Mohon tunggu...
Muhamad Supriadi
Muhamad Supriadi Mohon Tunggu... Guru - Aktif

The steps I have wanted to offer to the quality of my life and all those who love life

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bagaimana Pendekatan dalam Filsafat Pendidikan Islam

4 November 2019   20:58 Diperbarui: 22 Juni 2021   20:48 2291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagaimana melakukan pendekatan terhadap Filsafat Pendidikan Islam? Sebagai seorang muslim tentu mengetahui proses pendekatan pendidikan Islam sangatlah penting. Apalagi pergolakan pemikiran di kalangan masyarakat berkembang dengan masif.

Dalam masalah pendidikan Islam permasalahan dipecahkan dengan berbagai pendekatan sesuai dengan permasalahannya, Di antara pendekatan yang di gunakan adalah sebagai berikut:

A. Pendekatan Wahyu

Islam adalah sebuah keyakinan yang pokok ajarannya berasal dari Al-Qur'an dan Hadis. Dalam menyelesaikan permasalahan Pendidikan Islam, metode pendekatan wahyu digunakan dalam upayah menggali, menafsirkan, dan menta' wilkan argumen yang bersumber dari pokok ajaran Islam.

Konsep pendidikan Islam dengan landasan keyakinan bahwa ajaran yang bersifat wahyu merupakan petunjuk yang harus diikuti. Dengan konsep ini metode filsafat pendidikan Islam berangkat dari kepercayaan (keyakinan) untuk mendapatkan kebenaran yang hakiki.

Metode pendekatan wahyu berbeda dengan metode dialektika yang digunakan Socrates, sebagai metode dasar penyelidikan filsafat. Metode dialektika berangkat dari sikap ragu terhadap kebenaran dan berusaha mencari kebenaran baru sebagai alternatif.

Dengan konsep pendekatan wahyu, maka usaha yang dilakukan oleh para filosof dan ahli pendidikan islam hanya pada pengalihan bahasa kebenaran wahyu kedalam bentuk filsafat pendidikan islam yang bersifat konsepsional.

Baca juga : Dokrin Filsafat Ilmu, dan Fenomena "Post Truth"

B. Pendekatan Spekulatif

Pendekatan Spekulatif dilakukan dengan cara memikirkan, mempertimbangkan, dan menggambarkan suatu objek untuk mencari kebenaran atau hakikat yang sebenarnya. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang umum dipakai dalam filsafat. 

Pendekatan ini sangat bermanfaat dalam pendidikan untuk mengetahui hakikat banyak objek Pendidikan seperti hakikat manusia, kurikulum, tujuan, proses, materi, pendidik, peserta didik, evaluasi, dan sebagainya.

C. Pendekatan Ilmiah

Pendekatan Ilmiah menggunakan metode ilmiah dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pendidikan di masyarakat. 

Sasaran pendekatan ilmiah adalah problematika pendidikan kontemporer, yang berkaitan dengan kehidupan kekinian

Baca juga : 3 Aspek Utama Dalam Kajian Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi

D. Pendekatan Konsep

Melalui pendekatan ini bisa diketahui bagaimana konsep-konsep pendidikan islam dari zaman ke zaman, faktor-faktor yang mempengaruhi perubahannya, serta latar belakang yang mendorong munculnya konsep-konsep tersebut.

Pendekatan Konsep digunakan untuk mengkaji hasil karya ulama dan ahli pendidikan islam di masa-masa silam.

Dengan kajian pendekatan konsep dapat diketahui persamaan dan perbedaan antara konsep-konsep yang dihasilkan para pemikir pendidikan islam di zamanya masing-masing. Manfaat mengkaji karya para pemikir pendidikan islam tersebut antara lain: 

  1. Mengetahui bagaimana perkembangan  filsafat pendidikan islam pada setiap   zaman.

  2. Mengetahui hasil karya para pemikir     pendidikan islam.

  Baca juga : Hubungan Filsafat Ilmu dengan Metafisika

  3. Melanjutkan rangkaian pemikiran   yang masih relevan sambil melakukan   perbaikan-perbaikan pada hal-hal yang   perlu disesuaikan dengan perkembangan   zaman dan tuntutan lingkungan.

  4. Menghindari pola pikir jamping, dengan mengabaikan hasil pemikiran para pakar pendidikan sebelumnya.

Itulah beberapa Pendekatan Dalam Filsafat Pendidikan Islam, yang dilangsir dalam buku Filsafat Pendidikan Islam; Analisis filosofis Sistem Pendidikan Islam, karya Prof. DR. H. Ramayulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun