Mohon tunggu...
Lisa Afrilia
Lisa Afrilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Hobi Travelling, dan Memasak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar selama Pandemi yang Terbawa Sampai Sekarang

28 Juni 2023   21:13 Diperbarui: 29 Juni 2023   01:22 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid 19 Yang Terbawa Sampai Sekarang

#Teori Need For Achievement

 

LATAR BELAKANG

Dalam artikel yang dipaparkan ini, penulis tertarik untuk memilih judul “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid 19” hal ini karena Pengaruh dari pembelajaran daring sangat berdampak besar terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penulis tertarik membahas fenomena ini kembali karena dampaknya masi dirasakan sampai sekarang terlebih lagi oleh siklus pendidikan.

Belajar dan Pembelajaran merupakan dua konsep yang saling berkaitan . Belajar adalah komponen pendidikan yang sangat penting dilakukan orang secara sukarela sebagai sarana untuk berjuang mencapai tujuan (I. K. Winata , 2021 ) . Belajar juga dapat didefinisikan sebagai proses yang bertujuan untuk mengubah perilaku fisik dan psikis seseorang (F. E. Nurhayati, Purwanto, Studi, & Matematika, 2021). Sedangkan Menurut Pane dan Darwis Dasopang ( 2017 ) pembelajaran dipandang sebagai proses interaksi antara guru dan siswa yang mencakup berbagai komponen pembelajaran termasuk perencanaan pembelajaran , bahan ajar , dan metode penyampaian konten oleh guru .Partisipasi aktif antara guru dan siswa diperlukan dalam pembelajaran agar mereka mampu mewujudkan tujuan yang diinginkan. Hal ini dapat dicapai jika proses pembelajaran berlangsung dengan sukses artinya jika siswa termotivasi untuk belajar ( Emda , 2017 ) karena motivasi belajar merupakan keinginan psikologis siswa agar mau melaksanakan kegiatan belajar (Rosyidah, Kartini, & Kantun, 2018)..

 Motivasi merupakan dorongan yang dimiliki seseorang sehingga dapat menimbulkan, mengarahkan dan mengorganisasi tingkah laku (Setiawan & Mulyapradana, 2018). Motivasi adalah bagian proses psikologi yang dimiliki oleh seseorang yang menggambarkan suatu interaksi antara sikap, kebutuhan dan keputusan (Mujibul & Hakim, 2019). Ada tiga karakteristik dalam motivasi (Setiawan & Mulyapradana, 2018) antara lain: usaha, kemauan keras dan arah atau tujuan.

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi dan dengan berbagai alasan, kegiatan belajar mengajar kini dapat dilaksanakan melalui daring atau e-learning.Proses belajar mengajar melalui daring atau e-learning dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti perbedaan jarak yang cukup jauh antara pengajar dan pelajar atau bahkan dapat disebabkan oleh faktor kondisi alam yang terjadi pada suatu waktu tertentu. Seperti halnya yang terjadi di tahun 2019, yang dimana dunia sedang berjuang melawan pandemi COVID-19. COVID-19 sendiri merupakan singkatan dari Corona Virus Disease 2019, yaitu penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus yang pertama kali muncul dan menyebar hingga hampir ke seluruh wilayah dunia berasal dari Kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Covid 19 ini memiliki dampak yang besar bagi seluruh sektor salah satunya adalah sektor pendidikan, yang dimana sebelum adanya covid aktivitas belajar mengajar dilakukan secara tatap muka dan beralih melalui media dalam jaringan ( daring ).  Maka karena itu peran internet dalam dunia pendidikan pada masa covid 19 sangat membantu dan mengalami peningkatan dari segi penggunaannya.

PERMASALAHAN

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, membuat siklus pendidikan harus berpikir kreatif mengenai kegiatan belajar mengajar seperti penguasaan teknologi untuk media belajar secara dalam jaringan (daring) contoh media pembelajaran antar lain whatsapp, google classroom dan aplikasi zoom. Perubahan cara pembelajaran menjadi tantangan dalam dunia pendidikan dikarenakan mereka tidak mengetahui dan menggunakan aplikasi tersebut sebelum masa pandemi terjadi. Dampak yang dirasakan secara langsung oleh mahasiswa adalah metode pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dapat mengakibatkan biaya pengeluaran pulsa internet meningkat dari sebelumnya, sulitnya berinteraksi kepada dosen ketika mereka dihadapkan dengan meteri yang belum mereka pahami dan selama masa pembelajaran dalam jaringan (daring) terjadi komunikasi satu arah, sinyal yang kurang memadai sehingga mahasiswa tertinggal informasi mengenai tugas-tugas dan UAS/UTS, dan mahasiswa harus berpikir kembali mengenai metode pembelajaran yang akan digunakan. Hal yang dirasakan oleh mahasiswa juga di rasakan oleh dosen, mereka tidak megetahui secara langsung tingkat pemahaman peserta didik pada saat penyampaian materi. Hal ini didukung oleh hasil riset yang dilakukan oleh Mursyid (Naserly, 2020) yang berjudul Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online),penggunaan aplikasi zoom menguras kuota internet, pemahaman materi yang rendah dengan aplikasi google classroom dan respon komunikasi yang lamban dengan whatsapp. Karena pembelajaran daring ini juga mahasiswa menjadi malas belajar dan kurang melakukan kegiatan yang produktif karena mahasiswa lebih memilih berdiam diri di rumah, bermain sosmed, dan keluar rumah hanya untuk kesenangan semata. Bukan hanya itu saja, mahasiswa menjadi kehilangan minat atau semangat dalam belajar, kelelahan akademik yang signifikan terhadap mahasiswa, kehilangan motivasi intrinsik dalam belajar, bahkan berdampak terhadap psikologis pada mahasiswa seperti kecemasan, stres, dan depresi. Karena itulah motivasi belajar mahasiswa menjadi menurun dan mahasiswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya. Hal ini terbawa sampai sekarang karena seperti yang kita ketahui sebagian mahasiswa sekarang sering menggunakan jasa joki untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dan bahkan ada yang sampai putus pendidikannya karena sudah terlanjur malas untuk belajar.

MANFAAT PENULISAN

Dalam artikel ini, penulis ingin menjelaskan mengenai pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dalam keadaan dunia yang berjuang untuk melawan covid 19. Dan memberikan pemahaman mengenai kajian perubahan sosial berdasarkan Teori Need For Achievement pada fenomena tersebut.

METODE PENULISAN

Pada artikel ini, penulis menggunakan metode penulisan deskriptif kuantitaf yang dimana deskriptif kuantitatif ini  merupakan penulisan yang mendeskripsikan, meneliti, dan menjelaskan sesuatu yang dipelajari apa adanya. Artikel ini dibuat dengan menggunakan studi kepustakaan dan merujuk literatur yang relevan dari rincian beberapa jurnal dan internet sebagai sumber data yang melengkapi kebutuhan artikel ini.

KAJIAN PUSTAKA

Permasalahan covid 19 ini menggunakan konsep teori Need For Achievement, dalam teori ini McClelland menjelaskan bahwa untuk membuat suatu pekerjaan dapat berhasil, yang paling penting adalah sikap terhadap pekerjaan tersebut. Konsep dalam teori McClelland yang terkenal yakni, the need for achievment ( kebutuhan atau dorongan ) yang kemudian disingkat dengan simbol n-Ach. Dalam konsep n-Ach, dorongan untuk berprestasi tidak sekedar untuk meraih imbalan material yang besar. Ada kepuasan batin tersendiri kalau dia berhasil menyelesaikan pekerjaannya dengan sempurna. Imbalan material menjadi faktor sekunder ; McClelland mengatakan bahwa apabila dalam sebuah masyarakat ada banyak yang memiliki n-Ach yang tinggi, dapat diharapkan masyarakat tersebut akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Dalam artikel ini, Teori need for achievement dapat mempengaruhi mahasiswa yang motivasi belajarnya menurun, dan dapat mengidentifikasi strategi yang dapat meningkatkan motivasi belajar kembali. Ada beberapa jurnal yang diambil untuk studi kepustakaan artikel ini, salah satunya jurnal Muhammad Khemal Andhika Politeknik Ilmu Permasyarakatan ( Analisa Motivasi Belajar Taruna Poltekip Melalui Daring Selama Pandemi Covid 19 ) Vol 2, No 1, Februari 2021.

Jadi kesimpulan dari artikel yang penulis paparkan diatas yaitu dampak pandemi covid-19 membawa perubahan-perubahan terhadap mahasiswa baik dari rutinitas maupun kurangnya interaksi sosial dalam perkuliahan dan kurangnya pemahaman atas materi yang disampaikan dosen melalui online. Karena pembelajaran daring mahasiswa menjadi malas belajar dan kurang melakukan kegiatan yang produktif karena mahasiswa lebih memilih berdiam diri di rumah, bermain sosmed, dan keluar rumah hanya untuk kesenangan semata. Karena itulah motivasi belajar mahasiswa menjadi menurun dan mahasiswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya. Hal ini terbawa sampai sekarang karena seperti yang kita ketahui sebagian mahasiswa sekarang sering menggunakan jasa joki untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, bahkan ada yang sampai putus pendidikannya karena sudah terlanjur malas untuk belajar dan mereka lebih memilih menjadi pengangguran.  Dalam fenomena penurunan motivasi belajar, teori need for achievement dapat memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar misalnya teori ini menyoroti pentingnya memiliki tujuan yang menantang dan umpan balik yang jelas untuk mempertahankan motivasi dalam mencapai keberhasilan. Jadi dalam konteks penurunan motivasi belajar, teori NFA dapat membantu mengidentifikasi strategi yang dapat meningkatkan motivasi belajar kembali.

Artikel mengenai permasalahan yang penulis buat di rekomendasikan untuk mahasiswa atau pelajar guna meningkatkan motivasi belajar dan membuang kebiasaan yang kurang baik dari masa pandemi.

DAFTA PUSTAKA

Muhammad Maryam. 2016 : Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal Vol 4, No 2 (87-97)

Muhammad Khemal ( Februari 2021) “ Analisa Motivasi Belajar Taruna Poltekip Melalui Daring Selama Pandemi Covid-19 ” . DIPAMAS, Vol 2, No 1

Yani Fitriyani1, Irfan Fauzi2, Mia Zultrianti Sari3( Juli 2020 ) Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Jurnal Kependidikan, Vol 6, No 2 (165-175)

Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemi Covid-19 ” Jurnal Sekretari dan Manajemen . Vol 4, No 2 ( 154-160 )

 1Rahma, Nanda Safarati ( Januari 2021 ) Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid 19 “GENTA MULIA”. Vol XII, No 1 ( 113-118 )

I Md. Aditya Dharma1, Md. Padmarani Sudewiputri2 ( 2021 ) Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 . Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. Vol 4, No 2 ( 295-301 )

Nia Desriva, Mona Dewi Utari, Arif Al Padri (1 Oktober 2020 ) Efektivitas Metode Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Saat Pandemi Covid 19 Di Kota Pekanbaru . Ensiklopedia Of Journal. Vol 2, No 5 ( 124-130 )

Resky Amalia ( Juni 2020 ) “ Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perubahan Sosial dalam Pendidikan ”. Universitas Halu Oleo . Vol 1, No 1 ( 52-59 )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun