Mohon tunggu...
Lucia Vanessa Dewi Lantamsari
Lucia Vanessa Dewi Lantamsari Mohon Tunggu... Jurnalis - .

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Pentingnya Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Perekonomian Negara"

23 Desember 2020   03:56 Diperbarui: 23 Desember 2020   04:18 2952
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ekonomi kreatif memiliki peran yang penting untuk meningkatkan perekonomian negara. Industri kreatif diperlukan dalam rangka membangun ekonomi kreatif. Dalam industri kreatif, terdapat konsep dasar yang penting untuk menggeluti ide-ide industri kreatif, seperti menjalankan bisnis industri kreatif, atau bahkan me-review industri kreatif. United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) menyatakan bahwa ekonomi kreatif adalah konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan pada aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi.

Konsep dasar yang pertama dalam industri kreatif adalah Aesthetics/Art, yaitu nilai estetika ditentukan oleh pasar atau konsumen. Ketika konsumen atau pasar tertarik dengan keindahan produk dari suatu industri, maka mereka akan mengonsumsi atau membeli produk tersebut.

Kedua, Agent/agency, Agent merujuk pada pelaku. Struktur dan agensi dalam industri kreatif: Struktur adalah sistem pengaturan yang tertanam secara sistematis, agensi menunjukkan kapasitas individu untuk bertindak secara mandiri sesuai dengan pilihannya. Dalam industri kreatif, agent sering disebut sebagai agen perubahan.

Ketiga, Attention, bicara tentang perhatian, ada pula dinamika perhatian: menarik dan mempertahankan perhatian, mengubahnya menjadi nilai komersil, bahkan menjadi jaringan yang memberikan pengaruh sosial, pembelajaran sosial, dan evolusi budaya. Media digital menjadi peluang dan platform.

Keempat audience/khalayak, merupakan hubungan unik antara industri kreatif dengan khalayak.  Industri kreatif lebih dulu menawarkan produk sebelum muncul permintaan dari khalayak. Hal baru yang kreatif selalu ada sebelum permintaan muncul.

Kelima cluster, istilah ini berasal dari Inggris (Alfred Marshall): Distrik Industri, yaitu kelompok bisnis di lokasi tertentu, terutama konsentrasi pada perusahaan kecil. Bersaing di pasar yang sama tetapi saling bekerjasama mengembangkan pengetahuan yang sama.

Keenam co-creation: user-created content, user-generated content, konsumen aktif semakin dikuatkan dengan teknologi media sosial. Diciptakan bersama oleh perusahaan dan pelanggan.

Ketujuh competition, persaingan adalah mekanisme penting dalam sebuah industri. Industri yang memiliki ide lebih baik atau bisnis lebih efisien akan mendapatkan pangsa pasar begitupun sebaliknya. Meningkatkan kreativitas dan efektivitas adalah cara untuk memenangkan persaingan.

Kedelapan complex system, industri kreatif berada pada sistem yang saling berhubungan dengan hal-hal lain yang tidak dapat dikontrol namun mempengaruhi industri dan mendorong evolusi.

Kesembilan consumer, konsumen adalah jantung industri kreatif. Pola konsumsi dalam industri kreatif tidak dipandang sebagai wujud eksploitas konsumen/manipulasi perusahaan. Misalnya, dalam konsumsi media, perlu dipandang sebagai mode literasi, yaitu konsumen semakin aktif mengonsumsi informasi dari buku maupun karya sastra kekinian.

Kesepuluh convergence, lahir di era media digital, mempengaruhi produksi dan konsumsi budaya di seluruh industri kreatif.

 Kesebelas creative arts, seni kreatif berkembang sesuai zaman sehingga penilaian terhadap seni kreatif berbeda setiap zamannya, prespektif tiongkok kuno: objek kekaguman sekaligus sarana untuk menyampaikan ide-ide filosofis; perspektif kontemporer: kesesuaian antara budaya dan alam yang didefinisikan ulang dari waktu ke waktu.

Keduabelas crowd funding, penggalangan dana dari publik untuk tujuan tertentu (profit, non-profit), mempertemukan pemilik modal dengan pelaku usaha. Industri kreatif membutuhkan dana.

Potensi pengembangan dan pertumbuhan ekonomi membutuhkan peran pemerintah sebagai regulator dan fasilitator. Maka aspek kebijakan dari pemerintah menjadi penting. Dalam rangka melindungi industri kreatif yang ada di Indonesia, pemerintah menenerbitkan kebijakan. Kebijakan terhadap perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) produk ekonomi kreatif (ekraf) sudah diterapkan oleh pemerintah Indonesia dengan membentuk bermacam peraturan perundang-undangan. Melewati Undang-Undang dalam bidang Hak Kekayaan Intelektual diberikan perlindungan yang bertabiat preventif. Perlindungan hukum atas merk pada dasarnya diperuntukan untuk menghindari terbentuknya unfair competition seperti menghindari dan melarang orang lain untuk melakukan pelanggaran yang berbentuk pemanfaatan ataupun pemboncengan merk kepunyaan orang lain.

Sebuah HKI wajib didaftarkan dengan syarat memenuhi Undang-Undang, di mana pengakuan serta pembenaran terhadap HKI seseorang dengan diwujudkannya sertifikat registrasi, sehingga owner kekayaan intelektual yang sudah mendaftar diri untuk mendapatkan perlindungan hukum. Perihal ini produk ekonomi kreatif yang tidak terdaftar, maka tidak diakui serta tidak dilindungi oleh pemerintah lewat UU, sehingga pihak lain memiliki kesempatan untuk menjiplak atau meniru. Akibat lebih lanjut sebuah produk yang tidak terdaftar tidak dapat mengembangkan mereknya dengan optimal.

Secara universal program sosialisasi serta pelatihan HKI bagaikan ujung tombak untuk melakukan penyadaran kepada warga terhadap bernilainya HKI bagi pelaksana yang belum maksimal. Sosialisasi HKI dicoba oleh lembaga pendidikan serta pemerintah pusat dan pemerintah wilayah terkesan melaksanakan aktivitas atau proyek sebuah program lembaga secara masing-masing. Oleh karena itu, sosialisasi serta pelatihan sebuah HKI untuk pelaksana ekraf perlu disenergikan sehingga bisa dicoba agar sesuai dengan target.

Pemerintah pula butuh pendampingan registrasi HKI yang dimulai dari sesi dini hingga dikeluarkannya sertifikat untuk HKI. Perihal ini mengingat keterbatasan waktu serta bayaran yang dipunyai pelaksana ekraf. Peninggalan utama dalam sebuah pengembangan ekraf merupakan kekayaan intelektual yang dipunyai oleh pelaksana ekraf.

Tingkatan pemahaman serta uraian pelaksana ekraf terhadap sebuah HKI belum menyeluruh serta relatif sedikit. Perihal ini berakibat pada pelaksana ekraf yang kerap tidak menyadari sudah terjadi pelanggaranan HKI olehnya, sehingga pelaksana ekraf tidak bisa menerima keuntungan ekonomi dari adanya kekayaan intelektual secara maksimal. Oleh karena itu, pemerintah pusat ataupun wilayah harus menggiatkan sosialisasi tentang HKI serta memfasilitasi registrasi HKI bagi pelaksana ekraf.

Dalam meningkatkan ekraf agar adil diseluruh wilayah Indonesia, diperlukan bantuan dari pemerintah juga. Pelaksana ekraf yang berada diseluruh wilayah Indonesia diberikan bantuan pemerintah berupa kelembagaan dan anggaran. Melalui Program Legislasi Nasional 2014-2019 yang pembuatan UU sudah ditingkat pusat akan menjadi relevan dalam pembangunan ekraf di Indonesia. Kebijakan-kebijakan Hak Kekayaan Intelektual melindungi 16 sektor industri kreatif yaitu periklanan, arsitektur, gambar, desain produk, fashion, aplikasi, desain interior, desain komunikasi visual, televisi/radio, penerbitan, musik, kuliner, fotografi, kriya, seni pertunjukan, dan animasi/film

Pendapatan domestik yang dimiliki oleh sektor ekonomi kreatif sangat besar. Maka dibutuhkan pengembangan yang lebih intensif dari berbagai stakeholder sehingga ekonomi kreatif semakin berkembang di tengah kompetisi perkembangan ekonomi kreatif global.  Pemerintah berusaha untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan membangun baik policy maupun peningkatan brainware SDM dengan mereorganisasi dari tingkat Badan di struktur kepemerintahan menjadi tingkat kementerian sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2019 menjadi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Indonesia Maju.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif sudah memiliki arah pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Saat ini ekonomi kreatif lebih berfokus pada perubahan paradigma dalam memecahkan masalah yang ada, yaitu dengan memberikan inovasi model dengan cara dan juga nilai yang baru. Visi dan misi dari Kabinet Indonesia Maju memiliki lima program kerja, yaitu lebih memfokuskan pada infrastruktur, SDM (Sumber Daya Manusia), investasi, reformasi birokrasi dan juga penggunaan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Tentu saja visi dan misi tersebut harus dijalankan berdasarkan ideologi Pancasila, persatuan dan kesatuan bangsa serta semboyan negara Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Sesuai dalam Bekrat OPUS Ekonomi Kreatif Outlook 2019, kontribusi ekonomi kreatif terhadap Indonesia dapat dikatakan mengalami banyak sekali peningkatan. Dalam aspek PDB saja, ekonomi kreatif telah berkontribusi sebesar Rp. 1.165 triliun. Kontribusi ekonomi kreatif terhadap perekonomian nasional pun cukup tinggi, dan diproyeksikan akan terus meningkat. Tenaga kerja ekonomi kreatif juga mengalami peningkatan menjadi 19 juta orang. sedangkan, jumlah ekspor ekonomi kreatif Indonesia pada tahun 2019 kemarin mencapai US$ 22.07 miliar. Kontribusi ekonomi kreatif Indonesia terhadap PDB menempati peringkat ketiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Yang paling membanggakan, Indonesia pun telah memiliki decacorn yaitu Go-Jek, dan empat unicorn yaitu OVO, Tokopedia, Bukalapak dan Traveloka. Hal ini tentu membanggakan kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia.

Besarnya kontribusi ekonomi kreatif menandakan bahwa ekonomi kreatif penting dalam membangun perekonomian bangsa. Ekonomi kreatif sangat berperan dalam perekonomian suatu negara terutama dalam hal menciptakan lapangan kerja baru, menambah kekayaan intelektual, meningkatkan perkembangan teknologi, dan sebagainya. Karena hal ini merupakan hal yang positif, maka sudah sepatutnya perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia terus didorong agar semakin berdampak baik bagi kemajuan perekonomian bangsa. Kemajuan pesat ekonomi kreatif dapat membuka mata kita untuk melihat hal-hal apa saja yang sedang berkembang di negara ini, sehingga kita dapat menentukan hal apa yang dapat kita kontribusikan bagi Indonesia.

Kemajuan pesat ekonomi kreatif juga dibarengi dengan pesatnya pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi di era modern saat ini. Di Era ini terjadi transformasi perkembangan industri konvensional (tradisional) mengarah ke industri yang berbasis ekonomi dan kreatif dimana tidak lagi mengandalkan sumber daya manusia sebagai tenaga yang begitu besar melainkan mengandalkan ide dari ilmu pengetahuan yang dikembangkan manusia.

Dalam rencana startegis Kemenparekraf 2020-2024 menyebutkan meningkatnya ekonomi kreatif terhadap ketahanan ekonomi dengan cara membina masyarakat dengan industri lokal di dalamnya agar dapat meningkatkan daya saing antar produk lokal dan juga industri pariwisata nasional dan berdampak berkelanjutan dalam pelaksanaanya. Dampak dari berjalannya strategi ini diharapkan dapat membentuk peningkatan sumber daya manusia secara merata khususnya keterampilan masyarakat di bidang ekonomi agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi di wilayahnya tersebut.

Sektor-sektor ekonomi kreatif saat ini perlu mendapatkan perhatian, karena sektor-sektor tersebut sangat memiliki peran penting pada perekonomian nasional. Tetapi, upaya untuk mengembangkan sektor ekonomi masih banyak sekali permasalahan.

Pertama, ditetapkannya 16 subsektor ekonomi kreatif tersebut belum diiringi strategi terhadap penyiapan yang sistematik, terkhusus untuk infrastruktur penunjang serta tatanan regulasi.

Kedua, ekonomi kreatif hadir sebagai wujud dari ide kreatif, manfaat ekonomi serta inovasi pada masyarakat belum mampu mendorong pemerintah agar segera merespon terhadap penataan, pengaturan, pengembangan-pengembangan usaha, serta pada suatu produk kreatif yang dapat memberikan poin plus terhadap ekonomi serta pada nilai kemanfaatan sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

Ketiga, perkembangan budaya dan teknologi serta potensi wilayah yang mendukung dan sangat bervariasi sudah mendorong masyarakat agar dapat melakukan usaha serta menghasilkan suatu produk yang kreatif.

Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing di daerah-daerah melalui ekonomi kreatif, pemerintahan pusat secara bersama-sama dengan pemerintah daerah dapat memperhatikan hal-hal seperti menetapkan dan mendaftar pada usaha-usaha serta pada jenis produk pada ekonomi kreatif yang berkembang di wilayah tersebut. Pemerintah mendorong para pelaku usaha kreatif dengan memberikan bantuan pendanaan dan memberikan fasilitas pemasaran. Pemerintah juga mengajak para pelaku usaha ekonomi kreatif untuk mendaftarkan usaha-nya atau produk kreatif-nya agar dilindungi Hak Kekayaan Intelektual.

Anggota kelompok 3 kelas C :

Lucia Vanessa D (200907262)

Patricia Pavita S (200907270 )

Anastasia Putri L. (200907273)

Stella Maris Novena (200907275)

Luciana Gladiola S. (200907291)

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun