Mohon tunggu...
Medy Budun
Medy Budun Mohon Tunggu... Wiraswasta - Alumni Magister Administrasi Bisnis, Universitas Lambung Mangkurat

Penulis bebas. Putra asli Dayak Paser Tiong Talin. Aktif dalam forum diskusi terkait dengan komunitas Dayak dalam konteks seni budaya, hak masyarakat adat dan kearifan lokal.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Menemukan dan Mengembangkan Ide Kreatif Berwirausaha

10 Juli 2021   23:04 Diperbarui: 27 Juli 2021   21:19 669
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Logo Laundry/Dokpri

Ide usaha dapat muncul dari mana saja.

Dalam setiap kesempatan baik saat membaca buku, membaca berita di sosial media, menonton tv, jalan-jalan disekitar tempat tinggal, keluar daerah maupun keluar negeri dapat menjadi pemicu munculnya ide inovasi kreatif atas usaha yang sudah kita jalankan dan sarana menemukan ide usaha baru yang bisa kita kembangkan. Hal ini karena kita bisa melihat kesuksesan orang lain, kita bisa menemukan produk-produk yang baru ditempat lain untuk dipasarkan ditempat tinggal kita, atau mungkin saat kita melihat masalah orang lain lalu muncul ide kreatif untuk menemukan solusinya. Atau bahkan tidak jarang muncul ide membuka usaha sendiri setelah mengalami pengalaman tidak menyenangkan setelah menggunakan atau merasakan jasa atas usaha serupa.

Pengalaman Pribadi.

Muncul ide membuka usaha laundry setelah mengalami pengalaman buruk ketika menggunakan beberapa jasa laundry yang ada di kota Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan tempat tinggal sekarang. Sering kali pakaian kami hilang atau tidak kembali, rusak karena di tagging, pakaian rusak kena setrika yang terlalu panas, pakaian tidak harum dan tidak bersih. Akhirnya muncul ide dan susun rencana untuk membuat usaha laundry yang berbeda walaupun sudah banyak usaha serupa, namun saya yakin usaha saya akan maju dengan menghadirkan kualitas yang lebih baik dan layanan yang berbeda akan menarik pelanggan lebih banyak.

Observasi dan Pendirian Usaha.

Karena yang pertama dipikirkan adalah pemasaran maka faktor 4P lah yang menjadi perhatian yaitu menyangkut Product (produk harus beda dan punya kelebihan), Place (tempat yang strategis), Price (harga yang bersaing/ada kualitas ada harga) dan Promotion (promosi yang meluas dan menarik).

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa pertimbangan terkait dengan faktor Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) atas usaha tersebut nantinya. Observasi dilakukan di internal menyangkut faktor kekuatan - kelemahan dan external menyangkut faktor kesempatan - ancaman, termasuk observasi terhadap semua usaha serupa di sekitar kawasan tempat berusaha. Hal yang tidak kalah penting adalah mencari informasi di internet tentang layanan usaha laundry yang sukses dan mulai mempelajari tips-tips yang mereka terapkan sehingga usaha mereka maju. Beberapa panduan di Youtube oleh presenter dari dalam dan luar negeri juga menjadi referensi.

Setelah semua hal dipersiapkan kemudian didirikanlah usaha laundry & dry clean yang pada 3 (tiga) bulan pertama dijalankan dan dikerjakan sendiri sambil terus memperbaiki kekurangan-kekurangan yang muncul.

Ide Inovasi.

Beberapa langkah inovasi yang telah dilakukan yaitu soal tempat dengan memanfaatkan letak rumah dipinggir jalan utama dan teras rumah dibuat untuk tempat usaha tanpa harus menyewa tempat baru sehingga biaya operasional dan biaya produksi lebih rendah dari usaha laundry pesaing di kota Tanjung yang rata-rata menyewa kios atau ruko untuk membuka usahanya.

Dalam hal layanan, yaitu dengan memperbaiki pakaian-pakaian pelanggan yang rusak secara cuma-cuma ketika ditemukan ada lepas kancing, robek atau terkena noda. Saya tidak temukan hal seperti ini pada jasa laundry lainnya di kota Tanjung. Begitu juga perlakuan khusus terhadap benda-benda pelanggan yang terikut didalam pakaian laundry. Kadang berupa uang berapapun nilainya, logam mulia, USB flashdisk, pin, korek api, dan sebagainya dibungkus dalam plastik khusus untuk dikembalikan bersama cucian pelanggan.

Dalam hal manajemen, dimana sebelumnya menggunakan nota manual dan aplikasi PC stand alone, kini di upgrade yaitu dengan memanfaatkan aplikasi khusus laundry berbasis Android sehingga pekerjaan lebih praktis dalam mengelola pekerjaan baik oleh pekerja maupun owner. Bahkan usaha laundry dapat berjalan secara auto pilot tanpa kehadiran owner dilokasi usaha karena dapat di kontrol kapan saja dan dari mana saja melalui aplikasi di handphone.

Dalam hal promosi yaitu dengan memanfaatkan Fanpages di Facebook, Facebook Ads, dan Google juga tidak lupa memperhatikan efek domino melalui pesan dari mulut ke mulut.

Ide Pengembangan.

Dalam hal pengembangan usaha yang sudah dan akan terus dilakukan yaitu melakukan expansi usaha dengan membuka outlet baru di Yogyakarta, 2 tahun yang lalu. Expansi dari kota kecil ke kota besar adalah ide yang nekat karena untuk diketahui usaha seperti itu banyak sekali di kota tersebut yang barang tentu persaingannya sangat ketat. Namun itu bukan menjadi hambatan karena target nya bukan sekedar profit income akan tetapi melatih 2 anak saya yang sedang kuliah disana untuk mengelola unit usaha milik sendiri sambil dikawal melalui kontrol aplikasi dari Tanjung. Sempat berjalan lebih 6 bulan akan tetapi kemudian terpaksa ditutup. Ditutup bukan karena bangkrut atau sepi pelanggan tapi justru karena ramai sekali melebihi kapasitas mesin dan karyawan hingga harus lembur sampai jam 3 subuh dini hari yang memaksa 2 anak saya plus 1 orang lagi temannya harus turun tangan langsung ikut mengerjakan. Kondisi ini bukan justru baik buat anak-anak, kuliah mereka sempat terbengkalai, sementara untuk mencarikan karyawan tambahan tidaklah mudah. Banyak pelanggan yang menyayangkan namun langkah itu harus kami ambil demi kuliah anak-anak. Mesin kemudian dikirim balik ke Tanjung untuk menambahkan kapasitas yang ada sehingga menjadi semakin besar.

Sempat menyediakan jasa laundry tambahan untuk sepatu dan tas. Namun akhirnya jasa ini tidak dilayani lagi karena laundry pakaian semakin kelimpahan pesanan sehingga untuk sepatu dan tas tidak tertangani lagi karena anak-anak yang biasa mengerjakannya sudah kuliah ke Yogyakarta.

Expansi yang saat ini sedang dipersiapkan yaitu membuka outlet baru di kampung halaman di Paser, Kalimantan Timur yang akan dikombinasikan dengan minimarket. Sehingga ketika pelanggan mengantar atau mengambil laundry dapat sekalian berbelanja keperluan rumah tangga ditempat yang sama.

Semoga artikel pengalaman pribadi ini menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin memulai usaha baru atau juga usaha laundry dan mengembangkan usaha yang ada sekarang agar menjadi lebih maju lagi.

Demikian dan terima kasih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun