Mohon tunggu...
Liza Khasanah
Liza Khasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa di universitas Ma'arif Nahdlatul ulama kebumen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini

20 Juli 2024   20:33 Diperbarui: 20 Juli 2024   20:37 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini
        

           Pendidikan pada saat ini menghadapi tantangan besar, sehingga berbagai upaya harus perlu dilakukan agar peserta didik mendapat kehidupan yang layak, pendidikan untuk pertama kali di peroleh dari lingkungan keluarga terutama dari orang tua dan orang terdekat.
        

         Untuk menenpuh pendidikan, berbagai upaya harus di lakukan agar mereka mendapatkan pendidikan sebaik- baiknya. Tujuannya adalah mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang berpendidikan, berilmu,mandiri.untuk mencapai semua itu dibutuhkan peningkatan kualitas sikap, pengetahuan, daya cipta dan keterampilan sebelum memasuki pendidikan dasar. Dalam hal ini adalah taman anak-anak atau PAUD.
     

          Anak taman kanak-kanak adalah masa usia dini dan merupakan individu yang terus memproses perkembangan yang pesat.Sehingga masa usia dini merupakan masa yang menentukan perjalanan untuk ke jenjang selanjutnya.
        

           Deklarasi para menteri pendidikan sedunia di Dekar-sinegal tahun 2000, menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini,juga di kenal sebagai PAUD, sangat penting bagi kehidupan karena dengan memberi pendidikan sejak dini, generasi atau tokoh - tokoh bangsa telah di bantu untuk melanjutkan cita - cita perjuangan bangsa yang tidak lemah.

Adapun program strateginya yaitu:

a. Pendidikan dan perawatan bagi anak usia dini, terutama yang rawan dan kurang beruntung.
b. Wajib belajar pendidikan yang dasar
c. Program life skill bagi orang dewasa dan pemudaK

d. esetaraan gender dalam pengembangan dan

e. Meningkatkan kualitas pendidikan
        

        Pendidikan yang selama ini di berikan masyarakat, terutama apa anak usia dini,dapat di lihat adanya pengekangan.karena usia balita atau anak usia dini adalah usia yang harus di penuhi dengan keriyangan bermain, karena bermain merupakan waktu dimana seluruh potensi mereka dapat berkembang.dan memunculkan kreativitas imajinasi mereka, akan tetapi lingkungan terdekat seperti orang tua dan orang terdekat juga penting untuk memunculkan kreativitas imajinasi anak.
Pendidikan Anak Usia Dini
       

           Pendidikan yang baik memerlukan proses yang panjang, yang di mulai sejak dini. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang di tunjukan kepada anak- anak antara tiga dan enam tahun. Namun Undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 28 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini harus di mulai sebelum masuk ke jenjang pendidikan dasar.karena pendidikan anak usia dini memegang peran penting sebab anak memiliki karakteristik perkembangan dan kemampuan tersendiri.
        

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun