Mohon tunggu...
mela wahyunita
mela wahyunita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice LK 3.1

10 Desember 2022   12:53 Diperbarui: 10 Desember 2022   13:03 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

TK ABA 3 “KETANGI” LUMBANG

Lingkup Pendidikan

PAUD

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang bilangan 1-5 Pada Kelompok A

Penulis

Mela Wahyunita

Tanggal

7 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Dari  15 anak kelompok A sebanyak 8 anak belum mampu mengenal lambang bilangan 1-5. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan masalah sebagai berikut yaitu anak belum mampu mengenal lambang bilangan karena media yang kurang menarik dan bervariasi, anak sering terbalik saat menulis angka, majalah sekolah atau Lembar kerja Anak (LKA), dan buku tulis merupakan media yang biasanya digunakan dalam pembelajaran, anak kurang berkonsentrasi, bermain sendiri, dan berlarian di dalam kelas. Maka ,perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi anak terkait mengenal lambang bilangan 1-5.

Untuk mengimplementasikan bantuan  kesulitan pada anak TK dapat menerapkan beberapa kegiatan yang menyenangkan bagi anak, misalnya melalui metode demonstrasi dengan berbantu media kartu angka/gambar . Hasil penelitian Supartini, et.al., (2016) menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media kartu Angka/gambar dapat meningkatkan hasil belajar dalam mengenal lambang bilangan pada anak.

Menurut Nurani (dalam Yanazik, et.al.,2019) Kartu angka adalah alat-alat atau perlengkapan yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar yang berupa kartu dengan bertuliskan angka sesuai dengan tema yang diajarkan. Alat peraga kartu adalah alat bantu bagi anak untuk mengingat pelajaran. Alat peraga kartu angka dapat menimbulkan kesan dihati sehingga anak-anak tidak mudah melupakannya.

Oleh karena itu, Media kartu angka adalah solusi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah numerasi anak dalam mengenal lambang bilangan 1-5.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

  • Dengan menggunakan media kartu angka membuat anak tertarik dan pembelajaran tidak membosankan, sehinga anak-anak lebih semangat
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan

Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu :

  • Saya sebagai seorang pendidik berupaya maksimal agar semua aspek perkembangan peserta didik dapat berkembang dengan baik
  • Berdiskusi dengan teman sejawat, dosen dan guru pamong mengenai RPP yang dibuat agar lebih baik.
  • Membuat media kartu angka yang menarik untuk anak.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tatangan :

  • Pembuatan media pembelajaran yang harus bervariatif agar menarik minat anak belajar.
  • Membangun pengetahuan anak terkait materi.
  • Media harus menyesuaikan tema.

 Orang yang terlibat :

  • Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
  • Guru sebagai fasilitator.
  • Rekan sejawat yang membantu
  • terlaksananya kegiatan ini

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah – langkah dan strategi :

  • Membuat media dari bahan yang aman dan menarik bagi anak.
  • Pemilihan dan penggunaan media benda kongkrit dan video pembelajaran dalam menyampaikan materi
  • Mencari gambar yang sesuai dengan tema dan mengkaitkan antara jumlah gambar tersebut dengan lambang bilangan yang ada pada kartu angka

Sumber daya :

  • Kemampuan guru dalam mengoprasikan alat-alat seperti laptop, dan LCD.
  • Mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah.
  • Waktu yang digunakan dalam pembelajaran (150 menit)
  • Alat-alat dan bahan dalam membuat media

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-5  di TK ABA 3 “KETANGI” LUMBANG.  Persentase keberhasilan meningkat menjadi 87% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).  Media kartu angka ternyata efektif dalam mengatasi permasalahan numerasi anak dalam mengenal lambang bilangan. Dengan cara bermain kartu angka anak lebih mudah memahami dalam pengenalan lambang bilangan, keberhasilan ini juga di motivasi dari cara guru menyampaikan materi dan pemilihan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan keadaan yang ada.

RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) 

Latar belakang

  • Dari  15 anak kelompok A sebanyak 8 anak belum mampu mengenal lambang bilangan 1-5. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan masalah sebagai berikut yaitu anak belum mampu mengenal lambang bilangan karena media yang kurang menarik dan bervariasi, anak sering terbalik saat menulis angka, majalah sekolah atau Lembar kerja Anak (LKA), dan buku tulis merupakan media yang biasanya digunakan dalam pembelajaran, anak kurang berkonsentrasi, bermain sendiri, dan berlarian di dalam kelas. Maka ,perlu adanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi anak terkait mengenal lambang bilangan 1-5.

Tujuan penyusunan RTL

Tujuan dari penyusunan RTL ini adalah untuk membentuk dan meningkatkan kompetensi guru dalam bidang kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial dan teknologi, diantaranya:

Meningkatkan kemampuan guru dalam merangcang pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan minat belajar anak

Mengupgrade keilmuan guru untuk terus berinovasi dalam pembelajaran

Meningkatkan kreatifitas guru dalam pembuatan video pembelajaran, mulai dari cara mengambil video yang benar, menyetting tempat dan kamera supaya hasil gambarnya bagus dan mengedit video dengan berbagai refrensi agar hasilnya bagus.

 

Manfaat penyusunan RTL

Manfaat penyususnan RTL dimaksudkan supaya mempermudah guru dalam merancang sebuah kegiatan pembelajaran, sebagai evaluasi, refleksi dan kegiatan yang dilakukan menjadi lebih terarah sesuai dengan rencana yang telah dirancang.

RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas Kelompok A)

Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.

Nama               : Mela Wahyunita, S.Pd

Instansi            : TK ABA 3 “KETANGI” LUMBANG

 Prodi               : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Menyusun

RPP

Senin, 20 September Oktober 2022

Ruang

Guru

Guru, Guru Sejawat

dan Kepala Sekolah

Pukul 08.00

Membuat Bahan Ajar

Selasa, 21

September  2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 08.00

Membuat Media

(Kartu Angka)

Rabu, 22 September 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 08.00

Membuat LKPD

Kamis, 23

September 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 08.00

Membuat Instrumen

Penilaian (Penilaian formatif meliputi ceklist, catatan anekdot dan hasil karya)

Jum’at, 24 September 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 08.00

 

RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)

Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.

Nama               : Mela Wahyunita, S.Pd

Instansi            : TK ABA 3 “KETANGI”LUMBANG

 Prodi               : PAUD

Rencana

Kegiatan

Waktu

Tempat

Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Pembuatan skenario video

RPP 1 (Menyiapkan segala perlengkapan yang digunakan saat Sit In)

Rabu,12 Oktober

2022

Ruang Kelas A2

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Latihan buat

video

Rabu, 12 Oktober

2022

Ruang Kelas A2

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.00

Rekaman

video

Kamis, 13 Oktober

2022

Ruang Kelas A2

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 08.00

Editing video

Jumat, 14 Oktober

2022

Dirumah

Teman sejawat

Menyesuaikan

Finalisasi

Video ( Hasil akhir dari video di unggah sebagai tagihan LMS)

Selasa, 1 November

2022

Dirumah

Guru

Menyesuaikan

 

RTL-3 (Menyusun Best Practise) 

Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan

Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.

Nama               : Mela Wahyunita,S.Pd

Instansi            : TK ABA 3 “KETANGI” LUMBANG

 Prodi               : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Koordinasi

persiapan Best Practise

Selasa,6 Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Pelaksanaan Best Practise

Rabu, 7 Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.00

Analisis Data

Kamis, 8 Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru

Pukul 10.00

Pembuatan laporan Best

Practise

Jumat , 9 Desember

2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.30

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun