Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
TK ABA 3 “KETANGI” LUMBANG
Lingkup Pendidikan
PAUD
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang bilangan 1-5 Pada Kelompok A
Penulis
Mela Wahyunita
Tanggal
7 Desember 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Dari 15 anak kelompok A sebanyak 8 anak belum mampu mengenal lambang bilangan 1-5. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan masalah sebagai berikut yaitu anak belum mampu mengenal lambang bilangan karena media yang kurang menarik dan bervariasi, anak sering terbalik saat menulis angka, majalah sekolah atau Lembar kerja Anak (LKA), dan buku tulis merupakan media yang biasanya digunakan dalam pembelajaran, anak kurang berkonsentrasi, bermain sendiri, dan berlarian di dalam kelas. Maka ,perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi anak terkait mengenal lambang bilangan 1-5.
Untuk mengimplementasikan bantuan kesulitan pada anak TK dapat menerapkan beberapa kegiatan yang menyenangkan bagi anak, misalnya melalui metode demonstrasi dengan berbantu media kartu angka/gambar . Hasil penelitian Supartini, et.al., (2016) menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media kartu Angka/gambar dapat meningkatkan hasil belajar dalam mengenal lambang bilangan pada anak.
Menurut Nurani (dalam Yanazik, et.al.,2019) Kartu angka adalah alat-alat atau perlengkapan yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar yang berupa kartu dengan bertuliskan angka sesuai dengan tema yang diajarkan. Alat peraga kartu adalah alat bantu bagi anak untuk mengingat pelajaran. Alat peraga kartu angka dapat menimbulkan kesan dihati sehingga anak-anak tidak mudah melupakannya.
Oleh karena itu, Media kartu angka adalah solusi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah numerasi anak dalam mengenal lambang bilangan 1-5.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
- Dengan menggunakan media kartu angka membuat anak tertarik dan pembelajaran tidak membosankan, sehinga anak-anak lebih semangat
- Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan
Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :
- Saya sebagai seorang pendidik berupaya maksimal agar semua aspek perkembangan peserta didik dapat berkembang dengan baik
- Berdiskusi dengan teman sejawat, dosen dan guru pamong mengenai RPP yang dibuat agar lebih baik.
- Membuat media kartu angka yang menarik untuk anak.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tatangan :
- Pembuatan media pembelajaran yang harus bervariatif agar menarik minat anak belajar.
- Membangun pengetahuan anak terkait materi.
- Media harus menyesuaikan tema.
Orang yang terlibat :
- Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
- Guru sebagai fasilitator.
- Rekan sejawat yang membantu
- terlaksananya kegiatan ini
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah – langkah dan strategi :
- Membuat media dari bahan yang aman dan menarik bagi anak.
- Pemilihan dan penggunaan media benda kongkrit dan video pembelajaran dalam menyampaikan materi
- Mencari gambar yang sesuai dengan tema dan mengkaitkan antara jumlah gambar tersebut dengan lambang bilangan yang ada pada kartu angka
Sumber daya :
- Kemampuan guru dalam mengoprasikan alat-alat seperti laptop, dan LCD.
- Mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah.
- Waktu yang digunakan dalam pembelajaran (150 menit)
- Alat-alat dan bahan dalam membuat media
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-5 di TK ABA 3 “KETANGI” LUMBANG. Persentase keberhasilan meningkat menjadi 87% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Media kartu angka ternyata efektif dalam mengatasi permasalahan numerasi anak dalam mengenal lambang bilangan. Dengan cara bermain kartu angka anak lebih mudah memahami dalam pengenalan lambang bilangan, keberhasilan ini juga di motivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan keadaan yang ada.
RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)
Latar belakang
- Dari 15 anak kelompok A sebanyak 8 anak belum mampu mengenal lambang bilangan 1-5. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan masalah sebagai berikut yaitu anak belum mampu mengenal lambang bilangan karena media yang kurang menarik dan bervariasi, anak sering terbalik saat menulis angka, majalah sekolah atau Lembar kerja Anak (LKA), dan buku tulis merupakan media yang biasanya digunakan dalam pembelajaran, anak kurang berkonsentrasi, bermain sendiri, dan berlarian di dalam kelas. Maka ,perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi anak terkait mengenal lambang bilangan 1-5.
Tujuan penyusunan RTL
Tujuan dari penyusunan RTL ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan teknologi, diantaranya:
Meningkatkan kemampuan guru dalam merangcang pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan minat belajar anak
Mengupgrade keilmuan guru untuk terus berinovasi dalam pembelajaran
Meningkatkan kreatifitas guru dalam pembuatan video pembelajaran, mulai dari cara mengambil video yang benar, menyetting tempat dan kamera supaya hasil gambarnya bagus dan mengedit video dengan berbagai refrensi agar hasilnya bagus.
Manfaat penyusunan RTL
Manfaat penyususnan RTL dimaksudkan supaya mempermudah guru dalam merancang sebuah kegiatan pembelajaran, sebagai evaluasi, refleksi dan kegiatan yang dilakukan menjadi lebih terarah sesuai dengan rencana yang telah dirancang.
RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas Kelompok A)
Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.
Nama : Mela Wahyunita, S.Pd
Instansi : TK ABA 3 “KETANGI” LUMBANG
Prodi : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Menyusun
RPP
Senin, 20 September Oktober 2022
Ruang
Guru
Guru, Guru Sejawat
dan Kepala Sekolah
Pukul 08.00
Membuat Bahan Ajar
Selasa, 21
September 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 08.00
Membuat Media
(Kartu Angka)
Rabu, 22 September 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 08.00
Membuat LKPD
Kamis, 23
September 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 08.00
Membuat Instrumen
Penilaian (Penilaian formatif meliputi ceklist, catatan anekdot dan hasil karya)
Jum’at, 24 September 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 08.00
RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)
Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.
Nama : Mela Wahyunita, S.Pd
Instansi : TK ABA 3 “KETANGI”LUMBANG
Prodi : PAUD
Rencana
Kegiatan
Waktu
Tempat
Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Pembuatan skenario video
RPP 1 (Menyiapkan segala perlengkapan yang digunakan saat Sit In)
Rabu,12 Oktober
2022
Ruang Kelas A2
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Latihan buat
video
Rabu, 12 Oktober
2022
Ruang Kelas A2
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 07.00
Rekaman
video
Kamis, 13 Oktober
2022
Ruang Kelas A2
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 08.00
Editing video
Jumat, 14 Oktober
2022
Dirumah
Teman sejawat
Menyesuaikan
Finalisasi
Video ( Hasil akhir dari video di unggah sebagai tagihan LMS)
Selasa, 1 November
2022
Dirumah
Guru
Menyesuaikan
RTL-3 (Menyusun Best Practise)
Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan
Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.
Nama : Mela Wahyunita,S.Pd
Instansi : TK ABA 3 “KETANGI” LUMBANG
Prodi : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Koordinasi
persiapan Best Practise
Selasa,6 Desember
2022
Ruang Kelas A2
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Pelaksanaan Best Practise
Rabu, 7 Desember
2022
Ruang Kelas A2
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 07.00
Analisis Data
Kamis, 8 Desember
2022
Ruang Kelas A2
Guru
Pukul 10.00
Pembuatan laporan Best
Practise
Jumat , 9 Desember
2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.30
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI