Mohon tunggu...
Margareta Wijayanti
Margareta Wijayanti Mohon Tunggu... Guru - pendidik

Introvert, hard worker, Empathy, Traveling, Literasi, Healty, Healing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Menggunakan Metode STAR Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

19 Januari 2023   12:30 Diperbarui: 19 Januari 2023   20:07 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi                            : SMK KESEHATAN CITRA MEDIKA SUKOHARJO

Lingkup Pendidikan : SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Penulis                           : Margareta Wijayanti, S.ST

Tanggal                          : 19 Januari 2023

A. Tujuan yang ingin dicapai :

  • Peserta didik dapat menjelaskan, mengklasifikasikan, menganalisa, membedakan , merancang dan membuat simplisia Amylum sesuai dengan prosedur dengan tepat dan sesuai serta bertanggung jawab.

B. Situasi: 

(Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini)

  • Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
  • Kurangnya minat menghafal siswa tentang istilah bahasa latin kefarmasian.
  • Pembelajaran di kelas masih belum berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill).
  • Metode pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai dengan kondisi siswa
  • Kegiatan belajar mengajar masih terpusat pada guru, sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang aktif
  • Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan:
  • Saya ingin berbagi pengalaman dengan rekan-rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama
  • Saya ingin memotivasi diri sendiri dan rekan-rekan guru untuk melakukan hal yang terbaik untuk peserta didiknya.
  • Praktek pembelajaran ini bisa mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mendesain pembelajaran yang inovatif
  • Praktek pembelajaran ini bisa meningkatkan hubungan antara guru dengan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan materi dapat lebih tersampaikan
  • Praktek pembelajaran ini bisa menjadi bahan refleksi untuk dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dalam proses pembelajaran berkelanjutan.
  • Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini:

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini, yaitu saya sebagai perencana, pelaksana dan penilai dalam proses  pembelajaran.

  • Dalam hal perencanaan pembelajaran saya bertanggung jawab mengelola kelas dengan baik dan membuat Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP), bahan ajar, media ajar, LKPD, Evaluasi penilaian yang sesuai dengan kurikulum.
  • Dalam hal pelaksanaan saya bertanggung jawab untuk menerapkan model pembelajaran kreatif, inovatif dan menyenangkan yaitu model yang saya pilih adalah Project Based Learning (PjBL). Selain itu saya juga dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran yang dapat menarik perhatian berupa media power point dan video pembelajaran sehingga peserta didik dapat memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
  • Dalam hal penilaian saya bertanggung jawab untuk menilai aktivitas pembelajaran baik penilaian sikap,  pengetahuan maupun keterampilan dengan harapan  tujuan pembelajaran dan hasil belajar dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Serta melaksanakan refleksi pembelajaran sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya.

C. Tantangan : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun