Saat membangun sebuah usaha, bukan hanya persoalan modal dan tempat usaha saja yang menjadi prioritas, terkadang mayoritas orang melupakan satu hal kecil yaitu brand positioning. Mungkin bagi sebagian orang istilah yang satu ini terdengar asing. Namun, siapa sangka kalau istilah strategi marketing yang satu ini banyak digunakan oleh para pelaku usaha di berbagai situasi dan kondisi.
Â
Menurut Kotler dan Keller, brand adalah nama, istilah, tanda, lambang, design atau kombinasinya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari satu penjual atau banyak dan untuk memberitahu diferensiasi dari pesaing.
Menurut Tjiptono dan Chandra, positioning memiliki makna sebagai tindakan untuk merancang penawaran dan citra perusahaan untuk meraih tempat khusus dan unik dalam benak konsumen sehingga dipersepsikan lebih unggul dibandingkan pesaing. Menurut Kotler dan Keller, positioning adalah kegiatan merancang citra perusahaan dan apa yang ditawarkannya untuk ditanamkan dalam benak konsumen atau target pasar.
Jadi dapat disimpulkan brand positioning adalah sebuah cara atau strategi yang digunakan perusahaan untuk membangun citra atau image sebuah produk di benak pelanggan untuk memaksimalkan keuntungan yang potensial bagi perusahaan.
Berikut adalah jurus jitu brand positioning yang perlu pengusaha pahami :
1.Differentiate
Merupakan bentuk aktivitas yang dilakukan dalam bisnis ketika mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli tertentu. Untuk melakukannya, pengusaha perlu membuat produk yang berbeda-beda sesuai dengan masing-masing segmen pasar yang ada. Dengan begitu, jumlah penjualan barang dan jasa bisa lebih meningkat serta bisa mendapat posisi yang kuat di setiap segmen pasar.
Dengan menggunakan differentiate menunjukan bahwa bisnis anda mempunyai unique selling point tertentu dan mampu menarik perhatian audien. Pada dasarnya differentiate menciptakan tentang who you are dan who you serve yang artinya bisnis atau usaha apa yang menawarkan jasa atau produk apa.
2.Reasonable Pcicing Strategy
Dalam berbisnis, strategi penentuan harga merupakan hal yang sangat penting. Strategi penetapan harga atau pricing strategy berkaitan erat dengan pemasaran dan berimbas langsung pada hasil penjualan. Saat harga produk anda tinggi karena pertimbangan kualitas dan eksklusivitas, maka harga tersebut akan lebih terasa wajar di mata customer.
3.Magnifying Message
Pesan yang jelas akan memperkuat gambaran untuk menyampaikan story telling yang clear, kreatif, dan well-delivered kepada audiens. Contoh dalam pembuatan tagline, strategi branding yang diterapkan oleh restoran ikan enak yaitu menciptakkan tagline ahlinya sup ikan. Tagline ini didasari pada menu andalan mereka, yaitu sup ikan yang mana sumber bahan baku ikannya didapat secara langsung. Harapan dengan menerapkan tagline tersebut dapat menciptakan positioning yang berbeda dari restoran lainnya.
4.Competitive Advantage
Pengertian competitive advantage merupakan suatu keadaan dimana perusahaan memiliki penawaran yang tidak bisa ditiru oleh pesaingnya. Dengan mengetahui keunggulan kompetitif ini, maka perusahaan akan lebih berpeluang untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.
Dengan competitive advantage akan memperjelas value dan kekuatan bisnis anda di tengah kompetisi, sehingga mampu meningkatkan sales, market share, customer loyalty, menarik customer baru, dan sebagainya.
"The act of designing the company's offering anda image to occupy a distinctive place in the mind of the target market" ~ Kotler
Saat Anda menjual produk atau jasa kepada target pasar kemudian menawarkan sejumlah benefit, customer akan mengenali satu core benefit yang jadi pembeda paling mendasar itulah brand positioning.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H