Mohon tunggu...
MARLINA SAPUTRI
MARLINA SAPUTRI Mohon Tunggu... Guru - GURU MATEMATIKA

SEORANG PENGAJAR DI SMP NEGERI 36 KERINCI

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Laporan Best Practice

17 Februari 2024   12:24 Diperbarui: 17 Februari 2024   12:26 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Meningkatkan motivasi  belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Probem Based Learning ( PBL ) pada mata pelajaran matematika  materi bangun ruang luas permukaan limas yang menggunakan TPACK.

    1.  Situasi ( S )

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, Mengapa praktik baik ini penting  dibagikan, Apa yang menjadi pEran dan tanggung jawab penulis.

Yang menjadi latar belakang masalah adalah      

  •  Siswa mengalami kesulitan dengan permasalahan kontekstual matematika dan soal   cerita yang di sebabkan oleh Kemampuan Membaca dan Memahami Soal yang Kurang
  • Siswa belum terbiasa dengan soal yang berbasis HOTS.karena Kurangnya Pemahaman  tentang Keterampilan Berpikir Tingkat Tingg
  • Rendahnya hasil belajar siswa,disebabkan Kurangnya minat dan motivasi belajar
  • Ketidaktertarikan siswa terhadap materi matematika karena Metode pembelajaran  yang tidak menarik

Praktek baik ini penting dan harus dilaksanakan 

  •  karena beberapa guru masih ada yang menggunakan model pembelajaran yang  konvensional serta tidak membiasakan siswa dengan soal berbasis Hots yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan siswa menjadi tidak tertarik dalam belajar matematika

Peran dan tanggung jawab saya  

  •  Adapun peran dan tanggung jawab penulis pada praktik ini adalah sebagai fasilitator yang menggunakan model pembelajaran inovatif dan media yang menarik dalam mengajar matematika. Semoga Penulis dapat menginspirasi para pengajar agar bisa lebih kreatif dan menarik dalam mengajar.

2. Tantangan ( T )

Yang menjadi tantangan saya dalam hal ini adalah : 

              1. Jaringan internet atau wifi sekolah yang tidak memadai

              2. Karakteristik siswa yang berbeda -- beda

              3. Kemampuan awal siswa masih rendah

              4. Gaya belajar siswa yang berbeda -- beda

                         Tantangan-tantangan ini lah yang menyebabkan pendidik harus menerapkan berbagai cara seperti menggunakan model pembelajaran yang sesuai, menggunakan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan menggunakan media yang menarik dan sesuai dengan karakteristik, kemampuan awal dan gaya belajar peserta didik.    

             3. Aksi ( A )

         Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan  tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut.

  • Langkah-langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut antara  lain : 
  • Menggunakan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
  • Menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
  • Membentuk kelompok belajar yang heterogen
  • Memberi siswa media pembelajaran interaktif berupa video.    
  • Menyampaikan apersepi
  • Memberikan LKPD berbasis masalah kepada siswa
  • Memberikan bahan ajar kepada siswa
  • Membuat Aksi lanjut untuk membentuk kelompok yang telah dibagi sesuai dengan     karakteristik, kemampuan awal dan gaya belajar siswa.

b.  Strategi yang saya gunakan

         Dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa yang rendah adalah dengan menampilkan video pembelajaran berbasis TPACK,best practic membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa terlihat pada siswa yang menggunakan smartphone ke arah yang positif yaitu memanfaatkan smartphone untuk belajar. Serta menyampaikan tujuan dan manfaat dalam mempelajari materi yang akan dipelajari sebagai salah satu langkah untuk memotivasi siswa.

c.  Proses yang terjadi 

               Guru  harus memahami materi,sintak, model pembelajaran problem based learning (PBL) apakah  sesuai dengan tujuan pembelajaran.

              Adapun sintak PBL yaitu :

              a.Fase 1 : Orientasi siswa pada masalah

              b.Fase 2 : Mengorganisir siswa dalam belajar

              c.Fase 3 : Memberikan individu atau kelompok

              d.Fase 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya siswa

              e. Fase 5: Melakukan analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah

              

d.  Sumber daya

        Sumber daya yang digunakan berupa media pembelajaran yang menarik dan alat peraga ( Infokus,spiker lapto dan alat peraga ) dalam keseluruhan kegiatan.Media berupa video yang dapat menarik perhatian siswa dalam memperhatikan konsep pada materi yang disampaikan dan menggunakan googleform sebagai wadah siswa dalam melakukan penilaian mandiri dan refleksi.

4. Refleksi ( R )

   Refleksi hasil: bagaimana dampak dari aksi terhadap langkah-langkah   yang dilakukan, apakah hasilnya efektif/tidak, mengapa dan bagaimana respon siswa terkait strategi yang dilakukan, apa yang menjadi faktor keberhasilan/ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan.

 

a.Dampak dari aksi terhadap langkah-langkah yang saya ilakukan adalah : 

                     Wawasan siswa pada materi yang disampaikan meningkat dan siswa menyadari bahwa matematika bukan hanya sekedar hitungan namun matematika dapat di pelajari dengan cara yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Dengan mmenggunakan model Problem Based Learning ( PBL )  meningkatnya aktivitas belajar siswa, terlihat dari keaktifan & kedisiplinan siswa selama berdiskusi kelompok dengan teman sejawat.

b. Hasilnya efektif

                     Hasil best practic yang telah dilakukan dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebanyak 16 siswa atau sebanyak 80% siswa yang mendapat nilai berkembang sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning dan juga menggunakan media yang menarik memberi dampak positif pada hasil belajar siswa. Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan langkah-langkah PBL.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun