Pengertian Gadget
Gadget menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V dalam Setianingsih, Eka (2019) adalah peranti elektronik atau mekanik dengan fungsi praktis; gawai. Wijanarko dan Setiawati (2016) dalam Setianingsih, Eka (2019) menjelaskan bahwa gadget merupakan teknologi terbarukan yang berpengaruh besar bagi kehidupan manusia, memberi kemudahan, dan memberikan pengaruh positif. Melalui gadget komunikasi menjadi lebih mudah dan juga murah. Gadget adalah alat elektronik yang memiliki ukuran relatif kecil dan praktis dalam penggunaannya (Anggraini, 2019). Gadget adalah sebuah alat elektronik kecil bersifat portable yang mudah dan praktis dibawa kemana saja. Gadget merupakan salah satu teknologi terbaru yang dapat membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Gadget seringkali dianggap sesuatu yang tidak biasa atau sesuatu yang cerdik. Gadget memiliki perbedaan dengan teknologi lainnya yaitu memiliki unsur kebaruan dan bentuknya yang lebih kecil. Gadget merupakan salah satu alat canggih yang menyediakan berbagai fitur aplikasi berupa jejaring sosial, hiburan dan berita (Pertiwi et al., 2018).
Fungsi Gadget
Fungsi utama aplikasi adalah untuk menunjang pekerjaan masyarakat, misalnya untuk menunjang komunikasi, pencarian informasi, hiburan dan aktivitas lainnya. Menurut Angraini (2019), aplikasi memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, antara lain:
1. Aplikasi Media Sosial berguna sebagai sarana komunikasi karena memudahkan masyarakat untuk terhubung meskipun berada di pedesaan.
2. Akses terhadap informasi selain sebagai alat komunikasi juga dapat digunakan untuk mengakses informasi. Aplikasi dapat digunakan untuk mengakses berbagai informasi dari Internet.
 3. Media Hiburan Aplikasi tidak hanya memudahkan komunikasi tetapi juga menyediakan fitur hiburan antara lain mendengarkan musik online, menonton video, dan mengakses game.
4. Peralatan rumah tangga telah menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Jadi kita dapat mengatakan bahwa aplikasi mempengaruhi masa hidup setiap pengguna.
 Jenis - jenis Gadget
 Sebagian orang mengetahui gadget hanya sebatas handphone, namun nyatanya banyak sekali barang elektronik yang termasuk dalam gadget. Anggraini (2019) Menyatakan dalam bukunya ada beberapa jenis gadget yang seringkali digunakan masyarakat :
- Handphone merupakan salah satu jenis gadget yang paling banyak digunakan semua kalangan masyarakat termasuk remaja - remaja. Fungsi dari handphone adalah sebagai alat komunikasi, namun dengan seiring berkembangnya zaman, handphone memiliki fungsi lain yaitu untuk mencari informasi, hiburan dan masih banyak lagi.
- Laptop adalah komputer pribadi yang dapat dipindahkan dan dibawa dengan mudah sehingga dapat digunakan di banyak tempat. Mayoritas laptop mempunyai fitur yang sama dengan komputer, seperti mampu menjalankan perangkat lunak dan mengelola berkas.
- Tablet,Gadget yang satu ini memiliki fungsi yang sama dengan handphone yaitu utuk berkomunikasi, mencari informasi melalui internet, dan menyajikan media hiburan. Hanya saja yang membedakan antara  handphone dengan tablet adalah ukuran layarnya. Tablet memiliki ukuran yang lebih lebar dibandingkan dengan handphone.
 Dampak Penggunaan Gadget Pada era serba digital ini kehidupan manusia sangat dimudahkan dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Namun, dengan teknologi semakin canggih pasti akan menimbulkan banyak sekali dampak baik maupun buruk. Gadget bermanfaat agar remaja mengetahui teknologi sejak dini, namun diperlukan kehati - hatian agara remaja tidak terpengaruh dan kecanduan menggunakan gadget karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata serta tumbuh kembang remaja. ada beberapa dampak positif dari penggunaan gadget bagi remaja yaitu : Menambah pengetahuan remaja yang menggunakan gadget berteknologi canggih akan dimudahkan untuk mendapatkan suatu informasi mengenai tugas yang diberikan oleh sekolah dengan menggunakan internet. Dengan demikian remajadapat dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Mempermudah komunikasi Gadget adalah suatu teknologi yang canggih, sehingga memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengan seluruh orang yang di seluruh penjuru dunia. Memperluas jaringan pertemanan Menggunakan gadget dapat memperluas jaringan pertemanan, karena dengan mudah untuk bergabung dengan media sosial. Namun, orang tua perlu mengawasi penggunaan gadget remajakarena saat ini sedang marak pelaku kejahatan yang menargetkan remajasebagai korban. Selain itu, gadget dapat memberikan dampak buruk bagi remaja antara lain : Penurunan interaksi sosial  Remaja yang menghabiskan waktu lebih sering untuk bermain gadget akan mengalami penurunan interaksi dengan orang yang disekitarnya, selain itu remaja akan mengalami penurunan untuk bermain di alam terbuka dan tidak tertarik untuk melakukan interaksi secara fisik. Kemampuan sosial remaja terlebih remaja usia sekolah semakin menurun dan ruang gerak sosialnya semakin sempit sebagai akibat dari penggunaan gadget. Mereka lebih suka menyendiri dan tidak peduli terhadap teman teman sebayanya dan lingkungan sekitarnya (Halawa & Palan, 2016). Merusak pengelihatan Kontak terlalu lama didepan gadget dapat merusak pengelihatan pada remaja. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa remaja yang sering kontak dengan gadget lebih mungkin mengalami gangguan pada mata mereka. Postur tubuh buruk Terlalu lama menggunakan gadget juga dapat menyebbakan postur tubuh menjadi buruk. Remaja dapat menggunakan gadget dengan waktu yang lebih lama dengan duduk membungkuk maupun berbaring di sofa atau tempat tidur. Postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan ketidaksejajaran pada tulang belakang remaja, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan nyeri. Gangguan tidur Remaja yang kecanduan gadget tanpa adanya pengawasan orang tua akan selalu memainkan gadget itu. Bila itu dilakukan dan terjadi terus menerus tanpa adanya batasan waktu maka akan mengganggu jam tidurnya. Orang tua sebaiknya membuat kesepakatan dengan remaja, misalnya dengan membuat aturan menonaktifkan smartphone saat menjelang akan tidur. Sebab jika gadget itu menyala akan mengganggu istirahat remaja terutama remaja yang di bawah usia 15 tahun. Perilaku kekerasan Perilaku kekerasan yang terjadi pada remaja dikarenakan remaja sering mengkonsumsi materi kekerasan baik itu melalui game atau media yang menampilkan kekerasan. Beberapa orang tua mengaku tidak mengetahui bahwa game yang diberikan untuk remajanya mengandung unsur kekerasan. Terpapar radiasi Gadget sebenarnya memancarkan radiasi namun radiasi berfrekuenasi rendah. Efek yang ditimbulkan ketika bermain laptop terlalu lama biasanya mengakibatkan mata berarir karena kelelahan mata. Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa radiasi smartphone menimbulkan ancaman penyakit seperti tumor otak, kangker, Alzheimer dan Parkinson. Tetapi hal itu masih menjadi perdebatan antara pakar keseharan lain, karena ketika di teliti hasil penelitian menunjukkan bahwa gelombang radiasi smarphone yang saat ini di pasaran masih tergolong aman. Ancaman Cyberbullying