KONEKSI ANTAR MATERI
MODUL 2.1
" PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI "
Oleh :
MAYA MULYASARI, S.Pd.AUD
CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7Â
KELAS 185Â
KABUPATEN MOJOKERTO
Pembelajaran Berdiferensiasi AdalahÂ
- Serangkaian Keputusan Masuk Akal ( Common Sense ) Yang Dibuat Oleh Guru Yang Berorientasi Kepada Kebutuhan Murid Serta Usaha Guru Untuk Menyesuaikan Proses Pembelajaran Dikelas Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Dari Individu Murid.
- Guru akan senantiasa melakukan hal --hal untuk meningkatkan kemampuan multitaskingnya  secara natural, karena sudah terbiasanya guru menghadapi tantangan ini. Semua usaha tersebut tentunya dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk memastikan setiap murid di kelasnya  sukses dalam proses pembelajarannya
- Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.
Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan dikelas  dengan menyusun beberapa tahapan antara lainÂ
- Menetapkan tujuan pembelajaran
- Menganalisa kebutuhan belajar ,yaitu :
- Kesiapan Belajar Murid ( Readiness )
- Minta Murid
- Profil Belajar Murid
- Menganalisa penerapan 3 Strategi Diferensiasi
- Diferensiasi konten
- Diferensiasi proses
- Diferensiasi Produk
- Penyusunan RPP Berdiferensiasi
- Pelakssanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
Bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal ?