PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK GENERASI PEDULI TERHADAP MASALAH SOSIAL DI MASYARAKATÂ
Meidita Issaturrofik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pendidikan Kewarganegaraan adalah suatu sistem pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter dan kepribadian yang selaras dengan nilai-nilai bangsa. Pembentukan karakter ini sangat penting ditanamkan sejak dini, sehingga kepribadian peserta didik dapat tumbuh dan berkembang untuk membina generasi yang mampu berperilaku sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat (Zulfikar dan Dewi, 2021). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memegang peran penting dalam membentuk individu yang tidak hanya memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap sesama serta lingkungan sekitarnya.Menghadapi tantangan sosial yang kompleks,seperti kemiskinan,lingkungan,dan ketidakadilan. Pendidikan Kewarganegaraan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang penting untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang peduli.
Tujuan utama dari Pendidikan Kewarganegaraan adalah mengajarkan siswa tentang hak dan kewajiban mereka sebagai anggota masyarakat, sambil mendorong partisipasi aktif dalam menyelesaikan masalah sosial (Prasetyo, 2019). Melalui mata pelajaran ini, siswa diharapkan tidak hanya memahami teori politik dan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat (Suryadi, 2020). Dengan cara ini, siswa dapat merasakan langsung pentingnya kontribusi mereka terhadap perubahan positif di masyarakat. Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, Pendidikan Kewarganegaraan menjadi semakin relevan, karena siswa harus dilatih untuk menyaring informasi, memahami isu-isu sosial secara kritis, dan menemukan solusi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Isu-isu seperti perubahan iklim, kesenjangan sosial, dan pelanggaran hak asasi manusia bukan hanya tantangan nasional, tetapi juga global, yang memerlukan kehadiran generasi muda yang peduli dan berpandangan luas.
Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter warga negara yang peduli, serta untuk mengeksplorasi berbagai strategi pendidikan yang dapat diterapkan dalam proses pengajaran PKn agar lebih efektif dalam mengembangkan kepedulian sosial,dan diharapkan dapat membantu para guru dan penulis sendiri agar bisa menerapkan pemahaman ini,dan diajarkan kepada siswa,agar siswa dapat memahami peran mereka sebagai warga negara yang peduli terhadap isu-isu sosial yang terjadi di sekitar mereka,
PEMBAHASAN
Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran dalam membentuk siswa menjadi warga negara yang peduli terhadap masalah sosial di masyarakat. Melalui pendidikan ini, siswa diajarkan tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta didorong untuk memahami dan merespons isu-isu sosial yang ada di sekitar mereka (Handayani, 2022). Dalam era modern yang banyak akan tantangan sosial, seperti kemiskinan,lingkungan,dan ketidakadilan, Pendidikan Kewarganegaraan berperan sebagai kunci untuk menciptakan generasi yang tidak hanya pasif, tetapi juga aktif dalam mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.
Pendidikan Kewarganegaraan berkontribusi dalam menumbuhkan kepedulian sosial sejak usia dini. Dengan memahami konsep dasar kehidupan bermasyarakat dan pentingnya partisipasi, siswa dapat mulai menyadari peran mereka sebagai agen perubahan sosial. Hal ini penting agar siswa tidak hanya bersikap pasif terhadap masalah sosial, melainkan juga aktif terlibat dalam mencari solusi dan berkontribusi pada kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.
Bagaimana pendidikan kewarganegaraan di SD dapat membentuk siswa yang peduli terhadap masalah sosial di masyarakat?
Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa agar menjadi warga negara yang peduli terhadap masalah sosial di masyarakat.Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan nilai-nilai dasar yang mendasari hubungan antar warga negara, termasuk bagaimana siswa dapat peduli terhadap masalah sosial di sekitar mereka.Di bawah ini merupakan penerapan pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar yang dapat membentuk siswa yang peduli terhadap masalah sosial di masyarakat.Bagaimana caranya?