Mohon tunggu...
Suharyanto Mallawa
Suharyanto Mallawa Mohon Tunggu... Pustakawan - Pustakawan Perpusnas

Belajar Menulis Kepustakawanan dan Perpustakaan

Selanjutnya

Tutup

Gadget

SINOVIK: Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Bidang Perpustakaan 2022

10 Mei 2022   23:08 Diperbarui: 11 Mei 2022   07:04 755
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

                 

Pengantar 

Tulisan ini merupakan rangkaian dari  17 seri  peringatan  42 Tahun Perpustakaan Nasional, 17 Mei, 1980-2022 : #2 Sinovik dan Perpustakaan

                                            

SINOVIK adalah Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik berupa website resmi sebagai digitalisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). SINOVIK memfasilitasi penyelenggara dan peserta dalam proses pendaftaran hingga pengumuman Kompetensi Pelayanan Publik (KIPP).  Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)  yang selanjutnya disebut Kompetisi adalah kegiatan penjaringan, seleksi, penilaian, dan pemberian penghargaan yang diberikan kepada Inovasi  yang dilakukan oleh kementerian/lembaga, pemerintah  daerah, badan usaha milik negara, dan badan usaha milik daerah.

Pelaksanaan kegiatan KIPP diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Di Lingkungan  Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah. KIPP pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014.

KIPP merupakan salah satu langkah strategis pemerintah dalam menjaring praktik terbaik pelayanan publik. Inovasi milik instansi pemerintah, BUMN, dan BUMD yang didaftarkan dalam KIPP tentunya bertujuan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik dalam memberikan layanan kepada masyaakat.

Inovasi Pelayanan Publik yang selanjutnya disebut Inovasi  adalah terobosan jenis pelayanan publik baik yang  merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau  adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi  masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Persyaratan Inovasi yang diikutsertakan dalam Kompetisi yaitu:

a. memenuhi seluruh kriteria Inovasi;

b. selaras dengan tema Kompetisi;

c. relevan dengan salah satu kategori Kompetisi;

d. diajukan secara daring dalam bentuk Proposal lengkap  melalui SINOVIK, disertai dokumen

    pendukung yang relevan;

e. menggunakan judul yang menggambarkan Inovasi dengan memperhatikan norma dan kepantasan;

    dan

f. persyaratan lain yang ditetapkan oleh Menteri.

Kriteria Inovasi yang diikutsertakan dalam Kompetisi sebagai berikut:

a. memiliki kebaruan, yaitu memperkenalkan gagasan yang  unik, pendekatan yang baru dalam penyelesaian masala atau kebijakan           dan desain pelaksanaan yang unik, atau  modifikasi dari inovasi pelayanan publik yang telah ada, untuk penyelenggaraan                     

      pelayanan publik;

b. efektif, yaitu memperlihatkan capaian yang nyata dan  memberikan solusi dalam penyelesaian permasalahan;

c. bermanfaat, yaitu menyelesaikan permasalahan yang menjadi kepentingan dan perhatian publik;

d. dapat ditransfer/direplikasi, yaitu dapat dan/atau telah dicontoh dan/atau menjadi rujukan dan/atau diterapkan oleh  

     penyelenggara pelayanan publik lainnya;

e. berkelanjutan, yaitu mendapat jaminan terus dipertahankan yang diperlihatkan dalam bentuk dukungan program dan anggaran, 

     tugas dan fungsi organisasi, serta hukum dan perundang-undangan.

Proposal yang lolos seleksi Administrasi KIPP 2022

Berdasarkan Surat Pengumuman Deputi Bidang Pelayanan Publik Nomor B/187/PP.00.05/2022 sebanyak 1.917 proposal. Dari jumlah tersebut terdapat 15 proposal di bidang Perpustakaan. Dan dari 15 Propsal terdapat 2 proposal dari Perpustakaan Nasional. Berikut daftar proposal yang lolos seleksi aministrasi di bidang perpustakaan

93.       Sepatu Jolifa (Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library For All)           

              Pemerintah  Provinsi D. I. Yogyakarta. Yogyakarta.Prov.Yanpu. s Kategori 1 Khusus

141.      E-Library BPS Bondowoso Meningkatkan Jumlah Pengunjung Perpustakaan di Masa

               Pandemi Covid-19      

               Badan Pusat Statistik. Bps.3511.  Kategori 3 Umum

148.      Digital Library E-Pustaka Wengker Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo 

               Pemerintah Kab. Ponorogo . Ponorogo.Kab.Ponorogo.Kab.Perpusip. Kategori 1 Umum

507.      Pasoe Data Buku Dalam Inlislite (Padaku Inlislite)         

              Pemerintah Kab. Aceh Jaya. Acehjaya. Kab.Perpustakaan.Arsip.  Kategori 2 Umum

550.      Inovasi Perpustakaan Bejanaku (Bus Jemput Anak Sekolah Baca Buku)  

               Pemerintah Kab. Klaten. Klaten.Kab.Dispersip.  Kategori 1 Umum

745.      Perpustakaan Keliling " Poli Pintar" BPOM Di Bengkulu           

               Badan Pengawas Obat dan Makanan    Bpom.Bengkulu. Kategori 2 Umum

851.      Sigoblic (Sistem ISBN Go Public) Menghadang Pandemi           

               Perpustakaan Nasional RI. Perpusnas.Pusbiola.  Kategori 3 Umum

1050.    Bulir Tanjung (Buku Bergulir Pustaka Sijunjung)           

               Pemerintah Kab. Sijunjung.  Sijunjung.Kab.Perpustakaan. Kategori 2. Umum

1067.    Sistem Integrasi Koleksi Perpustakaan (SIKOPER) : Pintu Gerbang Pengetahuan                

              Kemendikbudristek. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi   

              Dikbudristek.Perpustakaankemendikbudristek .   Kategori 2 Umum

1183.    Peranan Perpustakaan Digital dalam Peningkatan Minat Baca Masyarakat Pada Masa

               Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Batu Bara

1190.    Tanya Pustakawan

               Perpustakaan Nasional RI. Perpusnas.Pujasintara

1364.    Repositori Institusi Sebagai Manajemen Pengetahuan Kemendikbudristek       

               Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan  Teknologi  Dikbudristek.Perpustakaankemendikbudristek

1407.    Buku Digital I-Merauke Menembus Cakrawala Pengetahuan di Tapal Batas Negara Ri-PNG

                di Merauke   

               Pemerintah Kab. Merauke merauke.kab.dinas.perpustakaan

1460.    Gerakan Literasi Untuk Kesejahteraan Kampar Maju (GELIAT KAMU)           

               Pemerintah Kab. Kampar kampar.kab.perpustakaan

1787.    Literasi Budaya,Agama,Sosial dan Budaya Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi

                Sosial (Libas TPBIS)

                Pemerintah Kab. Bengkulu      

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun