Mohon tunggu...
M Akbar
M Akbar Mohon Tunggu... Administrasi - Pendidikan guru sekolah dasar

Bola

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Teori empati dari Martin hoffman

27 Januari 2025   17:17 Diperbarui: 27 Januari 2025   17:17 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Teori Empati Martin Hoffman: Pemahaman dan Perkembangan Empati pada Manusia

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan merasakan emosi orang lain, yang memainkan peran penting dalam hubungan sosial manusia. Salah satu teori terkenal tentang empati dikembangkan oleh Martin Hoffman, seorang psikolog perkembangan yang menjelaskan bagaimana empati berkembang sejak masa kanak-kanak hingga dewasa. Teori ini menyoroti aspek perkembangan kognitif, emosional, dan sosial yang mendasari empati.

Definisi Empati Menurut Hoffman

Hoffman mendefinisikan empati sebagai respons afektif yang berasal dari kemampuan seseorang untuk memahami dan merasakan pengalaman emosional orang lain. Menurutnya, empati bukan hanya sekadar meniru emosi, tetapi juga melibatkan kesadaran kognitif terhadap perasaan orang lain dan konteks sosialnya.

Tahapan Perkembangan Empati

Hoffman menjelaskan bahwa empati berkembang melalui beberapa tahap seiring dengan pertumbuhan kognitif dan sosial individu. Berikut adalah tahapan perkembangan empati menurut Hoffman:

1. Empati Global (0--1 Tahun)

Pada tahap ini, bayi menunjukkan respons empati yang sifatnya sangat primitif. Misalnya, bayi mungkin menangis saat mendengar tangisan bayi lain. Respons ini terjadi secara otomatis karena bayi belum bisa membedakan antara dirinya dan orang lain.

2. Empati Egosentris (1--2 Tahun)

Di usia ini, anak mulai menyadari bahwa emosi orang lain berbeda dengan emosinya sendiri. Namun, pemahaman ini masih terbatas, sehingga anak mungkin mencoba membantu orang lain dengan cara yang lebih egosentris. Contohnya, seorang anak yang melihat temannya sedih mungkin menawarkan mainan favoritnya sebagai bentuk penghiburan.

3. Empati untuk Perasaan Orang Lain (2--3 Tahun)

Anak mulai menunjukkan kemampuan untuk memahami emosi orang lain secara lebih mendalam. Mereka tidak hanya merespons emosi, tetapi juga memahami alasan di balik perasaan tersebut. Pada tahap ini, anak mulai menunjukkan perilaku prososial seperti membantu atau menghibur orang lain.

4. Empati terhadap Kondisi Umum Orang Lain (Usia Sekolah hingga Dewasa)

Pada tahap ini, empati berkembang menjadi lebih kompleks. Seseorang tidak hanya memahami perasaan orang lain, tetapi juga mampu menghubungkannya dengan kondisi hidup atau situasi yang dihadapi. Empati ini mencakup pemahaman terhadap ketidakadilan sosial dan sering kali memotivasi perilaku altruistik dalam skala yang lebih besar.

Faktor yang Mempengaruhi Empati

Hoffman menekankan bahwa perkembangan empati dipengaruhi oleh faktor biologis dan lingkungan, seperti:

Kematangan kognitif: Kemampuan untuk memahami perspektif orang lain.

Pengalaman sosial: Interaksi dengan keluarga, teman, dan komunitas.

Modeling perilaku: Anak cenderung belajar empati dengan meniru perilaku orang dewasa yang peduli.

Budaya: Nilai-nilai budaya tertentu dapat mendorong atau menghambat perkembangan empati.

Empati dan Moralitas

Hoffman juga menghubungkan empati dengan moralitas. Ia berpendapat bahwa empati adalah dasar perilaku moral karena memungkinkan seseorang merasakan penderitaan orang lain, yang kemudian mendorong tindakan untuk membantu. Dengan kata lain, empati adalah mekanisme yang mengarahkan individu untuk bertindak secara etis dan prososial.

Penerapan Teori Empati Hoffman

Teori Hoffman memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pendidikan, pengasuhan anak, dan intervensi sosial. Misalnya:

Dalam pendidikan, guru dapat mengajarkan empati melalui aktivitas yang melibatkan kerja sama dan diskusi tentang perasaan orang lain.

Dalam pengasuhan anak, orang tua dapat menjadi teladan dengan menunjukkan perilaku empati kepada anak.

Dalam intervensi sosial, teori ini digunakan untuk merancang program yang mendorong rasa solidaritas dan kepedulian terhadap kelompok yang kurang beruntung.

Kesimpulan

Teori empati Martin Hoffman memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana kemampuan untuk memahami dan merasakan emosi orang lain berkembang sepanjang kehidupan manusia. Dengan memahami tahap-tahap perkembangan empati, kita dapat mendukung pertumbuhan empati pada diri sendiri dan orang lain, sehin

gga menciptakan masyarakat yang lebih peduli dan harmonis.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun