Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang sangat penting bagi perusahaan guna mempertahankan perkembangan serta meningkatkan kualitas penjualan. Untuk meningkatkan berlangsungnya kegiatan pemasaran dalam hal memasarkan barang atau jasa dari suatu perusahaan tak cukup hanya mengembangkan model unit perumahan, menggunakan jalur distribusi dan jalur harga tetap, tetapi juga mendukung kegiatan promosi penjualan. Promosi berperan penting dalam kegiatan komunikasi antara pembeli dan penjual.
TINJAUAN PUSTAKA
Kajian Pustaka
Pengertian PromosiÂ
Menurut Kotler dalam jurnal Saragih (2018) promosi merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan antar erusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produknya dan untuk meyakinkan konsumen sasaran agar membelinya. Menurut Gitosudarmo dalam jurnal Saragih menyatakan "promosi adalah upaya untuk mempengaruhi konsumen agar mengenal produk yang ditawarkan dan merasa tertarik untuk membelinya, sedangkan menurut Babin dalam jurnal Saragih promosi adalah bagian dari komunikasi perusahaan yang bertugas menyampaikan informasi dan mengajak pembeli untuk membeli produk tersebut. Lupiyoadi dalam jurnal Saragih menyatakan bahwa promosi merupakan suatu Tindakan yang di dalamnya terdapat aktifitas periklanan (advertising), penjualam perorangan (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation).
Strategi PromosiÂ
Menurut Kotler dan Rmstrong dalam jurnal Duan dan Kalangi (Duan, Kalangi, & Walangitan, 2019) Berikut ini merupakan pengertian promosi menurut beberapa pendapat para ahli diantaranya "promotion means activities that communicate the benefits of a product and persuades target consumers to buy the product". Artinya promosi merupakan kegiatan yang mengkomunikasikan manfaat dari sebuah produk dan membujuk target konsumen untuk membeli produk tersebut.
Tujuan Dari Promosi
Menurut Freddy Rangkuti pada jurnal dengan promosi menyebabkan orang yang sebenarnya tidak tertarik untuk membeli suatu produk akan menjadi tertarik dan mencoba produk sehingga konsumen melakukan pembelian kemudian bisa meningkatkan volume penjualan. Tujuan promosi harus disesuaikan dengan tingkat pengetahuan pelanggan. Terdapat tiga tujuan promosi yaitu:
Memberikan informasi
Mengubah sikap dan keyakinan atau perasaan
Menstimulasi agar pelanggan melakukan pembelian
Indikator Promosi
Indikator yang digunakan penulis pada penelitian ini yaitu indikator promosi menurut Kotler dan Amstrong.
Menurut Kotler dan Amstrong dalam jurnal (Buwono & Raihanah, 2020) bauran promosi terdiri atas 5 (lima) alat-alat promosi, yaitu:
Advertising (periklanan), Periklanan merupakan segala bentuk promosi nonpersonal yang dibiayai oleh sponsor untuk memperkenalkan ide, produk, atau layanan. Periklanan dianggap sebagai upaya mengelola citra dengan tujuan menciptakan dan menjaga persepsi dan makna yang diterima oleh konsumen.
Sales promotion (penjualan perorangan), yaitu insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Bentuk promosi dapat berupa discounts, coupons, displays, demonstrations, contents, sweeptakes, dan events.
Personal selling (penjualan perseorangan), upaya penjualan yang melibatkan interaksi personal antara tenaga penjualan dengan konsumen, dengan tujuan meningkatkan penjualan dan membangun hubungan. Promosi dalam personal selling termasuk presentasi, pameran dagang, dan program insentif.
Public relation (hubungan masyarakat), yaitu membangun hubungan yang baik dengan berbagai publik perusahaan supaya memperoleh pulisitas yang menguntungkan, membangun citra perusahaan yang bagus, dan menangani atau meluruskan rumor, cerita, serta event yang tidak menguntungkan. Bentuk promosi dapat berupa press releases, sponsorships, special events, dan web pages.
Direct marketing (penjualan langsung) yaitu hubungan langsung dengan sasaran konsumen dengan tujuan untuk memperoleh tanggapan segera dan membina hubungan yang abadi dengan konsumen. Bentuk promosi yang digunakan mencakup catalogs, telephone marketing, kiosks, internet, mobile marketing, dan lainnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H