Mohon tunggu...
Mas Ponijah
Mas Ponijah Mohon Tunggu... Guru - Guru PJOK di SD Negeri Godean 2

Saya adalah seorang pendidik di SD Negeri Godean 2. Memberikan pengajaran kepada siswa terkait materi pendidikan jasmani olahraga.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Penggunaan Media Audio Visual Materi Gerak Berirama

30 November 2023   12:14 Diperbarui: 30 November 2023   12:26 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penyusunan praktik baik (best practice) ini dilakukan sebagai motivasi diri untuk dapat mendesain pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik. Praktik pembelajaran ini bisa digunakan sebagai referensi dan inspirasi guru-guru lain.

Peran dan tanggungjawab saya terhadap praktik ini adalah mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan dengan menggunakan media audio visual serta strategi pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) dalam meningkatkan minat siswa terhadap materi PJOK gerak berirama pada siswa kelas 2 (dua) SD Negeri Godean 2.

Tujuan yang ingin dicapai melalui praktik pembelajaran yang dilakukan adalah siswa dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan dan memahami variasi gerak lokomontor dan non lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) dalam aktivitas gerak berirama sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada elemen gotong royong dan mandiri.

Deskripsi pembelajaran berikut ditulis menggunakan kerangka STAR (situasi, tantangan, aksi, refleksi) yang susai dengan kondisi riil di kelas.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:

  • Minat siswa yang rendah pada materi pembelajaran sehingga siswa merasa bosan.
  • Metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran senam irama terlalu monoton
  • Siswa belum hafal dengan gerakan, dan memilih untuk tidak melakukan gerakan senam karena merasa takut.
  • Keterampilan guru yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran
  • Guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Praktik baik ini penting untuk dibagiakan karena dapat memberikan dampak positif atau perubahan-perubahan serta inovasi pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya. Praktik ini memberikan motivasi dan solusi untuk saya pribadi, atau orang lain. Menggunakan pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih fokus dan berminat untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang direncanakan.

Peran dan tanggungjawab saya dalam praktik ini yaitu sebagai seorang guru yang melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri juga hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun cara agar tujuan tersebut tercapai yakni dengan mengimplementasikan media dan metode pembelajaran yang tepat, variatif dan inovatif sesuai dengan tujuan pembelajaran.

            Hal-hal yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan adalah sebagai berikut:

  • Keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang inovatif dan juga kreatif.
  • Masih ada siswa yang kurang aktif dalam diskusi dan masih ada siswa yang kurang percaya diri dalam mempraktikkan gerak berirama.

Guru, siswa dan rekan sejawat ikut terlibat dalam mencapai tujuan tersebut. Guru bertanggungjawab menyusun perencanaan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Siswa berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran sehingga mendapat hasil yang memuaskan dengan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Rekan sejawat memberikan bantuan dan dukungan kepada guru untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan harapan.

           Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut yakni:

  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi perseta didik
  • Pengunaan metode dan model pembelajaran yang tepat yang sesuai denagan materi
  • Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik
  • Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disesuikan dengan sintak model pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam Modul Ajar
  • Menumbuhkan motivasi peserta didik
  • Menyajikan materi melalui video pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik.

Strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan yaitu memilih untuk menggunakan media audio visual berupa video senam irama potong bebek angsa. Strategi pembelajaran yang digunakan guru tersebut dipilih dari pembelajaran yang mudah dipahami oleh peserta didik dengan memanfaatkan video yang dibuat sendiri. Selain menggunakan media audio visual guru juga melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran dipilih dan dirancang oleh guru dalam modul ajar disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang telah dipilih. Melalui sintaks kegiatan pembelajaran, guru membuat permainan yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan minat pada pembelajaran.

Proses untuk menghadapi tantangan yang dilakukan yaitu dengan memahami sintaks model pembelajaran. Sintaks pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mataeri yang akan dipelajari oleh siswa yaitu gerak berirama. Gerak berirama dipelajari menggunakan media audio visual dirancang oleh guru dengan membuat gerakan yang disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas 2 (dua) SD. Selama pembelajaran berlangsung, guru membimbing siswa dalam menyelesaikan gerakan senam irama dengan baik secara individu maupun kelompok. Pembelajaran diakhiri dengan evaluasi dan refleksi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

Guru, siswa, dosen dan guru pamong, serta rerkan sejawat ikut terlibat dalam pelaksanaan praktik. Guru menjadi fasilitator yang membimbing siswa selama proses pembelajaran. Siswa sebagai subjek dalam proses pembelajaran. Dosen dan guru paming sebagai pembimbing pelaksanaan pembelajaran. Rekan sejawat yang telah membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.

Sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan strategi yaitu kepala sekolah dan guru rekan dengan melakukan koordinasi. Sumber belajar yang relevan dengan kurikulum Merdeka pada muatan pelajaran PJOK materi gerak berirama kelas dua. Proses pembelajaran yang berlangsung juga membutuhkan internet, proyektor, audio atau pengeras suara untuk menunjang kegiatan.

Berdasarkan hasil pembelajaran yang saya lakukan dikelas dengan menggunakan media audio visual dapat memudahkan siswa dalam mempelajari gerakan dalam senam. Siswa menjadi lebih bersemangat dan tidak cepat bosan. Sehingga keaktifan dan kemampuan berpikir siswa dapat ditingkatkan.

Hasil praktik ini efektif, siswa lebih bersemangat, lebih berani dalam memperagakan gerakan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari tingkat partisipasi siswa untuk melakukan senam irama. Gerakan dengan menggunakan media juga mempermudah siswa untuk mengingat.

Respon orang lain terkait dengan praktik yang dilakukan sangat baik. Dari teman sejawat, secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dengan baik dan menjadikan siswa dapat terlibat secara aktif. Siswa merasa senang dengan proses pembelajaran yang berlangsung karena dapat terlibat secara langsung, dan kegiatannya menarik, menyenangkan, serta mudah dipahami.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan dari penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran, media pembelajaran serta langkah-langkah pelaksanaan dalam modul ajar yang telah dibuat. Guru telah menguasai sintaks pembelajaran yang dipilih. Media yang digunakan juga dibuat sendiri oleh guru, sehingga lebih mudah untuk diingat. Guru juga telah menguasai langkah-langkah pelaksaan pembelajaran.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru yakni dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran serta media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

KESIMPULAN

  • Minat siswa yang masih rendah terhadap materi gerak berirama membuat guru tertarik untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif. Guru menggunakan media audio visual untuk meningkatkan minat siswa pada materi gerak berirama. Praktik ini dapat digunakan sebagai referensi dan inspirasi untuk guru-guru lain. Tantangan dalam mencapai tujuan tersebut adalah keterbatasan waktu dan rasa percaya diri siswa yang berpengaruh pada proses pembelajaran. Guru, siswa, dosen dan guru pamong serta rekan sejawar ikut terlibat dalam proses pembelajaran. Dalam menghadapi tantangan tersebut guru menggunakan media audio visual agar pembelajaran lebih efektif dan mempersingkat waktu. Siswa juga diajak untuk tetap percaya diri dalam mempraktikkan kegiatan belajar.
  • Guru telah menyiapkan rancangan modul ajar yang disesuaikan dengan sintaks pembelajaran yang dipilih. Menggunakan sumber daya dan materi yang diperlukan seperti internet, proyektor, laptop, pengeras suara, dan video materi senam irama potong bebek angsa. Berdasarkan kegiatan tersebut, siswa menjadi lebih bersemangat dan aktif dalam. Siswa menunjukan kemampuan gerak berirama dengan baik. Respon siswa merasa senang dengan kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun