Mohon tunggu...
Maximus Ali Perajaka
Maximus Ali Perajaka Mohon Tunggu... Dosen - Dosen; Penulis

Alumnus STFK Ledalero, Maumere-Flores, Asian Social Institute Manila, Philippines, CCFA Program, Des Moines, Seattle, WA

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

"Komunikasi Sadar Budaya": Penting dan Niscaya (1)

2 Januari 2021   17:59 Diperbarui: 2 Januari 2021   18:06 488
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. pribadi penulis

Pada 28 Oktober 2020, tepat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92, saya mendapat paket  dari Pater Lukas Batomomolin SVD. Paket tersebut berisikan dua buah buku berjudul 'Komunikasi Sadar Budaya -- Nuansa Lain Studi Komunukasi Antar Budaya'. Saya merasa sangat bersyukur dan menganggapnya sebagai 'kado istimewa' karena tiga alasan berikut:

Pertama, buku setebal 491 yang  diterbitkan Yayasan Pustaka Nusantara, Yogjakarta (2020) itu adalah buah refleksi kritis dan kreatif Pater Lukas sendiri setelah  mengeyam pendidikan jurusan International Communication di American University, Washington, DC (lulus tahun 2000),  dan berkarya sebagai bekerja di penerbitan Katolik di Asia Tenggara sejak 2007 hingga sekarang.  Saat ini, Pater Lukas  adalah anggota International Communication Association (ICA) dan National Communication Association (NCA). Dua kali, dia menjadi dosen tamu untuk Lembaga Layanan Luar Negeri Departemen Luar Negeri AS, membantu mendidik para diplomat tentang peran budaya dan agama di Indonesia.

Kedua, Pater Lukas adalah putra Kei-Maluku Tenggara. Namun, sejak 1985, saya  menganggapnya sebagai 'saudara' karena sama-sama berupaya menghidupi spiritualitas Santo Arnold Jansen, pendiri Serikat Sabda Allah (SVD).  Dia menjalani studi filsafat dan teologi di Sekolah Tinggi Fisafat Katolik/Seminari Tinggi Ledalero, Maumere, Flores (1983-1991). Sejak masa kuliah dia rajin menulis, bahkan pernah menjadi pengasuh Seri Buku Vox, terbitan Seminari Tinggi Ledalero. Bahkan, dia pernah menjalani Tahun Orientasi Pastoral (magang) di Kantor Redaksi SKM DIAN dan Flores Pos. Bakat dan kemampuan menulisnya itu telah menginsipirasi banyak adik-adik kelasnya di Ledalero untuk belajar menulis.

Ketiga, selain memperluas wawasan pribadi, buku ini menjadi referensi tambahan  bagi saya dalam mengampu matakuliah Pemahaman Lintas Budaya, kegiatan yang saya lakoni sejak 2007 silam.

Komunikasi dan budaya adalah praktik yang sudah setua peradaban umat manusia. Namun, konsep dan teori  yang mengaitkan komunikasi dan budaya boleh dibilang relatif baru. Ia baru bertumbuh para era Perang Dingin, karena dunia terpolarisasi menjadi dua kekuatan yang terpisah dan bersaing: Timur dan Barat.

Kaitan antara  komunikasi dan budaya, bahkan semakin subur bertumbuh tat kala terjadi perubahan dan kemajuan pesat dalam hubungan ekonomi-bisnis, sistem politik, dan pilihan teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi meruntuhkan sekat-sekat budaya. Perubahan radikal terjadi di banyak bidang kehidupan. Di bidang ekonomi dan bisnisnya, kapitalisme individual dan kelompok berubah menjadi kapitalisme global . Di bidang politik dan pemerintahan, sistem otoritarian dan kedaulatan negara berubah menjadi demokrasi liberal dan penguatan kerjasama global.

Globalisme  mendesak para pelaku bisnis untuk mulai menghargai komunikasi dan budaya. Mereka kemudian giat menawarkan pelatihan bahasa dan program untuk memahami budaya bangsa lain, sehingga para pekau bisnis dapat berkomunikasi, bernegosiasi dan berperilaku selaras dengan nilai-nilai budaya lokal  ketika berada di luar negeri. Sementara itu, di lingkungan pemerintahan, banyak negara mulai mengembangan program pelatihan bahasa dan kebudayaan, sebelum menempatkan diplomat dan stafnya di luar negeri.

Kemudian, pada 1974, Organisasi Kemajuan Internasional (IPO) sebuah LSM internasional berbasis di Viena, dengan dukungan dari UNESCO dan di bawah naungan Presiden Senegal, Lopold Sdar Senghor, mengadakan konferensi internasional pertama tentang "Pemahaman Budaya Bangsa-Bangsa" ( Innsbruck , Austria , 27-29 Juli 1974). Konferensi tersebut mendesak negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengatur penelitian komparatif sistematis dan global tentang budaya yang berbeda di dunia, melakukan semua upaya yang mungkin untuk pelatihan diplomat secara lebih intensif di bidang kerjasama budaya internasional,   dan mengembangkan aspek budaya dari kebijakan luar negeri mereka.

Singkat kata, sejak awal decade 1970-an,  masyarakat dunia semakin menyadari bahwa literasi/pemahaman lintas budaya adalah  elemen penting bagi percepatan kemajuan  di semua bidang kehidupan, mulai dari kesehatan, teknologi, ekonomi-bisnis dan politik-kemananan suatu negara.

Dunia pendidikan tinggi (kampus) merespon kesadaran baru global  itu dengan memasukan perspektif komunikasi lintas budaya dalam kurikulumnya.  Tujuannya tidak lain adalah untuk menghasilkan lulusan yang mampu  "bertransformasi" sehingga  berfungsi secara efektif dan nyaman di dunia yang semakin dicirikan oleh hubungan yang erat dan beraneka ragam serta lintas batas.

Dalam kontek seperti itu, Pater Lukas meyakini bahwa bukunya  dapat dimanfaatkan sebagai suplemen textbook atau bahan ajar dalam bidang komunikasi antar budaya, dan bidang studi lain seperti komunikasi, kesehatan, ekonomi dan bisnis. (hal.10). Bahkan, ia mengharapkan bukunya dapat membawa perspektif baru dalam studi komunikasi antar budaya di Indonesia. Sebab bukunya  memuat tren atau nuansa lain studi  kamunikasi antar budaya, di mana teori-teorinya sedang dtinjau kembali dari aspek historis, epistemologi dan metodologinya.

Orientasi Interdisipliner

Pater Lukas menandaskan bahwa bukan budaya yang berkomunikasi satu sama lain, baik pada level individu, kelompok maupun massa, melainkan manusia dengan latar belakang budaya berbeda. Jadi,  aneka persamaan, terlebih beragam perbedaan antar budaya, adalah konteks di mana umat manusia melangsungka komunikasi. Oleh karena itu, kesadaran pribadi akan keberagamanan bentuk dan ekspresi budaya adalah imperatif agar  sebuah komunikasi berlangsung efektif.

Bagi Indonesia, tulis Pater Lukas, keberagaman budaya masyarakatnya adalah sebuah kekayaan, sekaligus modal yang mesti dimanfaatkan untuk mendukung proses pembangunan guna meraih kesejateraan bangsa dan negara. Langkah strategis menuju ideal ini adalah meningkatkan kesadaran budaya, pada level individual dan kelompok, melalui proses pembelajaran, baik lewat pendidikan formal maupun pengalaman kongkrit sehari-hari. (hal.9).

Dalam visi seperti itu, Pater Lukas meramu bukunya dengan dua tema utama yaitu komunikasi dan budaya. Sebagai titik tolak pembahasan, Pater Lukas, menggunakan pendekatan filosofis Emmanuel Levinas yang mendiskusikan soal 'Sadar Akan Keberdaan Yang Lain'. Menurut Levinas, setiap manusia memiliki tanggung jawab etis terhadap orang lain.

Tanggung jawab (etis) pribadi terhadap orang lain adalah sebuah kewajiban. Sebab, kehadiran dari yang lain adalah sebuah perintah kepada saya untuk menunjukan tanggung jawab etis saya kepadanya lewat ekspresi  Dengan demikian keberadaan saya sebagai pribadi tidak ada artinya tanpa keberadaan pribadi lain. Bahkan, sebagai pribadi, saya tak dapat hidup tanpa diri yang lain itu. Malangnya, kita tidak selalu menghargai keberadaan yang lain sepatansnya. Hal ini menjadi sulit ketika tahu bahwa terdapat perbedaan yang nyara antara diri kita (saya) dan dia dalam hal tertentu, misalnya suku, daerah asal, bahasa, atau pun agama.

Sebagai solusinya, dengan merujuk ke Levinas, Pater Lukas menyatakan bahwa setiap pribadi perlu menyadari transendensi relasi antar pribadi. Bahwa transendensi bukanlan sesuatu yang ilahi saja sifatnya, melainkan adalah juga bagian dari waktu dalam keseharian kita. Oleh karena itu, keadilan dan perlakuan yang wajar kepada satu sama lain itu mesti dimulai dari dalam keluarga, bukan pada level masyarakat luas. Keluarga hendaknya membantu seorang anak untuk belajar tentang relasi antar muka (face to face encounter) dan tanggung jawab etis kepada yang lain (hal.12-21).

Menurut Pater Lukas, komunikasi lintas budaya juga membutuhkan pendekatan interdisipliner dan suatu refleksi kritis. Artinya, komunikasi dan budaya melibatkan literasi di bidang-bidang seperti filsafat, antropologi , studi budaya , psikologi dan komunikasi. Bidang ini juga telah bergerak ke arah perlakuan hubungan antaretnis, dan ke arah studi strategi komunikasi yang digunakan oleh populasi budaya bersama , yaitu, strategi komunikasi yang digunakan untuk menangani populasi mayoritas atau arus utama.*** (bersambung)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun