video yang dapat diunduh Mahasiswa sehingga bisa lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh Dosen, selain itu Mahasiswa juga akan lebih ringkas menyimpulkan jawaban melalui aplikasi Edlink sehingga rekap kegiatan perkuliahan akan lebih akurat. Berikut gambar salah satu tampilan pada Sevima Edlink.
(Sumber: https://edlink.id/login)
Â
(tampilan setelah login)
Â
Setelah kita login, tampilan terdiri dari beranda, ruang kelas, obrolan jelajah dan profil si pengguna. Dalam fitur forum grup kelas, Dosen dapat memberikan tugas dengan hanya mengklik berbagi informasi lalu pilih pertanyaan, selain itu Dosen juga bisa melampirkan tugas dengan format file yang bisa diunduh Mahasiswa sehingga memudahkan Mahasiswa memahami tugas yang yang telah diberikan oleh Dosen. Bukan hanya itu, Dosen juga bisa memberikan nilai langsung kepada Mahasiswa dan membagikan lembar jawaban yang telah dinilai sehingga Mahasiswa bisa mengetahui letak benar dan salah dari jawaban yang dimiliki masing masing untuk mempelajarinya lagi. Selain itu, aplikasi Sevima Edlink juga dilengkapi dengan fitur beranda yang terdiri kelas dan berita sehingga bisa menambah wawasan dan literasi mahasiswa terkait dunia perkuliahan. Fitur jelajah juga memudahkan mahasiswa untuk mencari sumber belajar dengan lebih mudah.
Berikut salah satu tampilan beranda.
Â
Sumber: https://edlink.id/panel/
Namun, demikian aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut adalah  aplikasi ini   harus terhubung langsung dengan feeder kampus yaitu Siakad perguruan tinggi yang sudah menggunakan atau kerjasama jika akan melakukan integrasi dan sinkronisasi secara sistem dengan siakad. Ketika menggunakannya juga memerlukan waktu untuk mengisi data terlebih dahulu dan disinkronkan sehingga akan memerlukan waktu dalam penggunaannya. Selain itu, untuk menggunakan aplikasi ini juga diperlukan jaringan internet yang cukup baik, sehingga mahasiswa yang berada di daerah yang belum terjangkau jaringan internet (daerah terpencil yang belum memiliki akses internet dengan mudah) akan kesulitan menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi aplikasi ini dapat digunakan secara bebas biaya (free) oleh semua pengguna dengan batasan tertentu dalam penggunaannya. Â
Pembelajaran Daring Menggunakan Platform Sevima Edlink Â
Pada zaman modern ini teknologi sangat memiliki peran yang penting dalam dunia pendidikan, misalnya dalam pembelajaran tidak harus dilakukan dengan tatap muka melainkan dapat diganti dengan model pembelajaran Daring. Khususnya pada masa Pandemi Covid-19, yang mengharuskan setiap aktivitas dilakukan secara daring. Model pembelajaran daring mulanya merupakan model pembelajaran yang berbasis komputer (computer based learning), namun seiring berkembangnya teknologi perlahan fungsi komputer digeser oleh ponsel pintar (smartphone) (Kuntarto, 2017)). Model pembelajaran daring ialah model pembelajaran yang sintaks pembelajarannya melalui media online, sehingga memerlukan bantuan dari aplikasi-aplikasi tambahan untuk menunjang berjalannya proses pembelajaran. Aplikasi yang dapat digunakan sangat beragam mulai dari yang berbayar sampai yang dapat diakses secara gratis, salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam membantu menunjang perkuliahan secara daring adalah aplikasi Sevima Edlink.
Aplikasi Sevima Edlink merupakan keluaran dari PT Sentra Vidya Utama yang bergerak di bidang konsultasi dan pengembangan teknologi informasi. Aplikasi ini dapat diakses dengan menggunakan PC (personal computer) maupun dengan sistem android. Aplikasi ini sangat membantu Dosen dan Mahasiswa untuk lebih mengefektifkan kegiatan pembelajaran serta mempermudah dalam pengumpulan tugas (Wibowo &
Rahmayanti, 2020).
Fitur-fitur Aplikasi Sevima Edlink dengan beracuan pada teori Section dan Chapel memiliki manfaat bagi siswa (student) dalam kemudahan mengumpulkan jawaban tugas, dan menerima materi (Wibowo & Rahmayanti, 2020). Dari segi kemudahan dalam akses penggunaanya (easy of use) aplikasi ini sangat mudah digunakan, misalnya fitur-fitur yang memudahkan untuk melampirkan file dan proses log in yang sangat mudah. Dari segi biaya (cost) aplikasi ini sangat murah, bahkan gratis untuk berlangganan. Aplikasi ini tidak dipungut biaya apapun cukup mengunduh aplikasi ini sudah bisa langsung menggunakan semua fitur yang tersedia. Selanjutnya dari segi fungsi pengajaran (Teaching Function) aplikasi ini sangat memudahkan pengajar untuk membagikan materi tinggal memilih jenis materi yang akan diberikan dan bisa langsung menguploadnya. Dari segi Interaction  aplikasi ini juga memudahkan pengajar untuk berinteraksi langsung dengan peserta didik misalnya dengan forum diskusi.
Dari segi Networking, aplikasi ini juga sudah menyediakan forum kelas pribadi dan umum. Dan dari segi keamanan aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan keamanan yang bagus dengan adanya password sehingga tidak akan mudah disalahgunakan oleh orang lain.
Â
KESIMPULAN
Aplikasi Sevima Edlink merupakan MLS dan juga aplikasi yang sangat membantu proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, karena fitur-fitur yang disediakan sangat mendukung proses pembelajaran terutama dalam jenjang perkuliahan. Selain itu juga, aplikasi Sevima edlink cukup mudah penggunaannya dan sangat menghemat biaya (cost) karena dapat diakses secara bebas dan gratis. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi Sevima Edlink ini juga menambah minat belajar siswa karena dilengkapi juga dengan tampilan yang menarik serta informasi yang menunjang bertambahnya wawasan mahasiswa terkait dunia perkuliahan.
Â
DAFTAR Â RUJUKAN
 Admin SEVIMA. (2017, Maret 30). Sevima Edlink, Aplikasi Yang Memudahkan Dosen dalam Memberikan Tugas. Dipetik September 23, 2020, dari SEVIMA:
https://sevima.com/sevima-edlink-aplikasi-yang-memudahkan-dosen-dalam-memberitugas/
Aisa, A., & Lisvita, L. (2020, Agustus 4). Penggunaan Teknologi Informasi dalam
Baskara LEARNING BERBANTUAN APLIKASI SEVIMA EDLINK. Jurnal Pedagogik, 3(2), 11-17.
Marlina, Â Â E. Â Â (2020). Â Â PENGEMBANGAN Â Â MODEL PEMBELAJARAN BLENDED
LEARNING BERBANTUAN APLIKASI SEVIMA EDLINK. Jurnal Pedagogik, 3(2), 11-17.
Prodjo, W. A. (2020, Juni 16). Pembelajaran jarak jauh bukan pembelajaran daring. Dipetik September   10,      2020,  dari Kompas:
https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/16/200131471/pembelajaran-jarak-jauhbukan-pembelajaran-daring-inipenjelasannya#:~:text=Pembelajaran%20daring%20adalah%20pembelajaran%20yang ,Learning%20Manajemen%20sistem%20(LMS).
Puspitorini, F. (2020, Juli). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 99-106.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 06, 214-224.
Wibowo, A., & Rahmayanti, I. (2020, Maret). Penggunaan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online Untuk Mengajar Dan Belajar Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 163-174.
Wikipedia.org. (2020, September 10). Pandemi Covid-19 di Indonesia. Dipetik September
2020, 2020, dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_COVD19_di_Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H