Mohon tunggu...
Maryanti
Maryanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

hanya seorang mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sistem Pengendalian Manajemen Perusahaan Nippon Indosari Corpindo tbk

23 Juni 2024   21:35 Diperbarui: 23 Juni 2024   22:07 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Profil Perusahaan 

PT Nippon Indosari Coperindo berdiri sejak tahun 1995 sebagai penanaman Modal Asing dan saat ini berkantor di Jababeka Blok W, Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi,Jawa Barat. Peseroan yang bergerak dalam bidang usaha industri roti, kue dan jenis roti lainnya. Dalam menjalankan kegiatannya, perseroan melakukan aktivitas usahanya dengan mendirikan pabrik roti, memproduksi, memasarkan dan menjual roti tawar dan segala jenis roti lainnya. 

Visi 

Senantiasa tumbuh dan mempertahankan posisi sebagai perusahaan roti terbesar di Indonesia melalui penetrasi pasar yang 8 lebih luas dan dalam dengan menggunakan jaringan distribusi yang luas untuk menjangkau Konsumen di seluruh Indonesia.

Misi 

Memproduksi dan mendistribusikan beragam produk yang halal, berkualitas tinggi, higienis dan terjangkau bagi seluruh Konsumen Indonesia.

Penganggaran dan Keuangan 

Anggaran Dasar Perusahaan Nippon Indosari Corpindo Tbk. mencakup beberapa indikator penting dan mengikat secara hukum bagi PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk. Hal ini termasuk informasi mengenai perusahaan, tujuan perusahaan, permodalan, badan perusahaan, serta laporan keuangan tahunan dan konsolidasi, dan pembagian laba perusahaan. didalamnya terdapat Penganggaran Operasional, modal, kas, aspek keuangan, pajak, manajemen risiko keuangan, pembiayaan, strategi keuangan lainnya.

Perencanaan Strategis dan Operasional 

Strategi Perseroan jaringan distribusi tradisional adalah lebih fokus pada area pemukiman dan pinggiran kota serta menjaga hubungan yang solid dengan setiap distributor dan agen. Pertumbuhan pabrik-pabrik dalam perluasan dan jangkauan distribusi produk menjadi hal utama terkait strategi perusahaan. khususnya dalam menangkap lebih banyak peluang pertumbuhan bisnis dari wilayah barat dan timur Indonesia. Selain itu, perhatian terhadap operasional yakni pembiayaan dan penggunaan bahan baku, risiko-risiko dari penggunaan bahan baku serta dampak atas lingkungan dan sekitar pun dijadikan pertimbangan dalam perencanaan terkait operasional. 

Pelaksanaan dan Pengukuran Kinerja 

Terkait perencanaan strategis perluasan perusahaan yakni telah hadir 14 pabrik berada di lokasi-lokasi strategis di seluruh Indonesia, dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 5,1 juta potong roti per hari. Penilaian kinerja & kebijakan perusahaan yang dikelola melalui proses yang berkelanjutan dan responsif antara karyawan dengan manajer lini, di mana adanya proses coaching, mentoring, dan pemberian umpan balik antara karyawan dengan manajer lini, sehingga karyawan dapat mengetahui posisi mereka dalam hal kinerja dan pencapaian di sepanjang tahun.

Pengawasan dan Evaluasi Kinerja 

Setiap strategi direncanakan dan dievaluasi secara menyeluruh, kemudian dilaksanakan dengan kehati-hatian. Terdapat Dewan Komisaris secara berkala melakukan pertemuan dengan Direksi untuk meninjau rencana strategis Perseroan dan memberikan saran atas keputusan besar yang akan berdampak pada tindakan di masa depan. terdapat pengawasan internal yang dibentuk Dewan Komisaris yaitu Komite Audit dan Komite Nominasi dan Remunerasi. dan eksternal yaiitu auditor eksternal. 

Perbandingan Kondisi dan Teori

apabila dibandingkan teori sistem pengendalian manajemen dengan kenyataannya terdapat perbedaan yang cukup besar. Teori sistem pengendalian manajemen menjelaskan tahapan-tahapan terkait hal-hal yang harus dilakukan untuk menunjang kinerja perusahaan searah dengan tujuannya. Namun, pada kenyataannya di PT Nippon Indosaro Corpindo Tbk menjelaskan lebih banyak dan rinci dalam hal aspek yang kendalikan, siapa yang mengendalikan, cara untuk mengendalikan hingga risiko-risiko yang kemungkinan terjadi dan cara menanggulanginya. Maka, dalam hal ini perusahaan tentunya telah membuat dan melaksanakan kewajibannya terkait sistem pengendalian manajemen sebaik mungkin dengan kebijakan yang tepat dan pengawasan yang ketat. 

terimakasih.

oleh : 

MARYANTI 

MAHASISWI PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS PAMULANG

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun