Mohon tunggu...
Maulani Pradiana
Maulani Pradiana Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru, penulis, pembaca, dan pemimpi.

Berawal dari tenaga medis hingga akhirnya menjadi tenaga Pendidik. Mendalami serta meneliti di bidang kesehatan dan kependidikan. Anime dan drama korea sebagai selingan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Model Pembelajaran Inquiri dan Penerapannya dalam Mapel Biologi SMA

22 Juni 2024   19:12 Diperbarui: 22 Juni 2024   19:45 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Model pembelajaran inkuiri adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dalam mencari dan menemukan sendiri informasi dan pengetahuan melalui proses bertanya, menyelidiki, dan memecahkan masalah. Model ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif siswa, serta mempromosikan pemahaman yang mendalam dan pembelajaran yang bermakna. 

Berikut adalah beberapa ciri utama model pembelajaran inkuiri:

  • Pertanyaan dan Masalah: Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan atau masalah yang relevan dan menantang, yang merangsang rasa ingin tahu siswa.
  • Investigasi: Siswa didorong untuk melakukan penyelidikan mandiri atau berkelompok untuk mencari jawaban atau solusi. Ini melibatkan pengumpulan data, eksperimen, observasi, dan analisis.
  • Interaksi dan Diskusi: Siswa berinteraksi dengan teman sebaya dan guru untuk mendiskusikan temuan mereka, mengajukan pertanyaan tambahan, dan memperbaiki pemahaman mereka.
  • Refleksi: Proses refleksi memungkinkan siswa untuk mengevaluasi apa yang telah mereka pelajari, bagaimana mereka belajar, dan bagaimana pengetahuan baru tersebut dapat diterapkan.
  • Guru sebagai Fasilitator: Guru berperan sebagai fasilitator atau pemandu yang membantu siswa mengarahkan penyelidikan mereka, memberikan dukungan, dan memfasilitasi diskusi.

Langkah-langkah umum dalam model pembelajaran inkuiri adalah sebagai berikut:

  1. Orientasi: Memperkenalkan topik dan memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan pemicu atau situasi masalah.
  2. Merumuskan Masalah: Siswa bekerja untuk merumuskan pertanyaan atau hipotesis yang akan diselidiki.
  3. Merencanakan Penyelidikan: Siswa merencanakan bagaimana mereka akan mengumpulkan data atau informasi yang diperlukan.
  4. Melakukan Penyelidikan: Siswa melaksanakan rencana mereka, mengumpulkan data, melakukan eksperimen, atau melakukan penelitian.
  5. Menganalisis Data: Siswa menganalisis data yang diperoleh, mencari pola atau temuan yang menjawab pertanyaan mereka.
  6. Menyimpulkan dan Menerapkan Pengetahuan: Siswa menyimpulkan temuan mereka, dan mendiskusikan bagaimana pengetahuan baru tersebut dapat diterapkan dalam konteks lain.
  7. Merefleksikan Proses dan Hasil: Siswa dan guru merefleksikan proses pembelajaran untuk memahami apa yang telah dipelajari

Implementasi pembelajaran inkuiri dalam pelajaran biologi untuk siswa SMA kelas 10 dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan eksplorasi, investigasi, dan analisis. Berikut adalah contoh langkah-langkah implementasi pembelajaran inkuiri pada topik "Ekosistem" di kelas 10:

Topik: Ekosistem

Tujuan Pembelajaran:

  1. Siswa memahami komponen-komponen ekosistem.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi interaksi antara komponen biotik dan abiotik dalam suatu ekosistem.
  3. Siswa mampu menganalisis dampak perubahan lingkungan terhadap ekosistem.

Langkah-langkah Implementasi Pembelajaran Inkuiri:

  1. Orientasi (Pendahuluan):

    • Guru memperkenalkan topik dengan mengajukan pertanyaan pemicu: "Apa yang terjadi jika satu spesies dalam ekosistem punah?"
    • Guru menampilkan video pendek atau gambar tentang berbagai ekosistem untuk menarik minat siswa.
  2. Merumuskan Masalah:

    • Siswa bekerja dalam kelompok kecil untuk merumuskan pertanyaan penelitian terkait ekosistem. Contoh pertanyaan: "Bagaimana pengaruh pencemaran air terhadap kehidupan organisme dalam ekosistem sungai?"
    • Setiap kelompok memilih satu pertanyaan penelitian yang akan diselidiki.
  3. Merencanakan Penyelidikan:

    • Siswa merancang rencana investigasi untuk menjawab pertanyaan mereka. Mereka menentukan metode pengumpulan data, seperti observasi lapangan, eksperimen, atau wawancara dengan ahli.
    • Guru memberikan panduan tentang cara merancang eksperimen atau metode pengumpulan data yang valid.
  4. Melakukan Penyelidikan:

    • Siswa melakukan penyelidikan sesuai dengan rencana mereka. Misalnya, jika meneliti ekosistem sungai, mereka mungkin mengunjungi sungai lokal untuk mengamati dan mengumpulkan sampel air, serta mencatat jenis-jenis organisme yang ditemukan.
    • Siswa dapat menggunakan alat seperti mikroskop untuk mengamati organisme kecil atau tes kimia untuk mengukur kualitas air.
  5. Menganalisis Data:

    • Siswa menganalisis data yang telah mereka kumpulkan. Mereka mencari pola atau hubungan antara variabel yang diteliti.
    • Misalnya, siswa dapat menganalisis apakah ada korelasi antara tingkat polusi dan keanekaragaman organisme dalam air sungai.
  6. Menyimpulkan dan Menerapkan Pengetahuan:

    • Siswa menyusun laporan hasil investigasi mereka dan menyimpulkan temuan utama.
    • Mereka mempresentasikan hasil penyelidikan mereka kepada kelas, menjelaskan bagaimana temuan mereka menjawab pertanyaan penelitian awal.
  7. Refleksi:

    • Guru mengadakan sesi refleksi di mana siswa mendiskusikan apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana proses penyelidikan berjalan.
    • Siswa memberikan umpan balik tentang pengalaman mereka dan mendiskusikan cara untuk meningkatkan penyelidikan di masa mendatang.

Evaluasi:

  • Penilaian dilakukan berdasarkan partisipasi siswa dalam setiap langkah proses inkuiri, kualitas data yang dikumpulkan, analisis yang dilakukan, laporan akhir, dan presentasi hasil.

Manfaat dari Implementasi Ini:

  • Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis: Siswa dilatih untuk berpikir logis dan kritis dalam memecahkan masalah nyata.
  • Pembelajaran Aktif: Siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga lebih memahami dan mengingat materi.
  • Keterampilan Kolaborasi: Melalui kerja kelompok, siswa belajar berkolaborasi dan berkomunikasi dengan teman sebaya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun