Mohon tunggu...
Maidiyah
Maidiyah Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

27 Februari 2024   15:21 Diperbarui: 27 Februari 2024   15:24 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Best Practice PPG DALJAB Angkatan 3 Tahun 2023

di Susun Oleh : Maidiyah, S.Pd

Unit Kerja : SDN 22 Kubu

BAB 1

PENDAHULUAN

 

Latar Belakang Masalah

Kegiatan praktik baik (Best Practice) ini terjadi karena adanya suatu masalah yang dihadapi oleh peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya yaitu rendahnya minat baca mereka sehingga dapat mempengaruhi penilaian dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Menurut Ahmad, Anisa & Wiwin (2023), "Faktor yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa salah satunya adalah minat membaca. Tanpa adanya minat untuk membaca dari seseorang maka akan sulit untuk memahami isi bacaan. Sebaliknya ketika seseorang tersebut memiliki minat membaca yang tinggi untuk membaca maka dalam memahami bacaan akan tidak mengalami kesulitan karena minat berperan penting dalam menggerakkan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan." Dijelaskan juga bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat membaca, seperti:

  • Lingkungan
  • Perkembangan teknologi
  • Copy paste
  • Sarana kurang memadai
  • Kurangnya motivasi
  • Generasi serba instan
  • Diri sendiri

Selain itu, penulis juga melakukan wawancara terhadap Kepala Sekolah dan beberapa rekan guru tentang masalah yang dihadapi peserta didik. Dari hasil wawancara tersebut, didapatkan hasil seperti :

  • Guru kurang memotivasi peserta didik untuk membaca.
  • Peserta didik tidak tertarik membaca buku paket yang ada.
  • Koleksi buku bacaan diperpustakaan minim.
  • Sarana dan prasarana penunjang untuk meningkatkan minat membaca peserta didik tidak mendukung.

Berdasarkan hasil dari kajian literatur dan wawancara didapatkan bahwa penyebab masalah dari kurang berminatnya peserta didik dalam membaca buku paket atau buku cerita adalah :

  • Kurangnay motivasi dari orang tua maupun guru.
  • Sarana dan prasarana menunjang minat baca peserta didik kurang memadai.
  • Perpustakaan minim koleksi buku terbaru.

Berdasarkan pemaparan di atas, salah satu factor yang menjadi penghambat minat baca peserta didik adalah sarana dan prasarana penunjang minat baca peserta didik kurang memadai. Oleh karena itu, sarana disini penulis artikan sebagai media yang mampu menunjang minat baca peserta didik. Dalam berbagi Praktik baik ini, penulis menggunakan media ajar PowerPoint (PPT) sebagai alternative solusi yang dipilih guna meningkatkan minat baca peserta didik pada kelas I di SDN 22 Kubu. Dengan menerapkan media ajar PPT, peserta didik akan termotivasi dalam menigkatkan minat bacanya.

Jenis Kegiatan

Kegiatan yag dilaporkan dalam praktik baik (Best Practice) ini adalah kegiatan pembelajaran tematik kelas I yang diambil dari kegiatan PPL Siklus 2 untuk muatan Bahasa Indonesia dan Matematika dengan mengambil Tema 5 (Pengalamanku) Subtema 2 (Pengalamanku Bersama Teman) dan pembelajaran 3

Manfaat Kegiatan

Manfaat dari penulisan praktik baik (Best Practice) dapat dibagi menjadi dua, manfaat yang bisa dirasakan oaleh peserta didik dan manfaat untuk gurunya sendiri. Manfaat yang dirasakan oleh peserta didik yaitu meningkatnya minat baca peserta didik dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk gurunya pribadi bisa menjadi sumber motivasi dan insprirasi bagi guru-guru yang lain.

Tujuan dan Sasaran

Tujaun dari penulisan praktik baik (Best Practice) ini adalah untuk menjelaskan kegiatan pembelajaran pada PPL Siklus 2 dengan media jara PowerPoint (PPT) dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan minat bacanya. Sasaran dari kegiatan ini adalah peserta didik kelas 1 di SDN 22 Kubu dengan jumlah 12 orang.

Bahan/Materi Kegiatan

Bahan/materi ajar yang digunakan dalam praktik baik (Best Practice) ini adalah Tema 5 (Pengalamanku) Subtema 2 (Pengalamanku Bersama Teman) dan pembelajaran 3 dengan materi "Ungkapan permintaan maaf dan nilai tempat bilangan 20 sampai 40".

Cara Melaksanakan Kegiatan

Dalam penulisan praktik baik (Best Practice) ini ada beberapa tahapan dalam melaksanakan kegiatan ini, seperti :

Menentukan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan tema yang akan diajarkan. Ada 2 kompetensi yang akan diambil yaitu untuk muatan Bahasa Indonesia dan Matematika.

Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dengan memperhatikan penggunaan Kata kerja Operasional (KKO). Untuk setiap Kompetensi Dasar (KD) akan dirumuskan 3 indikator yang sesuai dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.

Menentukan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan target yang harus dicapai peserta didik. Dalam hal ini ada 6 tujuan pembelajaran.

Menentukan materi yang akan diajarkan sesuai dengan tema disemester genap. Untuk muatan Bahasa Indonesia, materi yang akan diajarkan yaitu ungkapan permintaan maaf, sedangkan untuk matematika adalah nilai tempat bilangan 20 sampai 40.

Menentukan metode pembelajaran. Dalam hal ini penulis menggunakan Problem Based Learning (PBL).

Menentukan media pembelajaran. Dalam kegiatan Best Practice ini, media yang digunakan adalah power point (PPT).

Menentukan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan metode PBL. Dalam hal ini, guru membagi kegiatan pembelajaran menggunakan 5 fase, yaiu fase 1 (Orientasi peserta didik pada masalah, fase 2 (Mengorganisasi peserta didik dalam belajar), fase 3 (Membimbing penyelidikan peserta didik secara mandiri maupun kelompok), fase 4 (Mengembangkan dan menyajikan hasil karya) dan fase 5 (Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah).

Media dan Instrumen

Media yang digunakan adalah Power Point (PPT). Dalam tayangan PPT akan diselipkan gambar dan teks yang dibuat semenarik mungkin sehingga mampu menarik perhatian peserta didik. Instumen yang digunakan ada 3 bentuk, seperti instrument penilaian (meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan), lembar observasi dan lembar refleksi.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan praktik baik (Best Practice) ini dilaksanakan pada waktu kegiatan PPL Siklus 2 yaitu pada hari sabtu, 20 Januari 2024 bertempat di SDN 22 Kubu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun