Penulis : Melinda Permata Sari
Jurusan Akuntansi
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
Universitas Palangka Raya                         Â
 Â
Menganalisis mengenai Pasar Persaingan Monopolistik dan Pasar Oligopoli
Â
- Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar persaingan monopolistik adalah persaingan yang tidak sempurna, pasar persaingan ini di kembangkan karena tidak ada kepuasaan pada analisis model persaingan pasar sempurna atau pasar monopoli.
Pasar monopolistik adalah pasar yang mempunyai banyak konsumen yang bisa menghasilkan suatu benda nyata yang berbeda-beda. Di pasar persaingan monopolistik, harga bukanlah suatu faktor yang dapat mengungkit penjualan.
Ciri-ciri Pasar Monopolistik
- Memiliki banyak perusahaan
- Perusahaan menghasilkan banyak produk yang berbeda-beda
- Bebasnya masuk dan keluar bagi perusahaan baru
- Perusahaan memiliki permintaan harga yang tidak fleksibel
- Perusahaan menghasilkan laba normal dalam jangka waktu yang panjang
Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Monopolistik
- Kelebihan Pasar Monopolistik
- Konsumen menjadi semakin pilih-pilih saat membeli produk sesuai yang di cari konsumen
- Memiliki banyak produsen dan beragam pilihan produk
- Menghasilkan barang yang berbeda-beda
- Kekurangan Pasar monopolistik
- Banyaknya persaingan
- Besarnya biaya kebutuhan untuk pemasaran
- Membatasi pilihan konsumen
Manfaat Dari Pasar Monopolistik
Manfaat bagi masyarakat yaitu :
- Masyarakat jadi lebih mudah mencari kebutuhan barang dan jasa
- Harga barang dan jasa yang lebih murah dalam pasar monopolistik
- Masyarakat bisa mencari barang yang terbaik dalam pasar monopolistik
Faktor Penyebab Timbulnya Pasar Monopolistik
Berikut ini ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pasar monopolistik :
- Memiliki Sumber Daya
Pemicu terjadinya perekonomian monopoli yaitu adanya suatu perusahaan yang berkuasa ,baik itu semua bahan mentah yang ada ataupun sebagian besar saja.
- Skala Ekonomis
Perusahaan akan mendapatkan keuntungan dalam tingkat maksimal apabila tingkat produksi yang ada di dalam perusahaan tersebut cukup besar. Karena, saat sebuah perusahaan mencapai situasi dimana biaya produksi minimal, maka jumlah produksi hampir sama dengan permintaan yang ada di dalam pasar.
- Pendapatan Hak Monopoli dari Pemerintah
Sebuah usaha untuk menyebarkan jenis teknologi hingga bisa menciptakan produk baru yang akan memberikan keuntungan untuk perusahaan itu sendiri. sampai teknologi tersebut dilarang dan pihak pemerintah memberi sanksi ataupun hukuman kepada perusahaan yang melakukan peniruan atau penjiplakan tersebut.
Contoh Studi Khasus Pasar Persaingan Monopolistik
Contoh studi khasus pasar persaingan monopolistik adalah Restoran cepat saji,meski umumnya makanan yang di jual sama tapi memiliki aneka rasa yang berbeda, maka setiap restoran selalu berinovasi untuk mendatangkan konsumen, banyak yang menjual makanan cepat saji misalnya ayam goreng atau fred chicken seperti KFC, McDonalds.
KFC adalah suatu perusahaan dagang asal Amerika Serikat yang terkenal dengan menu andalannya yaitu ayam goreng. KFC dapat digolongkan ke dalam 50% perusahaan jasa dan 50% perusahaan manufaktur, karena selain menawarkan produk berupa ayam goreng, minuman, dan lain-lain, KFC juga dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Pelayanan yang baik yaitu dapat diartikan sebagai pelayanan yang cepat dan tepat hingga konsumen tidak perlu antri terlalu lama. KFC pertama kali dibangun di Indonesia pada bulan Oktober 1979,
McDonalds merupakan restoran cepat saji dengan pelayanan terbaik di dunia. Untuk mencapai impian ini, McDonald's selalu menjamin kualitas produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, memberi kebersihan dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya.
McDonald's adalah restoran makanan cepat saji terbesar di dunia yang dibangun pada tahun 1955 di California, Amerika Serikat. Dengan produk utamanya berupa Burger bernama Bigmac, McDonald's hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara, salah satunya Indonesia. McDonald's pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1991 di Sarinah, Thamrin.
- Â Pengertian Pasar Persaingan Oligopoli
Pasar Oligopoli adalah kondisi pasar yang didominasi oleh sejumlah kecil perusahaan, sehingga menghasilkan kompentensi terbatas. Pasar oligopoli merupakan jenis pasar berdasarkan strukturnya. Pada dasarnya, struktur pasar mengacu pada sift dan tingkat persaingan untuk barang atau jasa.
Sejumlah faktor penentu kualitas pasar yaitu jumlah dan sifat produk, kondisi atau kebebasan masuk dan keluar dari pasar hingga skala perdagangan. Ada juga, pasar oligopoli hanya terdiri dari 2 perusahaan saja atau disebut pasar duopoli. sering dalam pasar oligopoli, perusahaan yang mengendalikan pasar berjumlah antara 2-10 penjual yang menguasai permintaan pasar. Namun, ada juga yang berpandangan kalau jumlah perusahaan yang memimpin itu menggunakan 3-5 perusahaan dominan sebagai patokan pasar oligopoli ini.
Ciri-ciri Pasar Oligopoli
- Memiliki dua perusahaan atau lebih
- Biasanya produk yang diperjualbelikan bersifat homogen
- Harga antar produk hampir sama
- Memerlukan strategi pemasaran yang matang
- Produsen baru akan kesulitan masuk ke pasar oligopoli
Kelebihan Dan Kekurangan Pasar Persaingan Oligopoli
- Kelebihan Pasar Oligopoli
- Banyak sekali persaingan yang ketat yang menjadikan perusahaan sangat mengupayakan inovasi dan menjaga kualitas terbaiknya
- Harga produk yang semakin sesuai dengan keinginan konsumen
- Kegiatan produksi menjadi lebih efektif
- Kekurangan Pasar Oligopoli
- Sering terjadi persaingan harga antar produsen
- Cukup sulit untuk melakukan pemerataan pendapatan
- Peluang munculnya eksploitasi yang berlebihan dalam kegiatan pasar menjadi lebih besar
Manfaat Dari Pasar Oligopoli
Mampu menjaga kesetimbangan ekonomi dan daya guna terhadap produk maupun jasa, adanya perusahaan lain dengan menawarkan produk maupun jasa yang sama hanya akan membuat siklus ekonomi menjadi tidak stabil.
Faktor Penyebab Timbulnya Pasar Oligopoli
Ada beberapa yang menyebabkan munculnya jenis pasar oligopoli :
Produsen pemasok kurang. Jumbla produsen yang kurang karena sekala ekonomi yang harus di operasikan umumnya sangat besar dan hanya sedikit perusahaan yang mampu memasok perusahaan.
Contoh Studi Khasus Pasar Persaingan Oligopoli
Contoh studi khasus pasar persaingan oligopoli adalah PT. Perusahan Listrik Negara (PLN)
PT. Perusahan Listrik Negara (PLN) adalah perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang pengadaan listrik nasional. Hingga sekarang ini, PT. PLN masih merupakan satu-satunya perusahaan listrik sekaligus pendistribusinya. Dalam hal ini PT. PLN seharusnya dapat memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat, dan mendistribusikannya secara merata. Usaha PT. PLN termasuk kedalam jenis oligopoli murni. Hal ini ditunjukkan karena PT. PLN merupakan produsen tunggal, produk yang jarang di temui dan tanpa barang pengganti yang dekat, serta kemampuannya untuk menerapkan harga berapapun yang mereka mau.
Fungsi PT. PLN sebagai pembangkit, penyaluran, dan penyebaran listrik mulai dipecah. Swasta diizinkan berpartisipasi dalam upaya pembangkitan tenaga listrik. Sementara untuk disalurkan dan penyebaran tetap ditangani PT. PLN. Saat ini sudah ada 27 perusahaan berdiri sendiri,Power Producer di Indonesia. Adapun perusahaan mereka termasuk Siemens, General Electric, Enron, Mitsubishi, Californian Energy, Edison Mission Energy, Mitsui & Co, Black & Veath Internasional, Duke Energy, Hoppwell Holding.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H