Mohon tunggu...
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger-Content Writer-Content Placement Artikel di Blog-Jasa Review Produk dan Jasa di Blog Untuk kerja sama bisa email di titikterang751@gmail.com

Blogger Surabaya yang mengelola beberapa blog diantaranya santaisore.com , sahabatcurhat.my.id , curhatyuk.my.id dan masih banyak lagi Senang menulis mengenai dunia HRD, suka mengamati perilaku sekitar.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Customer Service, Simbol Pahlawan Digital Kekinian

10 November 2021   14:40 Diperbarui: 10 November 2021   15:04 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun banyak memberi perubahan dalam hidup sebagian besar masyarakat. Salah satunya ruang gerak kita menjadi lebih terbatas agar tidak berisiko terpapar virus. Walau ruang gerak terbatas, aktivitas tanpa batas harus tetap dilakukan agar selalu produktif. 

Walau pandemi membatasi setiap ruang gerak sebagian besar masyarakat namun aktivitas kehidupan harus tetap terselenggara. Aktivitas yang harus tetap dilakukan di saat pandemi ini diantaranya adalah bekerja, bersekolah dan juga beribadah. 

Akan tetapi ketiga aktivitas yang saya sebutkan di atas untuk saat ini akan lebih banyak dilakukan secara digital demi menghindari kerumunan. Hingga muncullah apa yang disebut work from home, sekolah daring hingga beribadah online. 

Walau angka kematian yang diakibatkan oleh virus Corona serta jumlah pasien tertular semakin menurun namun ada beberapa institusi yang masih menerapkan kegiatan secara online, misalnya saja dunia pendidikan.

Seperti yang dilakukan oleh anak dari teman saya yang saat ini masih mengikuti kuliah daring. Walau terkadang sudah beberapa kali melakukan kuliah tatap muka, namun sebagai orang tua tetap harus mempersiapkan jaringan internet memadai di rumah untuk memfasilitasi anak kuliah daring. Kebetulan teman tinggal di kota yang sama dengan saya yaitu Surabaya dan anaknya sedang menempuh pendidikan di salah satu perguruan tinggi di kota yang sama.

Merasakan menjadi mahasiswa di era pandemi tentu ada suka dukanya bagi anak dari teman saya. Mengikuti kuliah harus secara daring, bekerja kelompok juga harus melalui Google Meet sampai dia bercerita ada kakak kelas empat semester di atasnya melakukan bimbingan skripsi pun harus presentasi online dengan dosen, dan itu pun sangat tidak mudah mencari waktu yang tepat membuat janji sang dosen.

Belum lagi jika anak dari teman saya harus diampu oleh dosen yang cukup killer, maka tentu saja tidak boleh terlambat masuk kelas online. Sementara dia bercerita ada teman yang dinyatakan membolos dari kelas perkuliahan hanya karena terlambat lima menit sementara faktor keterlambatannya adalah masalah jaringan internet yang tidak stabil.  

Menjadi mahasiswa di era pandemi harus siap dengan 2 komponen yang selalu standby selama kurang lebih delapan jam, yaitu: 

1. Koneksi Internet yang Stabil

Kuliah daring akan terasa lebih nyaman manakala di rumah tersedia jaringan internet yang stabil. Hal ini dikarenakan mahasiswa akan mampu menyerap serta memahami materi yang diberikan oleh dosen. Selain itu juga, koneksi internet yang stabil akan mempermudah mahasiswa dalam berkomunikasi dengan dosen dan juga teman-teman kuliah.

2. Personal Computer/Laptop/Smartphone yang Memadai

Kuliah daring tentu dapat diakses melalui perangkat yang telah saya sebutkan di atas. Mahasiswa zaman now mengerjakan dan mengumpulkan tugas sudah tidak dalam bentuk hard copy lagi, melainkan dalam bentuk soft copy.

Walau hidup di kota besar dengan segala kemudahan dalam mencari provider penyedia jaringan internet, namun tak serta merta membuat teman saya asal dalam memilih. Untuk itulah teman saya mempercayakan Indihome sebagai provider internet di rumahnya guna mendukung anak semata wayang berkuliah dan mengerjakan tugas kampus. 

Teman saya memutuskan untuk menggunakan  Indihome sebagai provider internet di rumah, tentu saja dengan berbagai pertimbangan diantaranya:

1. Akses internet stabil

IndiHome termasuk provider internet yang sangat stabil diakses dan tentu saja dengan pengalaman yang senior serta merupakan salah satu produk dari PT. Telkom sehingga tak diragukan lagi kualitasnya.

2. Bisa memilih kecepatan internet sesuai kebutuhan

Di rumah teman yang hanya terdiri tiga orang saja tentu tidak membutuhkan terlalu besar kecepatan internet. Asal stabil tanpa gangguan, maka 10 Mbps sudah dirasa cukup bagi seisi rumah dan IndiHome merupakan solusinya. 

Layanan Pelanggan, sumber gambar: Pixabay
Layanan Pelanggan, sumber gambar: Pixabay

Layanan Pelanggan IndiHome: Penyelamat di Saat Melakukan Aktivitas Tanpa Batas 

Seorang mahasiswa dalam melakukan kuliah daring di rumah pun tidak selamanya lancar. Teman saya bercerita ketika ada kendala di jaringan internet, sang anak sudah diberitahu apa yang harus dilakukan pertama kali yaitu menghubungi Customer Service IndiHome dan menceritakan kendala yang dialami. Maklum, status pegawai kantoran tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Customer service merupakan garda terdepan dalam suatu bisnis pelayanan dan memiliki tantangan tersendiri bagi yang berkecimpung di dalamnya. Divisi customer service sendiri memiliki arti sebagai layanan pelanggan dimana tugasnya menjelaskan kepada calon konsumen mulai dari pengenalan produk atau jasa sebelum memutuskan untuk membeli. Customer Service juga yang menerima keluhan apabila terdapat masalah terhadap produk atau jasa yang digunakan pelanggan.

Teman saya pun memberi edukasi kepada anaknya bahwa menjadi Customer Service bukanlah pekerjaan mudah. Adapun peran Customer Service di sebuah perusahaan penyedia jaringan internet antara lain:

1. Menerima telepon berupa pengaduan dari para pelanggan 

Gangguan bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu dan itu sudah menjadi tanggung jawab Customer Service untuk melayani pelanggan selama 24 jam penuh.

2. Menjadwalkan kapan teknisi akan datang ke rumah pelanggan

Apabila pelanggan sudah menghubungi Customer Service mengenai gangguan yang dialami, maka tentu saja Customer Service segera menjadwalkan kapan teknisi akan datang ke rumah pelanggan untuk memeriksa terkait gangguan tersebut.

Sebagai orang tua, kita harus memberikan pemahaman kepada anak bahwa perangkat digital di rumah tidak menyala begitu saja. Banyak kontribusi dari berbagai peran di dalam penyedia internet, termasuk Customer Service Indihome. Seharusnya hal ini bisa menjadi inspirasi bagi anak muda zaman now untuk lebih menghargai profesi apapun yang bersinggungan dengan dunia mereka. 

Customer Service di perusahaan provider penyedia jaringan internet merupakan Pahlawan Digital Indonesia yang dengan sabar akan melayani setiap pertanyaan pelanggan. Perlu diingat bahwa pekerjaan Customer Service tidak mengenal waktu. Mereka ada untuk kita selama 24 jam. Tak terkecuali Customer Service IndiHome yang selalu melayani dengan sepenuh hati.

Ketika ada masalah dengan jaringan internet, maka siapa lagi yang akan kita hubungi pertama kali kalau bukan Customer Service IndiHome. Dengan ramah Customer Service akan menjawab telepon dari kita dan bertanya mengenai keluhan apa yang sedang dialami.

Jika ada permasalah dan keluhan yang kita ajukan sebagai pelanggan IndiHome, kita akan selalu mendapat respon yang sangat cepat dari Customer Service sehingga hal ini tentu saja memperlancar aktivitas tanpa batas yang sedang kita lakukan. Salah satunya berkuliah bagi para mahasiswa.

IndiHome sebagai penyedia jaringan internetnya Indonesia telah banyak membantu seluruh masyarakat Indonesia dalam mengakses informasi dan mempermudah terselesaikannya pekerjaan maupun tugas yang harus menggunakan perangkat data.

Tanpa kemampuan memberikan solusi dari Customer Service IndiHome, bisa jadi pekerjaan kita akan terselesaikan lebih lama.  Mari kita berikan apresiasi kepada Customer Service sebagai Pahlawan Digital Indonesia yang selalu ramah dan memberikan solusi dalam menerima keluhan dari para pelanggan. Terima kasih Customer Service, Selamat Hari Pahlawan!

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun