Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat-nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas artikel ilmiah yang berjudul "Budaya Organisasi" ini tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari penulisan dari artikel ini adalah untuk memenuhi tugas dari Bpk.Muhammad Rizal Saraguh S,E,M,M. Â pada Prodi S1 Akuntansi Mata kuliah Perilaku Organisasi. Selain itu, artikel ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang Budaya organisasi bagi para pembaca dan juga bagi penulis.
Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak dosen, selaku dosen Prodi S1 Akuntansi mata kuliah Perilaku Organisasi yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang kami tekuni.
Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman kelompok 2 sebagian pengetahuannya dan kerja samanya sehingga  dapat menyelesaikan tugas artikel ini.
Kami menyadari, artikel yang kami tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan kami nantikan demi kesempurnaan artikel ini.
[tempat, tanggal pembuatan artikel]
Penulis
-Kelompok 2-
Perkembangan organisasi di era globalisasi yang semakin pesat membuat persaingan dalam suatu organisasi pun semakin ketat. Sumber daya manusia memiliki peran penting dalam persaingan bisnis saat ini. Dikatakan bahwa perusahaan dengan sumber daya manusia yang baik akan dapat bersaing dengan perusahaan lainnyan. Hal ini yang membuktikan bahwa kualitas sumber daya manusia juga menentukan kualitas dan masa depan perusahaan tersebut.
  Â
Ide yang menganggap organisasi-organisasi itu sebagai satuan-satuan budaya yang didalamnya terdapat sebuah sistem yang dapat diartikan sama oleh setiap anggota organisasi adalah suatu fenomena yang masih relatif baru. Budaya organisasi dapat membedakan antara organisasi satu dengan organisasi yang lainnya.
Pemahaman tentang organisasi tentu tidak lepas dari konsep dasar tentang budaya, yang merupakan salah satu termologi dalam sosiologi.
   Â
Budaya organisasi juga merupakan sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatau organisasi dari organisasi-organisasi yang lainnya. Sistem makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristrik kunci yang di junjung tinggi oleh organisasi.
      Â
Kesimpulan
Berdasarkan uraian tentang budaya organisasi di atas, maka dapat kita simpulkan beberapa hal terkait budaya organisasi, yakni budaya organisasi dapat diartikan sebagai nilai, norma, aturan, falsafah, dan kepercayaan yang diyakini oleh sebuah organisasi yang tercemin dalam pola fikir dan prilaku para anggota organisasi. Dengan demikian tentu organisasi memiliki karakteristik, karakteristik penting dari budaya organisasi diantaranya adalah aturan-aturan perilaku, norma, nilai-nilai dominan, filosofi, peraturan-peraturan yang tegas dari organisasi dan iklim organisasi.
Budaya organisasi memiliki kegunaan sebagai pembeda dengan organisasi lainnya, sebagai identitas anggota sebuah organisasi, sebagai komitmen anggota diatas kepentingan bersama.sebagai perekat sosial dengan menyediakan standar yang anggota harus lakukan dan katakan, dan berguna juga sebagai mekanisme kontrol yang membentuk perilaku anggota.Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI