SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA.
PADA KESEMPATAN KALI INI KITA BOLEH BERSYUKUR KARENA MASIH DIBERI KESEMPATAN UNTUK BISA MEMPERINGATI HARI KARTINI KEMARIN PADA TANGGAL 21 APRIL 2024.
SEBELUM SAYA MEMULAI INTI AMANAT SAYA PADA PAGI HARI INI, IZINKAN SAYA MENYAMPAIKAN SEDIKIT PROFIL SINGKAT TENTANG R.A. KARTINI (KHUSUSNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN)
WANITA SEDERHANA BERPARAS CANTIK ITU LAHIR PADA TANGGAL 21 APRIL 1879 DI JEPARA, JAWA TENGAH. KITA MENGENALINYA DENGAN SEBUTAN IBU RADEN ADJENG KARTINI. BELIAU MASIH MERUPAKAN KELUARGA BANGSAWAN JAWA. BELIAU MERUPAKAN PUTRI DARI RADEN MAS ADIPATI ARIO SOSONINGRAT DAN M.A NGASIRAH. AYAH KARTINI MENJABAT SEBAGAI BUPATI JEPARA PADA SAAT ITU.
APA HAL YANG MENARIK DAN MELEKAT JIKA KITA MENDENGAR NAMA R.A KARTINI? SAYA PRIBADI AKAN LANGSUNG TERINGAT PADA FRASA "EMANSIPASI WANITA" ATAU "KESETARAAN GENDER". APA YANG DIMAKSUD DENGAN EMANSIPASI WANITA? DIKUTIP DARI LAMAN DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DIJELASKAN BAHWA MAKNA SEBENARNYA DARI ISTILAH EMANSIPASI WANITA YAITU BAGAIMANA PEREMPUAN DAPAT BERKEMBANG DAN MAJU DARI WAKTU KE WAKTU TANPA MENGHILANGKAN JATI DIRINYA. SEDANGKAN KESETARAAN GENDER MERUJUK KEPADA SUATU KEADAAN SETARA ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN.
SEMASA HIDUPNYA, IBU R.A KARTINI BANYAK MENULIS SURAT-SURAT YANG DIBERIKAN KEPADA TEMAN-TEMANNYA. SEBAGIAN BESAR SURAT-SURAT TERSEBUT BERISI KELUHAN DAN GUGATAN KHUSUSNYA MENYANGKUT BUDAYA DI JAWA YANG DIPANDANG SEBAGAI PENGHAMBAT KEMAJUAN PEREMPUAN. SOSOK R.A KARTINI INGIN WANITA MEMILIKI KEBEBASAN MENUNTUT ILMU DAN BELAJAR.
BETAPA SULITNYA MENEMPUH PENDIDIKAN PADA ZAMAN ITU? SAYA SUDAH MEMBUAT 1 CERITA YANG NANTI AKAN KITA RENUNGKAN BERSAMA
CERITAÂ
DI SEBUAH DESA TERPENCIL, HIDUPLAH SEORANG GADIS BERNAMA SINTA. IA TINGGAL BERSAMA DENGAN AYAH, IBU, DAN KETIGA ADIK LAKI-LAKINYA. SEJAK KECIL SINTA SERING MEMBANTU ORANG TUANYA MENCARI IKAN UNTUK DIJUAL KE PASAR. SAMPAI PADA AKHIRNYA SINTA INGIN MELANJUTKAN PENDIDIKANNYA KE JENJANG YANG LEBIH TINGGI DENGAN TUJUAN UNTUK MEMBANTU PEREKONOMIAN KELUARGA.
SAMBIL MEMASANG JARING BERSAMA AYAHNYA, SINTA MENANYAKAN HAL PENTING PADA AYAHNYA,
"AYAH SEBENTAR LAGI SINTA KAN LULUS SMA. AKU INGIN MELANJUTKAN KULIAH DI KOTA LAIN." MENDENGAR KALIMAT ITU AYAH MENGHENTIKAN PEKERJAANNYA DAN BERKATA DENGAN NADA TINGGI,
"NGAPAIN KAMU SEKOLAH LAGI. UDAH BERSYUKUR AYAH BISA SEKOLAHIN KAMU SAMPAI SMA." SINTA PUN MENDENGAR JAWABAN AYAHNYA LANGSUNG MENIMPALINYA DENGAN BERKATA,
"MEMANG ADA YANG SALAH KAH DARI PERMINTAAN SINTA, PAK?"
AYAH: SINTA, ADIK MU MASIH KECIL-KECIL DAN BAPAK TIDAK SANGGUP MEMBAYAR SEKOLAH MU. LAGI PULA APA TIDAK CUKUP SEKOLAH SAMPAI SMA? NAK, ADIK MU SEMUANYA LAKI-LAKI BIARLAH MEREKA YANG MENUNTUT ILMU LEBIH TINGGI KARENA MEREKA AKAN MENJADI KEPALA KELUARGA. TUGAS MU KAN SEPERTI IBU, DI RUMAH MEMASAK, MENCUCI, MENGURUS SUAMI DAN ANAK-ANAK MU NANTI, JADI UNTUK APA SEKOLAH TINGGI -TINGGI, NAK.
SINTA: YA SUDAHLAH KALAU MEMANG ITU KEPUTUSAN TERBAIK MENURUT AYAH, SINTA AKAN HORMATI.
DARI CERITA SEDERHANA SAYA INI, ADA HAL YANG BISA DIRENUNGKAN. CERITA INI BERFOKUS PADA MASA DEPAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN TINGKAT LANJUT. NASIB SINTA MUNGKIN DIRASAKAN OLEH TEMAN-TEMAN KITA DI LUAR SANA. CERITA INI BERKAITAN DENGAN ISTILAH "DISKRIMINASI KESETARAAN GENDER" TERLETAK PADA RENDAHNYA POLA PIKIR SEBAGIAN ORANG AKAN PENTINGNYA PENDIDIKAN.
PADA CERITA PERTAMA, AYAH SINTA MENYAMPAIKAN NAK, TUGAS MU KAN SEPERTI IBU, DI RUMAH MEMASAK, MENCUCI, MENGURUS SUAMI DAN ANAK-ANAK MU NANTI, JADI UNTUK APA SEKOLAH TINGGI -TINGGI, NAK.
CONTOH KALIMAT YANG DISAMPAIKAN OLEH AYAH SINTA ADALAH CONTOH KALIMAT YANG SERING KITA JUMPAI DI SEKITAR KITA. KONDISI TERSEBUT MERUPAKAN CONTOH BAHWA KESETARAAN GENDER DI INDONESIA SAMPAI SAAT INI BELUM MERATA.
DIKUTIP DARI JURNAL BERJUDUL "KESETARAAN GENDER DALAM DUNIA PENDIDIKAN" OLEH: ACHMAD SAEFUL. DIJELASKAN BAHWA PENDIDIKAN YANG SEJATINYA RANAH BELAJAR BAGI LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN, TETAPI PADA REALITA YANG ADA JUSTRU LEBIH DIGANDRUNGI OLEH LAKI-LAKI DARIPADA PEREMPUAN. Â KONDISI INI BUKAN TANPA ALASAN, TETAPI DILATARBELAKANGI OLEH PANDANGAN PATRIARKI PADA MASYARAKAT, YAITU PENDAPAT YANG BERPANDANGAN BAHWA LAKI-LAKI LEBIH TINGGI KEDUDUKAN DAN DERAJATNYA DARIPADA PEREMPUAN.
SALAH SATU PENERAPAN KONKRET YANG SUDAH DILAKUKAN OLEH SEKOLAH KITA UNTUK MENANGGULANGI DISKRIMINASI KESETARAAN GENDER DALAM HAL PERUBAHAN KULTURAL DI SEKOAH ADALAH DENGAN MENYEDIAKAN FASILITAS TOILET, RUANG UKS TERPISAH ANTARA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI. DAN DALAM DINAMIKA PEMBELAJARAN, PESERTA DIDIK PEREMPUAN BERHAK MENJADI SEORANG PEMIMPIN DI KELAS. SAAT INI PUN DI SEKOLAH KITA MEMILIKI KETUA OSIS PEREMPUAN, DENGAN BEGITU, KESETARAAN GENDER DAN EMANSIPASI WANITA DALAM AKSES PENDIDIKAN TERKHUSUS PADA PELAYANAN DI SEKOLAH TELAH TERCAPAI. HARAPANNYA, SEKOLAH-SEKOLAH DI INDONESIA DAPAT MEMILIKI SUMBER DAYA MANUSIA YANG MAJU DAN BERKEMBANG.
UNTUK ITU, SUDAH SELAYAKNYA ANAK-ANAK DAN KITA SEMUA BERSYUKUR MASIH DIBERI KESEMPATAN UNTUK BISA MENEMPUH JENJANG PENDIDIKAN. JIKA DIBANDINGKAN DENGAN TEMAN-TEMAN KITA YANG BELUM BERKESEMPATAN UNTUK MENIKMATI PENDIDIKAN, SUDAH SEPATUTNYA KITA BERJUANG MENCAPAI HAL YANG KITA CITA-CITAKAN TENTUNYA UNTUK KEMAJUAN BANGSA KITA.
SEKIAN AMANAT SAYA TERIMA KASIH, SELAMAT PAGI. TUHAN MEMBERKATI.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H