Mohon tunggu...
Maria Ayu
Maria Ayu Mohon Tunggu... Seniman - Seniman

Everything is art Email : ayudivayulita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

SEO dan SEM, Dua Kunci Sukses Berbisnis Secara Daring

26 September 2020   10:06 Diperbarui: 7 Juni 2022   11:57 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Era digitalisasi merupakan kabar baik bagi para pebisnis. Mengapa? Ruang digital tidak membatasi kita untuk berbisnis. Ruang digital justru  memberikan kesempatan yang besar dalam  menjangkau pemasaran produk usaha kita!

Bagi yang ingin memulai bisnis secara daring, namun masih merasa ragu-ragu, tenang saja. Pembahasan kali ini akan memberikan pengetahuan tentang solusi keberhasilan berbisnis secara daring. Mau tahu caranya? Yuk, simak penjelasan berikut!

Pembahasan kali ini akan membahas  SEM (Search Engine Marketing) dan SEO (Search Engine Optimization).  Memang, bagi sebagian besar orang, SEO dan SEM merupakan istilah yang asing.

Tetapi,  SEO dan SEM sangat erat dengan pemasaran digital berdasar pada pengelolaan website bisnis kita.

Pemasaran digital merupakan suatu cara untuk mempromosikan produk kita berdasarkan  database. Hal ini ditujukan supaya pebisnis dapat mempunyai pelanggan yang tak terbatas pada ruang dan waktu, lebih cepat, efisien, dan hemat biaya dalam memasarkan produk.

SEO dan SEM merupakan salah satu  cara pemasaran digital untuk mengoptimalkan pemakaian mesin pencarian dalam menampilkan situs bisnis kita.

Walaupun  mempunyai sedikit  perbedaan, SEM dan SEO saling terhubung dan tidak dapat terpisahkan sebagai kunci penting keberhasilan berbisnis secara daring.

Perlu kita ketahui ,  menurut Ebner dan Granitza dalam buku  The SEO Book : The Way to Nr.1 (2020), SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian proses  untuk mendapatkan peringkat atau popularitas tertinggi diantara situs lainnya  saat ditelusuri di mesin pencarian seperti Yahoo, Google, dan sebagainya .

Sedangkan SEM berfungsi untuk mendapatkan peringkat tertinggi dengan cara membayar biaya iklan kepada mesin pencarian seperti PPC (Pay Per Click) yang memiliki manfaat untuk meningkatkan pengunjung website dengan cara memasang iklan (Halim, dkk, 2020).

Perbedaan SEM dan SEO

Perbedaan SEM dan SEO selain terletak pada masalah biaya, juga terletak pada masalah waktu. SEM bisa memperoleh hasil secara cepat karena berbayar. Hal ini tidak berlaku pada SEO yang gratis. Hasil dalam memanfaatkan SEO dan SEM juga sesuai dengan estimasi waktu yang dibutuhkan.

Intinya, ketika kita merintis website baru, lebih baik menggunakan SEM, sedangkan SEO untuk mempertahankan kepercayaan situs kita kepada para pelanggan. 

Manfaat menggunakan SEM adalah:

  • Kita dapat fokus pada target yang sudah ditentukan.
  • Ketika menggunakan SEM akan tersalurkan di aplikasi atau situs yang terhubung dengan mesin pencarian.
  • Biaya mesin pencarian dalam menyediakan layanan SEM ini beraneka ragam bisa disesuaikan biaya yang terjangkau. Contoh penyedia layanan SEM adalah  Microsoft Advertising dan Google Ads.

Langkah-langkah menggunakan SEM adalah sebagai berikut :

  1. Memikirkan strategi pemasaran yang jitu, termasuk melakukan analisis SWOT.
  2. Pilihlah kata kunci yang sesuai
  3. Buatlah iklan semenarik mungkin
  4. Mengelola Biaya kamu dalam memanfaatkan pencarian berbayar. Hal ini sangat penting supaya kita dapat menggunakan metode SEM sebagai sarana pemasaran digital produk kita.
  5. Optimalkan alat yang ada ketika menggunakan metode SEM seperti mengukur kinerja layanan iklan kita.

Kemudian beralihlah ke SEO.

Dua Jenis SEO

Kita harus mengenali dahulu bahwa ada dua jenis SEO.

Pertama, SEO On Page yang mempunyai fokus dalam memaksimalkan konten website internal.

Kedua, SEO Off Page yang mempunyai fokus untuk merintis backlink atau yang sering kita kenal sebagai link. Link ini dapat menghubungkan laman satu dengan laman yang lain.

Sebelum mengoptimalkan kinerja SEO On Page dan SEO Off Page, langkah yang harus dilakukan adalah bersinggungan dengan kata kunci.

Tiga Tips Memilih Kata Kunci

Kata kunci merupakan hal yang utama. Maka, ada tiga tips singkat untuk mendapatkan posisi teratas dalam mesin pencarian adalah sebagai berikut :

  • Perlunya melakukan riset tentang kata kunci. Mengapa? Kita harus menggunakan kata kunci yang paling menonjol  agar   pengguna dapat meningkatkan kunjungan ke situs website kita.  Alangkah baiknya, pastikan kata kunci sesingkat mungkin dan spesifik.  Kemudian, kata kunci terdiri dari tiga jenis yang berbeda, yaitu kata kunci komersial, navigasi, dan informatif.
  • Perlunya strategi lebih lanjut dalam riset kata kunci. Sebagai jalan alternatif jika masih merasa kesulitan untuk kata kunci, manfaatkanlah forum supaya bisa membantu kita  mendapatkan ide brilian berkaitan dengan kata kunci. Mengapa? Forum dalam webmaster dapat menemukan jawaban atas kesulitan tentang target pasar yang kita ambil.
  • Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan Google Suggest untuk mendapatkan saran otomatis saat para target memasukan kata kunci ke Google. Strategi ini dapat  membuat kamu mendapatkan kata kunci yang sempurna.
  •  Perhatikan pedoman kualitas. Hal ini  sangat penting untuk menaati sebuah peraturan di internet.
  • Meskipun jika website kita memenuhi persyaratan, tidak ada jaminan apa-apa dalam menampilkan situs website tersebut.
  • Tetapi, setidaknya tidak membuat website kita terhapus oleh indeks Google secara permanen karena melakukan prosedur yang melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.

Semoga tulisan ini dapat membantu kita dalam pemasaran digital. Salam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun