Mohon tunggu...
maula hikmatul
maula hikmatul Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Saya adalah mahasiswa UIN Bandung jurusan Hukum Pidana Islam yang aktif dan dinamis. Selain menekuni studi hukum, saya menyukai aktivitas luar ruangan, yang menunjukkan kecintaan pada kebebasan dan eksplorasi. Di sisi lain, saya memiliki sisi kreatif dengan hobi membuat kerajinan dan minat terhadap drama musikal, yang memperlihatkan apresiasi saya terhadap seni dan keindahan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosiologi hukum Islam: Menjembatani Syariah dan Realita Sosial

13 Desember 2024   21:21 Diperbarui: 14 Desember 2024   16:42 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sosiologi Hukum Islam: Menjembatani Syariah dan Realitas Sosial

Sosiologi hukum Islam adalah cabang ilmu yang mengkaji interaksi antara hukum Islam dan masyarakat. Ilmu ini mempelajari bagaimana hukum Islam diterapkan dalam masyarakat serta bagaimana norma-norma syariah dipengaruhi oleh perubahan sosial, budaya, dan politik. Sebagai sistem hukum yang bersumber dari wahyu, hukum Islam memiliki karakteristik unik yang menjadikannya relevan sepanjang zaman. Namun, penerapannya dalam masyarakat yang terus berubah memerlukan pendekatan sosiologis untuk menjaga relevansi dan efektivitasnya.

 Pengertian Sosiologi Hukum Islam

Sosiologi hukum Islam adalah studi tentang bagaimana hukum Islam berinteraksi dengan masyarakat dalam konteks sosial tertentu. Kajian ini melibatkan analisis tentang bagaimana norma-norma syariah diterapkan, diterima, atau diubah oleh masyarakat. Pendekatan ini memungkinkan kita untuk memahami hukum Islam bukan hanya sebagai teks normatif, tetapi juga sebagai institusi sosial yang hidup dan berkembang.

Menurut Abdul Wahid Hasyim, sosiologi hukum Islam bertujuan untuk menjelaskan dinamika antara norma-norma syariah dan struktur sosial masyarakat Muslim. Dengan demikian, kajian ini mencakup aspek normatif dan empiris, yaitu hukum Islam sebagaimana yang diatur dalam Al-Qur'an dan Hadis serta bagaimana hukum tersebut diterapkan dalam realitas masyarakat[1]

 

Hubungan Antara Syariah dan Masyarakat

 

Syariah adalah pedoman hidup bagi umat Islam yang mencakup seluruh aspek kehidupan, mulai dari ibadah hingga muamalah. Namun, penerapannya dalam masyarakat tidak selalu berjalan mulus. Faktor sosial, budaya, dan politik sering kali memengaruhi bagaimana syariah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam konteks hukum keluarga, hukum Islam di negara-negara Muslim memiliki variasi dalam penerapannya, tergantung pada konteks sosial dan kebijakan negara tersebut.

 

Di Indonesia, hukum Islam diterapkan melalui lembaga peradilan agama yang menangani masalah pernikahan, perceraian, dan warisan. Namun, implementasi hukum ini tidak terlepas dari pengaruh budaya lokal, seperti adat istiadat yang masih dihormati dalam masyarakat tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa hukum Islam dalam praktiknya tidak terlepas dari konteks sosial di mana ia diterapkan.[2]

 

Perubahan Sosial dan Hukum Islam

 

Perubahan sosial adalah salah satu tantangan terbesar dalam penerapan hukum Islam. Dalam masyarakat modern yang dinamis, banyak masalah baru yang muncul, seperti transaksi digital, bioetika, dan kejahatan siber. Hal ini memerlukan interpretasi baru terhadap hukum Islam agar tetap relevan dengan kebutuhan zaman. Sebagai contoh, hukum riba dalam transaksi keuangan menjadi perdebatan dalam konteks ekonomi modern. Bank syariah sebagai salah satu solusi menghadirkan sistem keuangan berbasis syariah yang mencoba menjawab tantangan ekonomi global. Namun, implementasinya masih menghadapi berbagai kendala, seperti kurangnya pemahaman masyarakat dan regulasi yang belum sepenuhnya mendukung.[3]

 

Pendekatan Sosiologi dalam Kajian Hukum Islam

 

Pendekatan sosiologi dalam hukum Islam berfokus pada tiga aspek utama:

 

  • Interaksi Sosial: Bagaimana norma-norma hukum Islam diterima, ditolak, atau dimodifikasi oleh masyarakat. Misalnya, hukum tentang jilbab di berbagai negara Muslim menunjukkan perbedaan penerapan yang dipengaruhi oleh budaya lokal dan kebijakan negara.
  •  
  • Struktur Sosial: Bagaimana struktur sosial memengaruhi penerapan hukum Islam. Di negara-negara dengan mayoritas Muslim, hukum Islam sering kali menjadi bagian dari sistem hukum nasional. Namun, di negara minoritas Muslim, penerapan hukum Islam lebih banyak bergantung pada komunitas Muslim itu sendiri.
  •  
  • Perubahan Sosial: Bagaimana hukum Islam merespons perubahan sosial, seperti globalisasi dan modernisasi. Misalnya, dalam masalah teknologi reproduksi seperti bayi tabung, hukum Islam perlu memberikan panduan yang sesuai dengan prinsip syariah dan perkembangan ilmu kedokteran.[4]

 

Tantangan Penerapan Hukum Islam di Era Modern

 

Globalisasi dan Modernisasi

 

Globalisasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk hukum. Interaksi antarbudaya dan teknologi informasi menciptakan tantangan baru bagi hukum Islam. Misalnya, dalam konteks transaksi digital, seperti cryptocurrency, hukum Islam perlu memberikan panduan tentang kehalalan dan keadilan transaksi ini.

 

Konflik Budaya dan Nilai

 

Dalam masyarakat multikultural, hukum Islam sering kali menghadapi konflik dengan budaya lokal. Sebagai contoh, praktik pernikahan dini di beberapa daerah dianggap sebagai bagian dari tradisi, tetapi dalam hukum Islam, hal ini harus memenuhi syarat-syarat tertentu untuk melindungi hak-hak anak.

 

Krisis Otoritas

 

Salah satu tantangan utama adalah krisis otoritas dalam penafsiran hukum Islam. Di era digital, banyak pihak yang mengklaim sebagai otoritas dalam hukum Islam tanpa memiliki kualifikasi yang memadai. Hal ini berpotensi menciptakan kebingungan dalam masyarakat.[5]

 

Solusi untuk Tantangan Kontemporer

 

Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan pendekatan yang inklusif dan kolaboratif antara ulama, akademisi, dan pakar dari berbagai bidang. Berikut beberapa solusi yang dapat diterapkan:

 

  • Peningkatan Pendidikan Hukum Islam: Pendidikan tentang hukum Islam harus mencakup aspek normatif dan empiris, sehingga mampu menghasilkan pemahaman yang komprehensif.
  •  
  • Ijtihad Kontemporer: Menggunakan metode ijtihad untuk menjawab persoalan baru dalam masyarakat modern, seperti masalah keuangan digital dan bioetika.
  •  
  • Kerjasama Antar Disiplin: Melibatkan pakar dari berbagai bidang, seperti teknologi, ekonomi, dan sosiologi, untuk memberikan pandangan yang komprehensif dalam penyelesaian masalah hukum Islam.
  •  
  • Penguatan Otoritas Ulama: Memastikan bahwa hanya pihak-pihak yang memiliki kualifikasi memadai yang dapat memberikan fatwa atau panduan hukum Islam.[6]

 

Sosiologi hukum Islam adalah pendekatan penting untuk memahami interaksi antara hukum Islam dan masyarakat. Dengan menganalisis dinamika sosial, budaya, dan politik, kita dapat memahami bagaimana hukum Islam diterapkan dalam konteks yang berbeda. Di era modern, pendekatan ini semakin relevan untuk menjawab tantangan globalisasi dan perubahan sosial. Melalui pendekatan sosiologis, hukum Islam dapat terus beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat tanpa mengorbankan prinsip-prinsip dasarnya. Dengan pendidikan, ijtihad, dan kolaborasi yang tepat, hukum Islam dapat menjadi panduan yang relevan dan adil bagi umat manusia di era modern.

 

 

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun