Wirausaha berkelanjutan merupakan proses menemukan, mengevaluasi, dan mengeksploitasi peluang ekonomi yang ada di lingkungan Sekolah Regina Pacis Jakarta. Melalui kegiatan P5 dengan tema "kewirausahaan", peserta didik dilatih untuk lebih kreatif, berpikir kritis, mandiri, tangguh, dan inovatif.Â
Peserta didik sebagai generasi cerdas dituntut memiliki kompetensi global, namun tetap memegang teguh nilai-nilai ketimuran sesuai dengan sila-sila dalam pancasila. Hal itu menjadi tujuan utama dari implementasi kurikulum merdeka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Disini Penulis ingin membahas tema kewirausahaan dari kelompok tiga P5 yaitu Bisnis Fruitzilla.Â
Dalam Kelompok tiga ini terdiri dari 10 peserta didik yang terlibat untuk Menyusun proposal bisnis diantaranya : Aaron Casey , Mikaela Sekar Langit, Cornelius Arvelito Subroto, Â Kenzie Alexander Soeseno, Naomi Putamika Hermanto, Laurensia Regina Kaparang, Brandon Nicholas Owen , Kelia Kristania Wijaya, Fredrica Tanujayadi , Dennies Timothy Fermanto.
Lauren dan kawan-kawan mendiskripsikan bisninya sebagai berikut :
1. Deskripsi Bisnis
Latar belakang: Makanan cepat saji atau junk food adalah jenis makanan yang kerap digemari oleh sebagian besar masyarakat karena memiliki cita rasa gurih. Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi junk food secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan.
 Produk berbasis buah, seperti burger buah dan jus buah serut, menawarkan alternatif yang menarik, lezat, dan bermanfaat bagi kesehatan. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pola makan seimbang, kami hadir untuk memenuhi kebutuhan ini dengan cara yang inovatif.
Deskripsi: Â menawarkan produk unik yang menggabungkan buah segar dalam bentuk burger dan es serut. Burger buah kami terbuat dari campuran berbagai buah berkualitas tinggi yang lezat dan bergizi, disajikan dengan topping sehat.Â
Jus buah serut kami menghadirkan rasa segar dari kombinasi buah-buahan pilihan yang disajikan dengan cara yang menarik dan menyehatkan. Target audiens kami adalah semua kalangan, terutama mereka yang peduli akan kesehatan dan mencari alternatif makanan yang enak dan bergizi.
Visi dan Misi: Inovasi makanan berbasis buah yang memikat, membuat gaya hidup sehat lebih mudah dan menyenangkan bagi semua.
Analisis SWOT
Strength ( Produk ini menawarkan keunggulan dengan kemampuan menghasilkan es serut yang inovatif. Kami menggunakan es yang terbuat dari buah segar, menjadikannya pilihan yang lebih sehat dibandingkan es serut biasa. Selain itu, es serut kami hadir dalam bentuk-bentuk unik yang terinspirasi dari kuliner Jepang yang tentu saja menambah daya tarik visual dan cita rasa)
Weakness (Kelemahan produk kami adalah produk tidak tahan lama karena produk terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami. Produk es serut kami pun sangat disayangkan tidak dapat didistribusikan secara online dikarenakan produk tersebut sangat rentan untuk mencair )
Opportunity (Bisnis kami memiliki kesempatan yang besar dalam berkembang dalam pasar karena produk kami sangat SEHAT dan unik)
Threat (Banyaknya merek dan produk makanan sehat yang muncul dapat meningkatkan persaingan, Selera konsumen dapat berubah dengan cepat, sehingga produk tidak laku, Kenaikan harga buah dan bahan lainnya dapat mempengaruhi biaya produksi)
2. Rencana Operasi
Arus produksi ( Pengadaan Bahan Baku , Proses pemesanan dan pembelian bahan baku atau komponen yang diperlukan untuk memulai produksi.
Penyimpanan Bahan Baku ( Setelah bahan baku dibeli/dipesan, disimpan di kulkas sebelum memulai diolah)
Persiapan Produksi (Tahap persiapan bahan, alat, dan tenaga kerja sebelum memulai proses produksi.
Proses Pengolahan (Langkah-langkah)
Penyelesaian Produk (Tahap akhir di mana dilakukan pengecekan final pada produk)
Pengemasan (Proses pengemasan produk akhir dalam kemasan sesuai spesifikasi untuk memastikan keamanan dan perlindungan produk)
Penyimpanan Produk Jadi (Produk jadi disimpan sementara di kulkas sebelum diperjualbelikan pada pameran hari Jumat pada tanggal 4 Oktober 2024)
3. Rencana Pemasaran
Gambaran Peluang usaha: Peluang usahanya adalah dengan membuat makanan
Competitor Analysis: Langsung: Es teler 77, MM Juice, Jus bleber
Substitusi: Es krim, Es campur, Sorbete
Marketing Mix
Product
Burger Buah
Es Jus Serut   Â
Price
Jus Buah      : Rp8.000,00
Burger Buah   : Rp15.000,00
Place         : Regina Pacis Jakarta
Promotion     : Instagram
STP
Segmenting    : Membuat makanan yang manis yang sehat karena hampir semua orang menyukai rasa manis dan pasti ingin hal-hal yang membuat sehat.
Targeting      : SD, SMP, SMA, Orang tua, Guru
Positioning    : Dekat Panggung sebelah kanan
4. Rencana keuangan
Kebutuhan Modal : Rp 500.000,00
Sumber pendanaan dan kebijakannya : Kesepakatan berupa patungan
Proyeksi keuangan dalam jangka waktu 3 tahun
Analisis break-even point
Payback periodÂ
Â
Jakarta, 06-10-2024
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H