Kamis (6/2), Suzuki meluncurkan Tim Grandprix motornya di Sirkuit Sepang, Malaysia. Untuk musim 2020, tim asal Hamamatsu itu masih mengandalkan duet pebalap muda asal Spanyol, Alex Rins dan Joan Mir. Menanggapi kehadiran GSX-RR versi mutakhir, Manajer Teknik Ken Kawauchi optimis menatap musim 2020 yang akan mulai bergulir sebulan lagi.
Motor Suzuki Dari Tahun ke Tahun
Suzuki adalah salah satu pabrikan teraktif yang mengikuti grandprix motor. Di samping Honda dan Yamaha tentunya. Di era 2000-an, pabrikan yang akrab dengan kelir biru itu sempat mundur selama beberapa tahun namun kembali lagi ke lintasan pada 2015.
Dengan semangat untuk menurunkan emisi gas buang dan keselamatan pebalap, Dorna sebagai penyelenggara grandprix motor menggeser penggunaan mesin 2 tak 500 cc ke mesin 4 tak dengan kubikasi 1000 cc di kelas utama.Â
Aturan itu mulai diterapkan pada musim 2002 selepas Dorna diminta partisipasinya dalam mematuhi aturan tentang emisi gas buang di daratan Eropa.
Dalam masa transisi itu, sebagian tim masih menggunakan motor-motor 2 tak tergantung kesiapan masing-masing.Â
Dorna sempat mengubah aturan kubikasi mesin menjadi 800 cc pada 2007, namun mengembalikannya ke maksimum 1000 cc pada 2012.
Dari sekian tahun keikutsertaan di era 4 tak, mesin Suzuki setidaknya mengalami 3 kali transformasi. Berikut ini secara garis besarnya.Â
Generasi Pertama (seri GSV-R XRE)
Pertama kali diturunkan di lintasan pada 2002. Juara dunia GP 500cc tahun 2000, Kenny Roberts, Jr menjadi rider pertama yang mengendarai mesin 4 tak Suzuki bersama Sete Gibernau. Generasi pertama mesin 4 tak Suzuki berkonfigurasi V 60° dengan kapasitas 990 cc. Performa yang kurang mumpuni membuat capaian Roberts, Jr dan Gibernau jeblok dan hanya mampu mengekor Honda dan Yamaha.
Generasi XRE dikembangkan Suzuki hingga 2006. Capaian terbaik GSV-R XRE4 adalah podium ke dua di seri Australia saat digeber pebalap tuan rumah, Chris Vermeulen.
Generasi ke Dua (seri GSV-R XRG)
Perubahan kubikasi mesin dari 1000 cc ke 800 cc pada 2007 diikuti Suzuki dengan pengembangan mesin baru yang kemudian menghasilkan seri baru pula, GSV-R XRG0.Â
John Hopkins dan Chris Vermeulen didaulat untuk menjadi pebalap tim yang disponsori oleh pabrikan kertas rokok asal Spanyol, Rizla+.
Capaian mereka di klasemen akhir membaik, Hopkins berada di peringkat ke-4 dan Vermeulen di posisi ke-6.
Sedangkan posisi finish terbaik didapatkan Suzuki melalui Chris Vermeulen saat pebalap bernomor 71 itu menjuarai balap di lintasan basah GP Perancis .
Suzuki menghentikan pengembangan mesin V4-nya pada penghujung 2011 akibat resesi dan memutuskan untuk undur diri dari ajang grandprix motor. Pasukan Paul Denning memungut bendera Suzuki dari paddock dan Bautista berlabuh ke Honda Gresini di musim 2012.
Generasi ke Tiga (GSX-RR)
Pada gelaran 2015, Suzuki kembali dengan motor yang benar-benar baru. Meninggalkan konfigurasi mesin V4, Suzuki menghadirkan motor berkapasitas 990 cc inline 4. Performa racikan inline 4 pertama pabrikan Hamamatsu tak berbeda jauh dengan pendahulunya.Â
Kemenangan ke-2 Suzuki di era 4 tak baru diraih pada 2016 melalui Maverick Vinales di GP Inggris. Vinales yang diharapkan menjadi pengembang GSX-RR akhirnya hengkang ke Yamaha pada 2017.
Manajer tim, Davide Brivio harus mengail talenta muda dan didapatlah Alex Rins yang kini menjadi ujung tombak Suzuki di lintasan.Â
Kompetitipnya Suzuki ditandai dengan 2 kemengan yang diraih Rins pada 2019. Berhasil mengasapi Valentino Rossi di GP Amerika Serikat dan Marc Marquez di GP Inggris mengantarkan harapan bagi tim biru.
Kini, dengan semangat 60 tahun keikutsertaannya di dunia balap, Suzuki menghadirkan GSX-RR dengan racikan mutakhir yang diyakini lebih kompetitif dari tahun lalu.Â
Pada tes pra-musim di sirkuit Jerez pada akhir November tahun lalu, catatan waktu Alex Rins berada di posisi ke-3 sedangkan Joan Mir betengger di peringkat ke-5.
Sementara di hari pertama tes di sirkuit Sepang, Rins menorehkan waktu terbaik ke tiga setelah duet pebalap Yamaha Petronas SRT, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.
Bagaimana kans Suzuki di tahun ini?Â
Kita tunggu saja betotan gas dan manuver Alex Rins serta Joan Mir di balap yang akan berawal di sirkuit Losail Qatar pada 8 Maret mendatang.
Penasaran dengan tampang terbaru GSX-RR? Pantengin video ini, gaes.
Sumber :Â Bennetts.co.uk, Motogp.com, Youtube
Baca juga artikel lainnya:
- Tersingkirnya Rossi dari Tim Pabrikan dan Skenario Setelahnya
- Anies Baswedan Soal "Menjadi" Gubernur Indonesia
- Rocky Gerung Singgung Ma'ruf Amin, GP Ansor Bergerak
- Panik, Kucing pun Jadi Korban Virus Korona
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI