DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
MODUL 2.1
" RPP BERDIFERENSIASI "
Assalamualaikum wr wb...
Salam dan Bahagia,
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan keputusan yang dibuat tersebut adalah yang terkait dengan:
- Kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas.
- Bukan hanya guru yang perlu jelas dengan tujuan pembelajaran, namun juga murid-muridnya.
- Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya.
- Bagaimana guru akan menyesuaikan rencana pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid tersebut. Misalnya, apakah ia perlu menggunakan sumber yang berbeda, cara yang berbeda, dan penugasan serta penilaian yang berbeda.
- Bagaimana guru menciptakan lingkungan belajar yang "mengundang' murid untuk belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuan belajar yang tinggi.
- Bagaimana guru memastikan setiap murid di kelasnya tahu bahwa akan selalu ada dukungan untuk mereka di sepanjang proses belajar mereka.
- Manajemen kelas yang efektif. Bagaimana guru menciptakan prosedur,rutinitas, metode yang memungkinkan adanya fleksibilitas, namun juga struktur yang jelas, sehingga walaupun murid melakukan kegiatan yang mungkin berbeda-beda, namun kelas tetap dapat berjalan secara efektif.
- Penilaian berkelanjutan. Bagaimana guru menggunakan informasi yang didapatkan dari proses penilaian formatif yang telah dilakukan, untuk dapat menentukan murid mana yang masih ketinggalan, atau sebaliknya, murid mana yang sudah lebih dulu mencapai tujuan belajar yang ditetapkan, dan kemudian menyesuaikan rencana dan proses pembelajaran
Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom menyampaikan bahwa kita dapat melihat kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek yaitu :
- Kesiapan belajar murid (readiness)Â
- Minat murid
- Profil belajar murid
Guru dapat mengetahui kebutuhan belajar murid dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa contoh cara-cara yang dapat dilakukan guru untuk mengetahui kebutuhan belajar murid:
- mengamati perilaku murid-murid mereka
- mencari tahu pengetahuan awal yang dimiliki oleh murid terkait dengan topik yang akan dipelajari
- melakukan penilaian untuk menentukan pengetahuan, keterampilan, dan sikap mereka saat ini, dan kemudian mencatat kebutuhan yang diungkapkan oleh informasi yang diperoleh dari proses penilaian tersebut
- mendiskusikan kebutuhan murid  dengan orang tua atau wali murid
- mengamati murid ketika mereka sedang menyelesaikan suatu tugas atau aktivitas
- bertanya atau mendiskusikan permasalahan dengan murid;
- membaca rapor murid dari kelas mereka sebelumnya untuk melihat komentar dari guru-guru sebelumnya atau melihat pencapaian murid sebelumnya berbicara dengan guru murid sebelumnya
- membandingkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan tingkat pengetahuan atau keterampilan yang ditunjukkan oleh murid saat ini
- menggunakan berbagai penilaian diagnostik untuk memastikan bahwa murid telah berada dalam level yang  sesuai
- melakukan survey untuk mengetahui kebutuhan belajar murid
- mereview dan melakukan refleksi terhadap praktik pengajaran mereka sendiri untuk mengetahui efektivitas pembelajaran mereka
- dan masih banyak lagi.
Mendapatkan informasi tentang kebutuhan belajar murid, tidak selalu harus melibatkan sebuah kegiatan yang rumit. Guru yang memperhatikan dengan saksama hasil penilaian formatif, perilaku murid, refleksi murid, dan terbiasa mendengarkan  dengan baik murid-muridnya biasanya akan lebih mudah mengetahui kebutuhan belajar murid-muridnya.  Membuat catatan tentang profil murid juga akan sangat membantu guru menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan murid muridnya.
Dalam praktik pembelajaran berdiferensiasi, proses penilaian memegang peranan yang sangat penting. Guru diharapkan memiliki pemahaman yang berkembang secara terus menerus tentang kemajuan akademik murid-muridnya agar ia bisa merencanakan pembelajaran sesuai dengan kemajuan tersebut. Guru diharapkan dapat mengetahui dimana posisi murid-muridnya saat mereka akan belajar dan mengaitkannya dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Tomlinson & Moon (2013: 18) mengatakan bahwa penilaian adalah proses mengumpulkan, mensintesis, dan menafsirkan informasi di kelas untuk tujuan membantu pengambilan keputusan guru.
Di dalam kelas, kita dapat memandang penilaian dalam 3 perspektif:
- Assessment for learning - Penilaian  yang dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Berfungsi sebagai penilaian formatif. Sering disebut sebagai penilaian yang berkelanjutan (ongoing assessment)
- Assessment of learning - Penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Berfungsi sebagai penilaian sumatif
- Assessment as learning -  Penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan murid-murid  secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Penilaian ini juga dapat berfungsi sebagai penilaian formatif.
Berikut contoh RPP Berdiferensiasi yang pernah saya buat :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
OLEH : MAYA MULYASARI, S.Pd. AUDÂ
                       Â
Satuan Pendidikan      :   TK DHARMA WANITA NGIMBANGAN
Kelompok / Semester    :   B / I
Tema                 :   Makanan Sehat dan Bergizi
Sub Tema             :   Buah ( Jeruk )
Pembelajaran Ke       :   15
Alokasi waktu         :   07.00 -- 09.30 wib
KOMPETENSI INTI (KI)
KI-1 Â Â : Â Â Menerima ajaran agama yang dianutnya
KI-2 Â Â : Â Â Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, man
         diri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan satun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan teman
KI-3 Â Â : Â Â Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara : mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi / mengasosiasikan, dan mengomunikasikan melalui kegiatan bermain
KI-4 Â Â : Â Â Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
Â
KOMPETENSI DASAR (KD), INDIKATOR HASIL PEMBELAJARAN
Â
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR HASIL PEMBELAJARANÂ
1
Mempercayai adanya tuhan melalui ciptaannya (NAM)
2.1 Â Â Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat (FISIK MOTORIK)
2.8 Â Â Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kemandirian (SE)
1.1.2 Â Â Mengenal ciptaan -- ciptaan tuhanÂ
2.1.1 Â Â Makanan bergizi seimbang2.8.1 Â Â Kebiasaan tidak bergantung pada orang lain
2
Kompetensi Pengetahuan
3.6 Â Â Mengenal benda-benda di sekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-cirinya) (KOGNITIF)
3.12 Â Mengenal keaksaraan awal melalui bermain (BAHASA)
3.15 Â Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni (SENI)
3.6.5 Â Â Pengelompokan / memilih berdasarkan warna, bentuk, ukuran, jenis, ciri Â
Â
3.12.6 Membentuk kata dari rangkaian huruf, misal kata "IBU" terdiri dari rangkaian huruf i-b-u
3.15.2 Menyanyi lagu anak
3
Kompetensi Keterampilan
4.6 Â Â Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya (KOGNITIF)
4.12 Â Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya (BAHASA)
4.15 Â Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media (SENI)
4.6.5 Â Â Pengelompokan / memilih berdasarkan warna, bentuk, ukuran, jenis, ciri Â
4.12.6 Membentuk kata dari rangkaian huruf, misal kata "IBU" terdiri dari rangkaian huruf i-b-u
4.15.2 Menyanyi lagu anak
TUJUAN PEMBELAJARANÂ :
Anak dapat mengenal dan membedakan ciptaan -- ciptaan tuhan dengan benar melalui kegiatan tanya jawab tentang Buah Jeruk
Anak dapat menyanyi dengan benar dan lancar melalui metode praktek langsung menyanyi lagu dan tepuk  "Buah Jeruk"
Anak terbiasa mandiri dalam mengerjakan tugas sendiri dari guru melalui metode praktek langsung pada kegiatan mengupas dan makan Buah Jeruk
Anak terbiasa makan makanan sehat dan bergizi melalui metode praktek langsung pada kegiatan mengupas dan Makan Buah JerukÂ
Anak dapat mengelompokkan benda berdasarkan ciri -- ciri tertentu melalui metode pemberian tugas pada kegiatan mengelompokan buah jeruk berdasarkan warna
Anak dapat merangkai huruf menjadi kata melalui metode pemberian tugas pada kegiatan merangkai kartu huruf menjadi kata ( Jeruk ) Â Â Â
MATERI PEMBELAJARAN :
- Sikap percaya adanya tuhan
- Aktivitas seni (menyanyi)Â
- Sikap kemandirian  Â
- Makan makanan sehat dan bergizi
- Mengelompokkan Buah  jeruk berdasarkan warna ( hijau - orange)
- Merangkai kartu huruf menjadi kata ( jeruk ) Â
METODE PEMBELAJARAN :
- Tanya jawabÂ
- Praktek langsung
- Pemberian tugas
MEDIA PEMBELAJARAN :
- Buah JerukÂ
- Kartu huruf ( Flascard )
- Keranjang Â
KEGIATAN PEMBELAJARANÂ :
 Pembukaan (07.00 WIB -- 07.30 WIB)
- SOP pembukaan didalam kelas dan SOP berdoa
- Tanya jawab tentang buah jeruk
- Tanya jawab tentang ciptaan tuhan (NILAI AGAMA DAN MORAL)
- Menyanyi lagu "Buah Jeruk" (SENI)
Â
Inti (07.30 WIB -- 08.30 WIB) Â
- Guru mengajak anak mengamati, meraba dan mencoba buah jeruk yang disediakan
- Guru menanyakan konsep warna dan bentuk buah jeruk  Â
- Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan buah jeruk  Â
- Guru menyampaikan peraturan permainan
- Anak melakukan kegiatan sesuai dengan yang diminati
- Praktek mengupas dan makan Buah Jeruk Sendiri (FISIK MOTORIK) (SOSIAL EMOSIONAL)
- Mengelompokkan buah jeruk berdasarkan warna  ( hijau -- Orange ) (KOGNITIF)
- Menyusun kata " jeruk " dengan menggunakan flascard (BAHASA)
Kegiatan pengaman :
Puzzel buah dan Balok
- Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
Istirahat (08.30 WIB -- 09.00 WIB)
Â
Penutup (09.00 WIB -- 09.30 WIB)
- Tepuk Buah Jeruk
- Menanyakan perasaan selama hari ini
- Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
- Menginformasikan kegiatan untuk besok
- Berdoa, salam dan pulang
PENILAIAN PEMBELAJARAN : Â
Indikator Penilaian Â
Sikap
Anak aktif dalam tanya jawab tentang ciptaan tuhan  (NAM)
Anak mandiri dalam mengerjakan tugas (SOSIAL EMOSIONAL)
Keterampilan
Anak dapat mengupas dan makan buah jeruk (FISIK MOTORIK)
Anak dapat menyanyi dengan benar dan lancar (SENI)
Pengetahuan
Anak dapat membedakan ciptaan tuhan dengan benar (NAM)
Anak dapat mengelompokkan buah jeruk berdasarkan warna ( hijau -- orange ) (KOGNITIF)
Anak dapat merangkai huruf menjadi kata ( jeruk ) dengan benar (BAHASA)
Teknik Penilaian
SKALA CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAKÂ
No.
Indikator penilaian
Teknik
Nama anak
Asyfa
Varo
Indra
1
Anak aktif dalam tanya jawab dan dapat menyebutkan ciptaan tuhan dengan benar (NAM 1.1)
Observasi
Percakapan
2
Anak dapat menyanyi dengan benar dan lancar (SENI 3.15--4.15) Â
Observasi Â
3
Anak dapat mengupas dan makan buah jeruk dengan benar (FM 3.3--4.3)
Unjuk kerja
4
Anak mandiri dalam mengerjakan tugas (SE 2.12)
Observasi
5
Anak dapat mengelompokkan buah jeruk berdasarkan warna ( hijau -- orange ) dengan benar (KOGNITIF 3.6--4.6)
Penugasan Â
6
Anak dapat merangkai flascard huruf menjadi kata ( jeruk ) dengan benar  (BAHASA 3.12--4.12)
Penugasan Â
Â
Keterangan :
- BB Â Â Â : Â Â Belum Berkembang (selalu dibantu guru)
- MB Â Â Â : Â Â Mulai Berkembang (mampu, tapi masih dibantu guru)
- BSH Â Â : Â Â Berkembang Sesuai Harapan
- BSB Â Â : Â Â Berkembang Sangat Baik
Â
CATATAN ANEKDOT
Nama AnakÂ
TempatÂ
WaktuÂ
Peristiwa / PerilakuÂ
Â
CATATAN HASIL KARYA
Nama Anak
Hasil Karya Anak
Hasil Pengamatan
Â
Mojosari, 16 Februari 2023
Guru Kelompok B
Â
MAYA MULYASARI, S.Pd. AUD
Â
RUBLIK PENILAIANÂ
Â
NO
KEGIATAN
PENILAIAN
BB
MB
BSH
BSB
1
Tanya jawab tentang ciptaan tuhan (NAM 1.1)
Anak diam belum antusias mendengarkan tanya jawabÂ
Anak mulai antusias mendengarkan tapi belum mau menjawab pertanyaan
Anak antusias dan mau menjawab pertanyaan
Anak sangat antusias dan mau menjawab pertanyaan dengan benar
2
Menyanyi lagu "buah jeruk" (SENI 3.15--4.15)
Anak diam belum mau menyanyikan lagu "buah jeruk"
Anak mulai mau menyanyikan lagu "buah jeruk"
Anak sudah mau menyanyikan lagu "buah jeruk" tanpa motivasi dari guru
Anak secara konsisten mau  menyanyikan lagu "buah jeruk" tanpa motivasi guru serta dapat memotivasi temannya
3
Praktek mengupas dan makan Buah Jeruk
(FM 3.3--4.3)
Anak diam belum mau mengupas dan makan Buah Jeruk
Anak mulai mau mengupas dan makan Buah Jeruk dengan arahan dan contoh dari guru
Anak sudah dapat mengupas dan makan Buah Jeruk tanpa arahan dan contoh dari guru
Anak secara konsisten dapat mengupas dan makan Buah Jeruk tanpa arahan dan contoh dari guru serta dapat membantu temanya yang masih butuh bantuan
4
Menyelesaikan tugasnya secara mandiri (SE 2.12)
Anak diam belum mau melakukan sendiri
Anak mulai mau melakukan tugasnya dengan arahan dari guru
Anak sudah dapat melakukan tugasnya tanpa arahan dari guru
Anak secara konsisten dapat melakukan tugasnya tanpa arahan guru serta dapat memotivasi temannya
5
Mengelompokkan buah jeruk berdasarkan warna ( hijau -- orange )
(KOG 3.6--4.6)
Anak diam belum mau mengelompokkan buah berdasarkan warna
Anak mulai mau mengelompokkan warna buah dengan bimbingan guru
Anak sudah dapat  mengelompokkan warna buah jeruk tanpa bimbingan guru
Anak secara konsisten dapat mengelompokkan warna buah jeruk tanpa bimbingan guru serta dapat membantu temanya yang masih butuh bantuan
6
Merangkai Flascard huruf membentuk kata (jeruk) (BHS 3.12--4.12)
Anak diam belum mau merangkai huruf menggunakan flascard huruf
Anak mulai mau merangkai huruf menggunakan flascard huruf dengan bimbingan guru
Anak sudah dapat  merangkai huruf dengan flascard huruf tanpa bimbingan guru
Anak secara konsisten dapat merangkai huruf dengan flascard huruf tanpa bimbingan guru serta dapat membantu temanya yang masih butuh bantuan
SKALA CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK
No.
Indikator penilaian
Teknik
Nama anak
Asyfa
Varo
Indra
1
Anak aktif dalam tanya jawab dan dapat menyebutkan ciptaan tuhan dengan benar (NAM 1.1)
Observasi
Percakapan
2
Anak dapat menyanyi dengan benar dan lancar (SENI 3.15--4.15) Â
Observasi Â
3
Anak dapat mengupas dan makan buah jeruk dengan benar (FM 3.3--4.3)
Unjuk kerja
4
Anak mandiri dalam mengerjakan tugas (SE 2.12)
Observasi
5
Anak dapat mengelompokkan buah jeruk berdasarkan warna ( hijau -- orange ) dengan benar (KOGNITIF 3.6--4.6)
Penugasan Â
6
Anak dapat merangkai flascard huruf menjadi kata ( jeruk ) dengan benar  (BAHASA 3.12--4.12)
Penugasan Â
Â
Keterangan :
- BB Â Â Â : Â Â Belum Berkembang (selalu dibantu guru)
- MB Â Â Â : Â Â Mulai Berkembang (mampu, tapi masih dibantu guru)
- BSH Â Â : Â Â Berkembang Sesuai Harapan
- BSB Â Â : Â Â Berkembang Sangat Baik
Â
Â
Mojosari, 16 Februari 2023
Guru Kelompok B
 MAYA MULYASARI, S.Pd. AUD
CATATAN ANEKDOT
Â
Nama AnakÂ
TempatÂ
WaktuÂ
Peristiwa / PerilakuÂ
Â
Â
Mojosari, 16 Februari 2023
Guru Kelompok B
MAYA MULYASARI, S.Pd. AUD
Demikianlah contoh RPP yang pernah saya buat, semoga dapat menjadi referensi dalam penyusunan RPP Berdiferensiasi
Terimakasih...
Salam Guru Penggerak.....
Wassalamualaikum wr wb....
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI