Â
PengantarÂ
Tulisan ini merupakan rangkaian dari  17 seri  peringatan  42 Tahun Perpustakaan Nasional, 17 Mei, 1980-2022 : #2 Sinovik dan Perpustakaan
                      Â
SINOVIK adalah Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik berupa website resmi sebagai digitalisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). SINOVIK memfasilitasi penyelenggara dan peserta dalam proses pendaftaran hingga pengumuman Kompetensi Pelayanan Publik (KIPP).  Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)  yang selanjutnya disebut Kompetisi adalah kegiatan penjaringan, seleksi, penilaian, dan pemberian penghargaan yang diberikan kepada Inovasi  yang dilakukan oleh kementerian/lembaga, pemerintah  daerah, badan usaha milik negara, dan badan usaha milik daerah.
Pelaksanaan kegiatan KIPP diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan  Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah. KIPP pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014.
KIPP merupakan salah satu langkah strategis pemerintah dalam menjaring praktik terbaik pelayanan publik. Inovasi milik instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD yang didaftarkan dalam KIPP tentunya bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dalam memberikan layanan kepada masyaakat.
Inovasi Pelayanan Publik yang selanjutnya disebut Inovasi  adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang  merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau  adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi  masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Persyaratan Inovasi yang diikutsertakan dalam Kompetisi yaitu:
a. memenuhi seluruh kriteria Inovasi;
b. selaras dengan tema Kompetisi;
c. relevan dengan salah satu kategori Kompetisi;
d. diajukan secara daring dalam bentuk Proposal lengkap  melalui SINOVIK, disertai dokumen
  pendukung yang relevan;
e. menggunakan judul yang menggambarkan Inovasi dengan memperhatikan norma dan kepantasan;
  dan
f. persyaratan lain yang ditetapkan oleh Menteri.
Kriteria Inovasi yang diikutsertakan dalam Kompetisi sebagai berikut:
a. memiliki kebaruan, yaitu memperkenalkan gagasan yang  unik, pendekatan yang baru dalam penyelesaian masala atau kebijakan      dan desain pelaksanaan yang unik, atau  modifikasi dari inovasi pelayanan publik yang telah ada, untuk penyelenggaraan           Â
   pelayanan publik;
b. efektif, yaitu memperlihatkan capaian yang nyata dan  memberikan solusi dalam penyelesaian permasalahan;
c. bermanfaat, yaitu menyelesaikan permasalahan yang menjadi kepentingan dan perhatian publik;
d. dapat ditransfer/direplikasi, yaitu dapat dan/atau telah dicontoh dan/atau menjadi rujukan dan/atau diterapkan oleh Â
   penyelenggara pelayanan publik lainnya;
e. berkelanjutan, yaitu mendapat jaminan terus dipertahankan yang diperlihatkan dalam bentuk dukungan program dan anggaran,Â
   tugas dan fungsi organisasi, serta hukum dan perundang-undangan.
Proposal yang lolos seleksi Administrasi KIPP 2022
Berdasarkan Surat Pengumuman Deputi Bidang Pelayanan Publik Nomor B/187/PP.00.05/2022 sebanyak 1.917 proposal. Dari jumlah tersebut terdapat 15 proposal di bidang Perpustakaan. Dan dari 15 Propsal terdapat 2 proposal dari Perpustakaan Nasional. Berikut daftar proposal yang lolos seleksi aministrasi di bidang perpustakaan
93. Â Â Â Sepatu Jolifa (Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All) Â Â Â Â Â Â
       Pemerintah  Provinsi D. I. Yogyakarta. Yogyakarta.Prov.Yanpu. s Kategori 1 Khusus
141. Â Â Â E-Library BPS Bondowoso Meningkatkan Jumlah Pengunjung Perpustakaan di Masa
        Pandemi Covid-19   Â
        Badan Pusat Statistik. Bps.3511.  Kategori 3 Umum
148. Â Â Â Digital Library E-Pustaka Wengker Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten PonorogoÂ
        Pemerintah Kab. Ponorogo . Ponorogo.Kab.Ponorogo.Kab.Perpusip. Kategori 1 Umum
507. Â Â Â Pasoe Data Buku Dalam Inlislite (Padaku Inlislite) Â Â Â Â Â
       Pemerintah Kab. Aceh Jaya. Acehjaya. Kab.Perpustakaan.Arsip.  Kategori 2 Umum
550. Â Â Â Inovasi Perpustakaan Bejanaku (Bus Jemput Anak Sekolah Baca Buku) Â
        Pemerintah Kab. Klaten. Klaten.Kab.Dispersip.  Kategori 1 Umum
745.    Perpustakaan Keliling " Poli Pintar" BPOM Di Bengkulu      Â
        Badan Pengawas Obat dan Makanan   Bpom.Bengkulu. Kategori 2 Umum
851.    Sigoblic (Sistem ISBN Go Public) Menghadang Pandemi      Â
        Perpustakaan Nasional RI. Perpusnas.Pusbiola.  Kategori 3 Umum
1050. Â Â Bulir Tanjung (Buku Bergulir Pustaka Sijunjung) Â Â Â Â Â Â
        Pemerintah Kab. Sijunjung.  Sijunjung.Kab.Perpustakaan. Kategori 2. Umum
1067.   Sistem Integrasi Koleksi Perpustakaan (SIKOPER) : Pintu Gerbang Pengetahuan        Â
       Kemendikbudristek. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  Â
       Dikbudristek.Perpustakaankemendikbudristek .  Kategori 2 Umum
1183. Â Â Peranan Perpustakaan Digital dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat Pada Masa
        Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Batu Bara
1190. Â Â Tanya Pustakawan
        Perpustakaan Nasional RI. Perpusnas.Pujasintara
1364.   Repositori Institusi Sebagai Manajemen Pengetahuan Kemendikbudristek    Â
        Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan  Teknologi  Dikbudristek.Perpustakaankemendikbudristek
1407. Â Â Buku Digital I-Merauke Menembus Cakrawala Pengetahuan di Tapal Batas Negara Ri-PNG
        di Merauke  Â
        Pemerintah Kab. Merauke merauke.kab.dinas.perpustakaan
1460. Â Â Gerakan Literasi Untuk Kesejahteraan Kampar Maju (GELIAT KAMU) Â Â Â Â Â Â
        Pemerintah Kab. Kampar kampar.kab.perpustakaan
1787. Â Â Literasi Budaya,Agama,Sosial dan Budaya Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi
        Sosial (Libas TPBIS)
        Pemerintah Kab. Bengkulu   Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H