Mohon tunggu...
m dary Setiawan
m dary Setiawan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis STIAMAK Barunawati Surabaya

tolong dukung artikel ini jika menarik

Selanjutnya

Tutup

Money

Resume Webinar M Dary Setiawan

24 Oktober 2020   19:27 Diperbarui: 24 Oktober 2020   20:25 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

MATERI I

A.TRANSFORMASI DIGITAL MEMBAWA REVOLUSI

  • Revolusi Industri - 1 (abad 18)                -                mesin uap menggerakan industri
  • Revolusi Industri – 2 (abad 19)              -              tenaga listrik mengubah industri
  • Revolusi Industri – 3 (abad 20)              -             TI,komputasi dan komunikasi 
  • Revolusi Industri – 4 (abad 21)               -         sistem cerdas  AL,loT,Big Data

B.Education 4.0 fit for industry 4.0

  • Flexible
  • Adaptive
  • Self directed
  • Creative
  • Character
  • Complex problem solver

C.  Hak belajar tiga semester diluar prodi

Perguruan tinggi wajib memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela :

  • Dapat mengambil sks diluar perguruan tinggi sebanyak 2 semester (setara dengan 40 sks)
  • Ditambah lagi, dapat mengambil sks diprodi yang berbeda di PT yang sama sebanyak  I semester (setara dengan 20 sks)

Perubahan definisi sks :

  • Setiap sks diartikan sebuah jam kegiatan bukan jam pelajar
  • Definisi kegiatan belajar dikelas praktik kerja (magang),pertukaran pelajar,proyek di desa ,wirausaha,riset,studi independent, dan kegitan mengajar di daerah terpencil.                                                                    

MATERI II

Visi                  :   Menjadi Smart Operator Pelabuhan Berskala Dunia

Misi                 :    

  1.  Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan stakeholder
  2.  Memberikan kenyamanan dan kepuasan  bagi pengguna jasa layanan Pelabuhan melalui prinsip tata Kelola perusahaan(GCG)
  3.  Menciptakan solusi bisnis yang cerdas melalui integrasi dan Kerjasama mitra strategis
  4.  Membangun dan memperluas jaringan bisnis dosmestik dan internasional.

Budaya          :   AKHLAK, AMANAH, HARMONIS, KOMPETEN, LOYAL

Jasa Kepelabuhanan

  • Jasa Kapal                : Jasa Pandu, jasa Tunda, Jasa Kepil, dan Jasa Tambat
  • Jasa Barang             : Jasa Dermaga, Jasa Penumpukan(CY dan Gudang), Bongkar/Muat, Car Terminal dan Ro-Ro
  • Jasa Penumpang   : Jasa Penumpang dan Barang Bawaan Penumpang

Inovasi, Telekomunikasi, Informasi

  • CETAK NOTA ONLINE

             Layanan dimana penguna jasa dapat melakukan proses cetak nota online secara mandiri

  • PENAMBAHAN CCTV

            Untuk memonitor tambatan kapal melalui jarak jauh

  • PEMBAYARAN HOST TO HOST

            Pengguna jasa tidak perlu datang ke Pelabuhan untuk melakukan pembayaran

  • BOOKING ONLINE SEMUA JASA

            Antara lain booking online petikemas,non petikemas,kapal,air kapal dll.

One stop services jasa kepelabuhanan

  • Online booking
  • Online meeting
  • Self service activity
  • Online customer care 24/7
  • Online payment

INOVASI DIGITAL SDM

  • Digitalisasi pengelolaan SDMa

            Rekrutmen dilakukan secara online pengelolaan karrier, talenta dan pengembangan SDM dilakukan melalui ITMS (Intregreted Talent Management Sysmen) dan LMS (Learning Management System). Pengelolaan administasi SDM dilakukan melalui SAP Pengelolaan kinerja dilakukan secara online.

 PRESENSI ONLINE

  • Dilakukan melalui perangkat (gadget) masing-masing pegawai untuk menghindari resiko penularan penyakit akibat sentuhan pada perangkat yang sama.

PEMESANAN MAKANAN KANTIN ONLINE 

  • Untuk mengurangi kerumunan ditempat umum

VIRTUAL MEETING 

  • Layanan rapat secara online menggunakan fasilitas video conference

MANAJEMEN SURAT DINAS ONLINE

  • Proses pembuatan hingga approval dan disposisi dilakukan melalui aplikasi

POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT DIKANTOR

  • Pengukuran tingkat Kesehatan pegawai secara mandiri melalui aplikasi Mypelindo

LULUSAN PERGURUAN TINGGI VS KELUHAN PENGGUNA TENAGA KERJA

  • Umumnya kurang tahan menghadapi tekanan dalam dunia kerja
  • Kurang dapat bekerja sama dalam sebuah tim
  • Kurang dapat berkomunikasi lisan dan tulisan dengan baik
  • Kurang inisiatif dan mudah bosan

TANTANGAN INDUSTRI 4.0

  • VOLATILE

            Dinamkia perubahan yang sangat cepat

  • UNCERTAIN

           Kurangnya prediktabilitas terhadap isu dan pertistiwa yang terjadi

  • COMPLEX

           Adanya gangguan dan kekacauan yang mengelilingi setiap organisasi

  • AMBIGOUS

            Ketidak jelasan realitas dari berbagai kondisi yang ada

  MENGHADAPI TANTANGAN 

  • LEARNING AGILITY

            Mampu memahami hal baru dengan cepat

  • MENTAL AGILITY

            Mampu bertahan dalam kondisi apapun

  • CHANGE AGILITY

            Mampu beradaptasi dengan perubahan apapun

  • PEOPPLE AGILITY

           Mampu bekerja sama dengan siapapun

  • RESULT AGILITY

           Mampu tetap berprestasi dalam kondisi apapun

Tulisan ini dibuat sebagai tugas dari mata kuliah Psikologi Manajaemen di STIAMAK Barunawati Surabaya. Jika ada yang memberikan masukan, kritik, saya akan senang hati. Mari kita belajar tanpa henti. (24.10.2020/Stiamak_Muhammad Dary Setiawan)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun