Nama Penulis : Lolona O.K Tumangger
Nama Penulis Kedua : Helena Turnip M.Pd
A.Konsep dan Teori Administrasi
1.Teori Administrasi
Slamet Wijaya Atmosudarmo (1961) mengemukakan bawa pengertian administrasi dapat ditinjau dari sudut :
*Institusional, yaitu administrasi adalah keseluruhan orang atau kelompok orang-orang sebagai suatu kesatuan menjalankan proses kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan bersama.
*Administrasi Fungsional, merupakan suatu bentuk kegiatan / tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang bersifat melihat kedepan
*Administrasi sebagai proses, yaitu keseluruhan proses yang berupa kegiatan-kegiatan, pemikiran-pemikiran, pengaturan-pengaturan sejak dari penentuan penentuan tujuan sampai penyelenggaraan sehingga tercapai tujuan tersebut. (The Liang Gie, 1983:62)
Jadi administrasi adalah rangkaian kegiatan bersama sekelompok manusia secara sistematis untuk menjalankan roda sebuah usaha dan misi sebuah organisasi agar terlaksana, untuk mencapai suatu usaha dengan suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan untuk dicapai.
2.Hubungan Ilmu Administrasi Pendidikan dalam Ilmu Pengetahuan
Sondang P. Siagian, seorang ahli yang memberikan pendapat bahwa : membedakan karakteristik dari ilmu-ilmu eksakta mempunyai karakteristik utama yaitu, bahwa keseluruhan prinsip-prinsip, rumus-rumus, dan dalil-dalilnya berlaku universal dan dapat diterapkan melalui proses adopsi, karena prisnsip-prinsip, rumus-rumus, dan dalil-dalil tersebut tersebut tidak mengenal batas waktu dan tempat.