Mohon tunggu...
Gaya Hidup

Future Development: Tas Sepeda 2 in 1

1 Juni 2017   21:15 Diperbarui: 1 Juni 2017   21:38 473
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Future Development: Tas Sepeda 2 in 1

Don’tsacrifice Style for Functionality when you can have both!”

Com-Bicycle Bag: Tas Sepeda 2-in-1 Hand Bag

Perkenalkan, saya Mannaria Esther Yudika Sitorus, mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Ilmu Administrasi Niaga konsentrasi Keuangan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Artikel ini saya terbitkan dalam upaya menyelesaikan Ujian Akhir Semester mata kuliah Kewirausahaan dan Inovasi. Dalam kesempatan kali ini saya bermaksud memperkenalkan Future Development dan Business Model Canvas (BMC) dari ide bisnis yaitu sebuah Tas Sepeda 2-in-1 yang dapat menjadi Hand Bag. Selamat membaca!

LATAR BELAKANG

Tas merupakan kebutuhan yang setiap hari dipergunakan oleh banyak orang. Tak terkecuali, oleh para pengendara sepeda. Bagi pengendara sepeda, membawa tas dapat memberi tingkat kesulitan tersendiri. Apabila membawa model Tas Slingbag, maka akan mendapat kesulitan dalam posisi pada saat mengendarai sepeda. Membawa model Tas Backpack, apabila menempuh perjalanan jauh menggunakan sepeda maka dapat memberi backpain bila membawa beban yang cukup berat. Sama halnya jika pengendara membawa Tas model HandBag(Tas Tangan). Dapat disimpulkan bahwa meletakkan barang yang dibawa bagi pengendara sepeda terkadang menjadi permasalahan yang cukup mengganggu.

Melihat peluang bisnis yang ada di Indonesia, saat ini belum ditemukan Bicycle Bag (Tas Sepeda) untuk dapat menampung barang-barang penting yang dibawa pengendara sepeda. Sarana penyimpanan yang umum dan sudah ada di pasaran Indonesia yaitu tempat penyimpanan botol minum di sepeda. Maka dari itu, produk Tas Sepeda yang akan dibahas dalam Proposal Bisnis Future Development ini memiliki kesempatan untuk menjadi produk pioneer dalam mengembangkan produk Tas untuk Sepeda.

Produk Tas Sepeda ini bernama “Com-Bicycle Bag”, berangkat dari produk terdahulu nya yaitu tas Comback atau Combination Backpack (Tas Multisyle), kini hadir Com-Bicycle Bag, Tas Sepeda 2-in-1 yang siap memenuhi kebutuhan akan sarana penyimpanan bagi pengendara sepeda. Tas dapat menjadi Sleeve Hand Bag yang mudah dibawa kemana-mana (1) maupun menjadi Tas Sepeda (2) yang menempel di Sepeda. Terinspirasi oleh kehidupan kota dan kebutuhan pecinta sepeda di seluruh dunia, Com-Bicycle Bag menawarkan solusi nyata.

Com-Bicycle Bag merupakan Tas Sepeda berbentuk frame atau sleeve yang ramping dan praktis serta berukuran cukup untuk menampung laptop, dokumen dan keperluan sehari-hari para pengendara sepeda. Tas Sepeda Com-Bicycle Bag dapat dengan mudah dipasang di sepeda dengan menggunakan tombol kancing tekanan logam yang kuat.

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Elemen – Elemen Business Model Canvas (BMC):

  • Customer Segments

Com-Bicycle Bag mensegmentasikan produknya untuk kalangan menengah ke atas. Dengan menggunakan bahan polyester fiber dan kulit high-quality, Com-Bicycle Bag menyesuaikan harga dan kualitas yang dijanjikan. Com-Bicycle Bag membagi kalangan masyarakat sesuai dengan segmentasinya antara lain anak muda mencangkup mahasiswa dan pelajar, karyawan kantor yang menggunakan transportasi sepeda untuk berangkat kerja, Bikers (pengendara sepeda) dan traveler.

  • Value Propositions

Proporsi nilai (Value Propositions) dari produk Com-Bicycle Bag antara lain:

Com-Bicycle Bag merupakan produk Tas Sepeda 2-in-1 atau multifungsi yang juga dapat berfungsi sebagai Hand Bag praktis dan mudah dibawa. Com-Bicycle Bag mampu menjadi wadah untuk menyimpan laptop, dokumen, HP, dompet dan barang penting lainnya.

  • Innovative Stylist

Com-Bicycle Bag merupakan produk inovatif dan belum ada di pasar Indonesia. Mengedepankan value Multifunction Bag, bukan berarti Com-Bicycle Bag tidak memperhatikan desain tas. Desain Tas Sepeda ini tetap hadir mengikuti tren perkembangan zaman.

  • Handy

Com-Bicycle Bag merupakan Tas Sepeda sekaligus Hand Bag yang praktis, dengan ukuran menyesuaikan tangan sehingga mudah dibawa. Tagline yang dibawa yaitu “Don’t sacrifice Style for Functionality when you can have both!”.

  • Channels

Awarness

Menggunakan saluran Sosial Media: Instagram dan Facebook dengan pertimbangan Sosial Media dengan pengguna tinggi.

Purchase

Menggunakan situs komersial untuk menjual produk: Website pribadi dan website komersial seperti Bukalapak.com, Zalora.id, Lazada.

Services

Menggunakan media chat online: Official LINE dan WhatsApp untuk mempermudah komunikasi dengan konsumen.

After Sales

Meningkatkan loyalitas konsumen dengan memberi garansi service tas dan rutin memberi info terbaru seputar produk.

  • Customer Relationship
  • Garansi Produk berupa pengembalian dan reparasi tas apabila terjadi ketidaksesuaian dengan produk yang dibeli.
  • Menberi informasi jelas tentang spesifikasi detail tas, cara pemakaian dan perawatan tas di semua saluran komunikasi Com-Bicycle Bag.
  • Memberikan informasi secara berkala tentang produk baru, promo atau event melalui Sosial Media.
  • Menjaga hubungan dengan pelanggan dengan cara menginput informasi diri konsumen termasuk tanggal ulang tahun dan diberikan Diskon Ulang Tahun.
  • Key Resources

Fisik

Menggunakan bahan baku kulit dan polyester. Rencana 5 tahun ke depan, Com-Bicycle Bag akan memiliki mesin cetak kulit sendiri untuk mengurangi biaya.

Manusia

Bekerja sama dengan beberapa vendor antara lain vendor penyuplai bahan baku, penjahit tas, dan pembuat merk.

Finansial

Modal merupakan faktor pendukung utama bisnis. Com-Bicycle Bag menggunakan modal pribadi tunai cash.

  • Key Activities

Membangun Produk Awareness

Menciptakan loyalitas konsumen, approach (pendekatan) konsumen dan calon konsumen melalui media sosial dan promo event.

Tahap Produksi

Mengolah material menjadi Finished Goods, menggunakan material yang berkualitas baik.

Sales & Marketing

Menggunakan metode penjualan personal selling (words of mouth) atau jaringan sosial terdekat untuk mengurangi biaya operasional. Selain itu, memakai media sosial untuk memasarkan produk.

Tahap Evaluasi & Inovasi

Memperbaiki kekurangan produk dan mengolah setiap potensi baru yang muncul dari adanya inovasi.

  • Key Partners

Vendor Kulit

Toko Kulit Jaya Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Vendor Polyester

Toko Sumber Baru, Tanah Abang, Jakarta Pusat

Vendor Kancing Logam

Toko Satria Baru, Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Vendor Packaging

Toko Varian Angel, Depok

  • Cost Structure

Com-Bicycle Bag menetapkan biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan produk selama 5 (lima) tahun kedepan dimulai dari saat ini. Diasumsikan seluruh perlengkapan adalah milik pribadi. Sebagai rencana awal, produk akan diluncurkan sebanyak 20 Tas Sepeda 2-in-1 per bulan.

Total Cost                      

3.570.000

  • Revenue Stream

Untuk rencana pengembangan produk selama 5 (lima) tahun kedepan, dengan catatan pada produksi I (perdana) penjualan dilakukan pada bulan Mei dan setiap tahun menargetkan penjualan meningkat sebesar 20%, beban biaya tetap. Modal awal yang dikeluarkan sebesar Rp 4.000.000,- dan sumber pendapatan berasal dari hasil penjualan produk. Harga setiap produk adalah sebesar Rp 210.000,- maka dapat diperolah dari hasil perhitungan pendapatan awal sebesar Rp 4.200.000,-. Margin yang dipergunakan sebesar 25%.

Maka jumlah keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 4.200.000,- (dikurang) Rp 3.570.000,- = Rp 630.000,-

Payback Period  = 6 bulan

Artinya, modal dapat kembali dalam jangka waktu 6 (enam) bulan dan usaha dinilai layak untuk terus dilanjutkan.

Disclaimer: 

Artikel di atas dibuat sepenuhnya atas dasar Tugas Kuliah. Hal-hal yang tercantum di atas pada dasarnya adalah rancangan atau ide bisnis yang belum terlaksana serta masih menggunakan informasi dari pihak-pihak yang lebih berpengalaman. Saya tidak bermaksud menyalahgunakan fasilitas yang disediakan Kompasiana dimana di dalamnya tidak boleh beriklan. Adapun kesalahan dan ketidaksempurnaan dari artikel diatas, saya ucapkan permohonan maaf.

Regards,

Mannaria Esther Y. S. (1406567656) 

Undergraduated Student of Business Administration 

Universitas Indonesia 

+6281277752296

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun