Mohon tunggu...
Marwan si Guru Rimba
Marwan si Guru Rimba Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika, Pelatih dan Pembina Pramuka, CGP Angkatan 8, Pendamping Program WIT 2023, Runner Up Duta Teknologi 2022

I'm a mathematic teacher at SMK Kehutanan Negeri Makassar, with glasses, love mathematic and Scout

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

LESTARI: Inovasi Pembelajaran Matematika Terdiferensiasi

29 September 2024   20:04 Diperbarui: 29 September 2024   20:08 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Latar Belakang

Pembelajaran matematika, khususnya konsep relasi dan fungsi, seringkali dianggap sebagai materi yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Untuk mengatasi hal ini, inovasi pembelajaran LESTARI (Learning Station Relasi dan Fungsi) hadir sebagai solusi yang menarik dan efektif. Model pembelajaran ini menggabungkan berbagai metode pembelajaran aktif dengan pemanfaatan teknologi, sehingga siswa dapat belajar secara lebih menyenangkan dan bermakna.

LESTARI: 5 Stasiun untuk Memahami Relasi dan Fungsi

Pembelajaran LESTARI dirancang dengan 5 stasiun yang saling melengkapi, memberikan pengalaman belajar yang bervariasi bagi siswa. Setiap stasiun memiliki fokus yang berbeda, namun saling berkaitan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep relasi dan fungsi. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai setiap stasiun:

  1. Stasiun 1: Fungsi dan Operasinya

    • Aktivitas: Siswa secara mandiri memilih dua fungsi (f(x) dan g(x)) dari berbagai pilihan yang telah disediakan. Kemudian, mereka diminta untuk menentukan hasil operasi fungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan komposisi) dari potongan fungsi yang mereka pilih.
    • Tujuan: Membangun pemahaman konseptual tentang operasi-operasi pada fungsi dan melatih keterampilan manipulasi aljabar.
  2. Stasiun 2: Video Pembelajaran dari Rumah Belajar

    • Aktivitas: Siswa menonton video pembelajaran tentang relasi dan fungsi yang tersedia di Rumah Belajar. Setelah menonton, siswa diminta membuat rangkuman materi yang paling penting.
    • Tujuan: Memperkuat pemahaman konsep melalui visualisasi dan penjelasan yang lebih mendalam.
  3. Stasiun 3: Menyelesaikan Soal pada PMM

    • Aktivitas: Siswa mengunduh modul ajar dari Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang berisi soal-soal latihan tentang relasi dan fungsi. Mereka kemudian menyelesaikan soal-soal tersebut secara mandiri atau berkelompok.
    • Tujuan: Melatih kemampuan pemecahan masalah dan menerapkan konsep yang telah dipelajari.
  4. Stasiun 4: Literasi Fungsi Komposisi

    • Aktivitas: Siswa membaca materi tentang fungsi komposisi yang telah dicetak. Setelah membaca, mereka diminta untuk menuliskan hal-hal penting yang mereka dapatkan dari bacaan tersebut.
    • Tujuan: Meningkatkan kemampuan literasi matematika dan memahami konsep fungsi komposisi secara lebih mendalam.
  5. Stasiun 5: Waktunya Kuis!

    • Aktivitas: Siswa memindai kode barcode yang mengarah ke kuis interaktif di Quizizz. Kuis ini berisi 10 soal yang menguji pemahaman siswa terhadap seluruh materi yang telah dipelajari.
    • Tujuan: Mengevaluasi pemahaman siswa secara menyeluruh dan memberikan umpan balik instan.

Pengelolaan Pembelajaran

Untuk memastikan kelancaran pembelajaran, guru perlu melakukan beberapa hal:

  • Persiapan Materi: Menyiapkan bahan ajar, soal-soal latihan, dan kuis yang bervariasi dan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
  • Pengelompokkan Siswa: Membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang heterogen untuk mendorong kerja sama dan saling membantu.
  • Alokasi Waktu: Menentukan alokasi waktu yang cukup untuk setiap stasiun, serta mengatur waktu perpindahan antar stasiun.
  • Pendampingan: Guru berperan sebagai fasilitator yang siap membantu siswa jika mengalami kesulitan.
  • Evaluasi: Melakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran.

Kelebihan Pembelajaran LESTARI

  • Pembelajaran Aktif: Siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran.
  • Pembelajaran Berdiferensiasi: Setiap siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajarnya.
  • Pemanfaatan Teknologi: Penggunaan PMM dan Rumah Belajar memperkaya sumber belajar dan meningkatkan minat siswa.
  • Penguatan Kolaborasi: Kegiatan kelompok mendorong siswa untuk bekerja sama dan saling membantu.

Kesimpulan

Pembelajaran LESTARI merupakan inovasi yang menarik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika, khususnya konsep relasi dan fungsi. Dengan menggabungkan berbagai metode pembelajaran aktif dan pemanfaatan teknologi, siswa dapat belajar secara lebih menyenangkan, bermakna, dan mencapai hasil belajar yang optimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun