Mohon tunggu...
loly fianda
loly fianda Mohon Tunggu... Guru - Guru SD Negeri 15 Kepingoi Kecamatan Ambalau Sintang

Guru yang senang membaca hal-hal baru.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ilmu Baru Guru Penggerak

12 Mei 2022   22:37 Diperbarui: 12 Mei 2022   22:39 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menjadi guru bukan berarti berhenti belajar, atau tugas berganti hanya mendidik dan mengajar. Kekhawatiran tida berkembag atau hilangnya ilmu yang sudah dimiliki sering kali saya alami. 

Sedangkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan proefesi sulit didapatkan karena lokasi  megajar yang sangat jauh. Melalui program Guru Penggerak ini saya kembali memiliki kesempatan belajar dan mendapatkan engetahuan-pengetahuan baru yang akan sangat bermanfaat bagi guru di sekolah.

Mempelajari kembali Filosofi Pengajar Ki Hajar Dewantara dan memahami relvansinya degan situasi pendidikan saat sekarang menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan. “Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karasa, tut wuri handayani”, sudah menjadi semboyan pendidikan Indonesia. 

Filosofi yang mengajarkan kita bahwa seorang guru harus bisa menjadi teladan, memberi motivasi serta memberikan dukungan. Peran ini semakin dibutuhkan oleh murid dalam menghadapi perubahan proses pembelajaran selama masa pandemi. Guru menunjukan teladannya dengan menyesuaikan proses pembelajaran dengan situasi dan keadaan. 

Menunjukan sikap positif  dalam menghadapi perubahan, memberikan motivasi kepada murid  menjadi hal yang sangat penting karean banyak murid yang tertekan dan stress menghadapi situasi pandemi. Guru juga harus senantiasa memberi dukungan hingga motivasi belajar murid senantiasa terjaga.

Berada di sekolah sebagai seorang pemimpin pembelajaran  guru senantiasa dituntut membuat keputusan, Keputusan –keputusan yang berpihak kepada murid. Keberpihakan kepada murid menjadi salah satu tujuan pendidikan yang bersama-sama harus kita capai. 

Pengambilan keputusan biasanya didasari oleh nilai-nilai yang diyakini oleh guru, seperti nilai kebajikan, nilai kebersamaan, nilai toleransi serta keadilan dan lain-lain. Biasanya nilai-nilai yang diyakini oleh masyarakat juga ikut menengaruhi keputusa yang  dibuat oleh guru. 

Dalam pembuatan keputusan yang baik biasanya kita akan mempertahankan nilai-nilai yang kita yakini dan berusaha untuk mengikuti prinsip-prinsip yang selama ini kita yakini. Sehingga keputusan yang kita buat mencerminkan pribadi dan nilai-nilai yang kita yakini.

Pada akhirnya keputusan-keputusan guru akan memberi dampak pada murid maupun pada lingkugan sekolah dimana guru itu mengajar. Komunikasi dan diskusi bersama rekan guru di sekolah dapat menbantu kita mengenali dampak-dampak yang mungkin muncul dari keputusan yang dibuat.

Salah satu langkah yang dapat kita lakukan untuk mengetahui dampak sosial maupun emosional atas keputusan dengan menjalankan sembilan langkah pengambilan  dan pengujian keputusan. 

Tahapan pengujian benar atau salah memberikan gambaran jelas akan dampak yang mungkin muncul, dibantu dengan  merefleksikan kembali keputusan yang kita buat. Dengan merefleksikan  kita bisa mengetahui dampak dari keputusa yang kita buat sehingga kita dapat mengantisipasi hal tersebut.

Salah satu metode belajar dalam kegiatan guru penggerak adalah melalui studi kasus. Kasus-kasus yang ditampilkan seringkali kita temui atau bahkan pernah kita alami di lingkungan sekolah tempat kita mengajar. 

Peserta diajak masuk kedalam kasus dan meyelesaikannya seolah-olah dia yang menghadapi situasi tersebut. Selama proses penyelesaian kasus-kasus tersebut, keputusan-keputusan yang diambil dalam penyelesaian masalah menggambarkan nilai-nilai yang dianut peserta. 

Maka pada akhirnya keputusan yang dibuat dapat berbeda karena nilai dan keyakinan yang dianut. Baik ketika kasus berupa kasus bujukan moral maupun dilema etika.

Keputusan tepat  yang dilahirkan melalui berbagai pertimbangan dan melewati tahapan-tahapan/langkah pengambilan keputusan yang tepat tentunya akan memberikan dampak positif di lingkungan sekolah. karena dengan pertimbangan yang baik kita dapat mengurangi dampak yang muncul melalui analisis yang telah kita lakukan. Keputusan yang baik tentunya lahir melalui proses yang telah kita laksanakan.

Salah satu kesulitan ketika mengikuti kegiatan guru penggerak ini adalah ketika kita mulai mempraktekan dan menerapkan ilmu-ilmu yang kita dapatkan di lingkungan sekolah. mengubah kebiasaan dan memulai sesuati yang baru bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Begitu juga halnya ketika kita membuat keputusan. 

Meski sudah melalui pertimbangan yang panjang pada akhirnya yang paling penting adalah keputusan tersebut dapat menyenangkan banyak orang yang memiliki kepentingan didalamnya. Meski demikia perubahan dapat kita lakukan perlahan-lahan hinga pada akhirnya menjadi kebiasaan.

Meski demikia di kelas seorang guru mempunyai kekuasaan lebih besar atas kelas yang dipimpinya. Guru yang menyusun keputusannya berdasarkan keberpihakan kepada murid pada akhirnya dapat mewujudkan murid yang merdeka. Memerdekakan mereka dalam berkreasi, berekspresi dan mengemukakan pendapat. 

Mewujudkan murid merdeka melalui serangkaian proses yang panjang, salah satunya dengan peran  guru melahirkan keputusan-keputusan tepat terhadap muridnya.

Dari sekian banyak modul yang dipelajari dalam kegiatan guru penggerak, setiap modul memiliki keterkaitan dengan modul-modul lainya. Salah satunya modul pemimpin pembelajaran yang isinya berkaitan dengan nilai dan proses pengambilan keputusan.

Salah satu contonya dalam proses pembelajaran berdiferensiasi, guru melewai serangkaian proses analisa dan pertimbangan. Hingga pada akhirnya guru memutuskan langkah-langkah dan metode pembelajaran yang akan digunakannya. 

Proses pengambilan keputusannya dapat dilakukan melalui cara-cara yang telah diajarkan dalam modul pemimpin belajar ini. Selain itu juga bisa diterapkan dalam modul-modul lainnya yang membutuhkan pengambilan keputusan dalam pelaksanaannya.

Pada akhirnya kegiatan guru penggerak memberi pelajaran yang sangat dibutuhkan oleh guru. Bersifat praktikal dan bisa langsung dijalankan di lingkugan sekolah kita masing-masing. Semoga kedepannya semua guru bisa mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang sama melalui kegiatan guru penggerak ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun