Mohon tunggu...
Lukman Hadi
Lukman Hadi Mohon Tunggu... Lainnya - Bebas Merdeka

Mencintai Persebaya dengan restu ibu dan bapak

Selanjutnya

Tutup

Book

Film "Ancika" Viral di Media Sosial, Bagaimana Cerita di Novelnya?

13 Januari 2024   07:00 Diperbarui: 13 Januari 2024   07:02 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Malam ini saya penasaran dengan siapa itu Ancika, sosok yang sedang viral karena serial film Dilan.

Kemudian membaca novelnya yang saya pinjam dari salah seorang teman. Semalaman saya membacanya dengan seksama, meski tak begitu menikmati seperti ketika membaca novel Re karangan Maman Suherman.

Alasan saya membacanya adalah, pertama karena saya sudah menonton 3 serial Dilan di Netflix. Dan sebelumnya rumor adanya kelanjutan film tersebut sudah mencuat.

Kemudian alasan kedua saya membaca novel Ancika ini adalah karena trending di berbagai media sosial, terutama TikTok. Hal itulah yang kemudian membuat semakin penasaran.

Pidi Baiq seolah mampu menghipnotis setiap pembacanya tentang cinta dan Bandung yang kekal. Apalagi visualnya di film Dilan, tepat seperti kebanyakan orang memandang bagaimana kota kembang.

Di novel Ancika ini, saya merasa tidak terbawa emosi dalam ceritanya. Bagaimana bisa? saya malah condong kepada beberapa point di luar konteks cerita, seperti bagaimana Dilan pergi ke Kuba di masa akhir Orde Baru.

Kita tahu sendiri bagaimana Kuba terbentuk dan sikap bangsa ini di era orde baru terhadap Fidel Castro.

Saya hanya penasaran bagaimana Dilan bisa mendapatkan izin pergi ke Kuba ketika politik dalam negeri sedang memanas. Selain itu, sikap Soeharto yang melarang pemahaman sosialis, komunis, dan leninisme.

Di film dan di novel ini, saya kagum dengan sosok Dilan yang mampu membuat segala sesuatu nampak sederhana dan menyenangkan. Itu merupakan kritik terhadap diri sendiri tentang bagaimana harus berperilaku.

Menurut saya, sosok Dilan seperti halnya air yang bisa berada di berbagai tempat. Ia bisa membaur dengan mudah dan menjadikan suasana menyenangkan.

Selain itu, ada satu hal yang menurutku aneh. Dalam novel tersebut diceritakan bahwa Dilan akan melamar Ancika pada hari Sabtu malam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun