Mohon tunggu...
Lintang AdistyaSari
Lintang AdistyaSari Mohon Tunggu... Lainnya - saya merupakan mahasiswa

suka mendengarkan musik, suka menonton film, suka memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Manajemen Isu McDonald's Indonesia dalam Menangani Imbas Hoaks Fatwa MUI Terkait Haramnya Produk Israel

17 Januari 2024   19:41 Diperbarui: 17 Januari 2024   21:31 5696
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ABSTRAK 

Jurnal ini membahas strategi manajemen yang diterapkan McDonald's untuk menghadapi dampak boikot produk Israel. Memboikot produk-produk Israel merupakan hal yang kontroversial dan mempunyai implikasi yang signifikan terhadap perusahaan-perusahaan internasional yang terlibat dalam perdagangan dengan Israel. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus dan fokus pada McDonald's, salah satu perusahaan yang terkena dampak boikot. Melalui analisis kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi strategi yang digunakan McDonald's untuk mengatasi dampak boikot dan menjaga reputasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa McDonald's menerapkan beberapa strategi manajemen yang efektif. Hal ini mencakup komunikasi yang terbuka dan transparan dengan pelanggan dan pemangku kepentingan, diversifikasi produk untuk mengurangi ketergantungan pada produk Israel, meningkatkan kehadiran media sosial untuk mengendalikan opini publik, dan ini termasuk kerja sama dengan Israel. Institusi negara dan masyarakat didorong untuk mengatasi hal ini.. Studi ini memberikan wawasan tentang pentingnya strategi manajemen yang efektif ketika menghadapi isu-isu sensitif seperti boikot produk. Hasil penelitian ini akan menjadi referensi bagi perusahaan lain yang berada dalam situasi serupa dan berkontribusi pada pengembangan teori dan praktik manajemen.

ABSTRACT

This journal discusses the management strategies implemented by McDonald's to deal with the impact of the Israeli product boycott. Boycotting Israeli products is controversial and has significant implications for international companies involved in trade with Israel. This research uses a case study methodology and focuses on McDonald's, one of the companies affected by the boycott. Through qualitative analysis, this research identifies the strategies used by McDonald's to overcome the impact of the boycott and maintain the company's reputation. The research results show that McDonald's implements several effective management strategies. This includes open and transparent communication with customers and stakeholders, product diversification to reduce dependence on Israeli products, increasing social media presence to control public opinion, and this includes cooperation with Israel. State institutions and society are encouraged to address this. This study provides insight into the importance of effective management strategies when dealing with sensitive issues such as product boycotts. The results of this research will be a reference for other companies in a similar situation and contribute to the development of management theory and practice.

LATAR BELAKANG

McDonald's merupakan salah satu perusahaan yang terkena dampak serangan Israel di Gaza. Pasalnya, perusahaan cabang Israel memasok makanan untuk militer Tel Aviv. Akibatnya, penjualan di Mesir anjlok, lapor Reuters. Mesir sendiri bukanlah negara yang terbiasa dengan demonstrasi sehingga sejumlah partai politik menilai boikot adalah pilihan terbaik. Perusahaan makanan cepat saji Amerika Serikat (AS) McDonald's menjadi salah satu sasaran boikot setelah cabangnya di Israel memberikan paket makanan gratis kepada Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Cabang McDonald's di Israel juga mengikuti kebijakan ini, sehingga memicu protes dan gerakan boikot di media sosial. Bahkan, McDonald's di Indonesia juga terkena dampaknya Menanggapi hal tersebut, McD Indonesia memberikan klarifikasi melalui PT Rekso Nasional Food yang terdaftar sebagai franchisee McDonald's Indonesia (Ibrahim, 2023).

Ia pun mengaku prihatin dengan apa yang terjadi saat ini di Israel dan Palestina. PT Rekso Nasional Food sangat prihatin dengan meningkatnya konflik di Timur Tengah belakangan ini. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada para korban, keluarga mereka, dan komunitas yang terkena dampak. Sementara itu, menanggapi simpang siur kabar hubungan McDonald's dengan Israel, PT Lexa menegaskan perusahaannya merupakan perusahaan independen. McDonald's Indonesia adalah perusahaan yang dioperasikan secara independen dan tidak terlibat dalam kegiatan operasional dan keputusan McDonald's di negara lain, termasuk McDonald's Israel dengan demikian, McDonald's Indonesia senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, menyediakan makanan dengan kualitas terbaik, dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar dan masyarakat Indonesia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi melarang produk yang terang-terangan membela Israel melawan Palestina. Direktur Fatwa MUI itu mengatakan mendukung kemerdekaan Palestina adalah kewajiban hukum. Sebaliknya, mendukung Israel dan para pendukungnya adalah tindakan ilegal. Terkait pemberitaan terkait Israel, McDonald's Indonesia angkat bicara. Wakil Direktur Humas McDonald's Indonesia, mengatakan McDonald's merupakan waralaba di bawah bendera PT Rekso Nasional Food yang dimiliki sepenuhnya oleh pengusaha lokal Indonesia dan mempekerjakan lebih dari 16.000 karyawan lokal, serta memiliki staff (Fitriyani, 2023).

McDonald's adalah perusahaan yang dioperasikan secara independen dan tidak terlibat dalam kegiatan operasional atau keputusan McDonald's di negara lain, termasuk McDonald's Israel. Sementara itu, saham McDonald's anjlok ke level terendah sejak 27 Oktober 2022. Pada 12 Oktober, saham McDonald's mencapai level $246,19 atau setara Rp3,87 juta per saham. Upaya tersebut akan semakin diperkuat dengan penguatan arus barang impor dan perubahan sejumlah peraturan terkait tata niaga impor dalam negeri. Salah satu tujuan McDonald's adalah meningkatkan penggunaan produk lokal yang kualitasnya sebanding. Dengan memperbanyak impor, kita berharap masyarakat semakin mau menggunakan produk lokal. Meskipun Kementerian Perindustrian tidak secara resmi mendukung gerakan boikot, namun Kementerian Perindustrian berupaya menciptakan kondisi yang mendukung penggunaan produk produksi dalam negeri (Muhiddin, 2023)

TINJAUAN PUSTAKA

Manajemen isu

merupakan suatu pendekatan strategis yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menganalisis, merespons, dan mengelola isu-isu yang dapat mempengaruhi reputasi dan operasional perusahaan. Berikut ini adalah beberapa poin kunci yang dapat ditemukan dalam tinjauan pustaka manajemen isu. Manajemen isu melibatkan proses identifikasi isu-isu yang relevan dengan perusahaan. Hal ini meliputi pemantauan tren industri, analisis risiko, dan pendekatan proaktif untuk mengantisipasi isu-isu yang mungkin muncul. Setelah mengidentifikasi isu-isu tersebut, organisasi melakukan analisis dampak untuk memahami konsekuensi potensial dari isu-isu tersebut terhadap operasional, finansial, dan reputasi perusahaan.

McDonald's

            McDonald's adalah restoran cepat saji terbesar di dunia, didirikan di California pada tahun 1955. Dengan produk hebat berupa hamburger bernama Big Mac, McDonald's kini memiliki ribuan restoran di lebih dari 100 negara, termasuk Indonesia.McDonald's pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dengan membuka restoran pertamanya di Sarina, Thamrin. Pada tahun 2009, Rekso Nasional Food (RNF), anak perusahaan PT.Rekso Group, menandatangani perjanjian induk waralaba dengan McDonald's International Property Company (MIPCO) untuk mengoperasikan semua restoran di bawah merek McDonald's. Memberikan izin untuk membuka restoran baru di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, PT. RNF telah membuka lebih dari 200 gerai McDonald's di berbagai kota di Indonesia dan didukung oleh lebih dari 14.000 karyawan di seluruh Indonesia. PT.RNF melalui McDonald's Indonesia selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, memberikan kualitas makanan terbaik, dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia.

METODE PENELITIAN

Pada penulisan di penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskiptif untuk mencari info mengenai upaya dari manajemen isu yang dilakukan oleh pihak McDonald's Indonesia dalam menanggapi isu mengenai McDonald's yang di duga mendukung aksi Israel kepada Palestina. Studi kasus deskriptif adalah Metode deskriptif digunakan untuk menyelidiki status sekelompok orang, objek, set kondisi, sisitem pemikiran, dan kelas peristiwa saat ini. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan yang sistematis, aktual, dan akurat tentang fakta-fakta, sifat-sifat, dan hubungan antara fenomena yang diselidiki.

HASIL DAN PEMBAHASAN 

Serangan Israel ke Gaza berdampak pada banyak bisnis, termasuk McDonald's. Ini disebabkan oleh tindakan cabang perusahaan di Israel yang menyediakan makanan kepada pasukan militer Tel Aviv. Di Mesir, penjualan menurun drastis sebagai akibatnya, menurut laporan Reuters. Karena Mesir tidak biasa dengan demonstrasi, sebagian orang memilih boikot (Sorangan, 2023).

raksasa restoran cepat saji asal Amerika Serikat (AS) juga masih mendapatkan boikot dari masyarakat, setelah Mcd Israel dengan gamblang menyatakan dukungannya, dengan memberikan ribuan makanan gratis ke tentara Israel di Jalur Gaza. Akibat pernyataan tersebut, saham McDonalds hari ini terpantau mengalami penurunan hingga 0,27 persen di angka 255 dolar (Rp 4 juta).

Di Indonesia sendiri, pihak McDonald's mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa mereka tidak lagi berafiliasi dengan McDonald's Israel dan menyatakan keprihatinan atas meningkatnya konflik di Timur Tengah. Namun, McDonald's Indonesia enggan menyebutkan konflik Palestina, dan mengklaim bahwa hal tersebut mencerminkan dukungannya terhadap Israel (Ramandhita, 2023).

foto Instagram/@ mcdonaldsid

McDonald's Indonesia memberikan penjelasan bahwa pihaknya berada di bawah naungan PT Rekso Nasional Food yang tercatat sebagai pemegang waralaba McDonald's Indonesia. Pihaknya pun mengaku prihatin dengan apa yang sedang terjadi dengan Israel dan Palestina saat ini. Dengan ini, pihaknya berkomitmen akan memberikan pelayanan yang baik dengan menyajikan makanan yang berkualitas. McDonald's Indonesia pun terus berupaya menjadi bagian yang positif selama beroperasi melayani pelanggan. Dengan dedikasi sepenuhnya dan difokuskan untuk memberikan pengalaman McDonald's yang disukai dan dipercaya pelanggan (Asin, 2023).

Sebagai perusahaan lokal yang sepenuhnya dimiliki oleh pengusaha lokal Indonesia, PT Rekso Nasional Food mendukung upaya pemerintah Indonesia di Palestina, termasuk membantu percepatan bantuan kemanusiaan ke Gaza. Sejalan dengan filosofi "niat baik, hasil baik" yang diajarkan oleh para pendiri Lexo Group, PT Lexo National Food berkomitmen kuat terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan berkomitmen mendukung upaya kemanusiaan di Gaza.

merupakan salah satu lembaga publik yang ditugaskan pemerintah untuk menghimpun bantuan bagi warga Palestina di Jalur Gaza, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyambut baik dukungan  PT Lexo Pangan Nasional.

Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PT Rekso Nasional Food dan siap dengan sepenuh hati menyampaikan misi ini kepada saudara-saudara kita di Gaza, Palestina. pendistribusian Bahan Bantuan Sebagai perwakilan pemerintah di , kami menyambut semua orang dengan tangan terbuka.Orang yang mempunyai niat baik dan ingin membantu, Kami berharap dukungan dan bantuan ini  dapat membawa kebaikan bagi rakyat di Palestina.

Bantuan kemanusiaan yang dihimpun oleh pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat Indonesia akan digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan  masyarakat Gaza dan Palestina, antara lain obat-obatan, kasur, selimut, produk kebersihan diri, produk bayi, dan makanan,peralatan makan dan makanan. Pihak perusahaan berharap perdamaian dapat segera tercapai sehingga tidak ada lagi warga sipil terutama anak-anak dan perempuan yang menjadi korban.

Sementara itu, Direktur HR dan GS  PT Rekso Nasional Food Yurianti Hadena mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS RI yang telah memberikan fasilitas terkait penyaluran bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Merasakan sangat prihatin dengan semakin banyaknya masyarakat yang terkena dampak dari krisis kemanusiaan di Gaza. Bantuan ini merupakan wujud nyata  komitmen perusahaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, merupakan langkah awal yang diambil perusahaan  untuk meringankan beban saudara-saudara di Palestina. Kami mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS atas donasi ini.

Dengan ini bisa memperluas jangkauan dan bersinergi  membantu mereka yang sedang membutuhkan bantuan untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui lembaga yang  terbukti dan terjamin seperti BAZNAS RI yang selama ini  banyak menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia. PT Rekso Nasional Food akan menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui organisasi sosial yang  terbukti cepat  dan efektif dalam merespon korban di Gaza. BAZNAS menghimbau masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina  di bawah serangan Israel (ANP, 2023).

KESIMPULAN

McDonald's Indonesia dihadapkan pada tantangan serius dalam mengelola imbas hoaks dari fatwa MUI terkait haramnya produk Israel. Perusahaan perlu mengambil tindakan yang tepat dan strategis untuk menjaga reputasi, kepercayaan konsumen, dan kelangsungan bisnisnya. McDonald's Indonesia memberikan tanggapan mengenai dampak dari hoaks terkait fatwa MUI yang menyatakan produk Israel haram. Pihak mereka menyampaikan pesan yang jelas dan memberikan klarifikasi terkait produk-produk mereka.

McDonald's Indonesia berusaha untuk meminimalisir dampak negatif terhadap citra perusahaan mereka. Mereka dapat fokus pada membangun kepercayaan dan kesadaran publik terhadap kualitas, keamanan, dan sumber produk mereka. McDonald's Indonesia mengupayakan untuk berkolaborasi dengan lembaga atau otoritas terkait, seperti MUI, untuk menyelesaikan konflik dan menegaskan komitmen McDonald's Indonesia terhadap kepatuhan terhadap nilai-nilai lokal.

SARAN

Dengan adanya kejadian ini di harapkan pihak dari McDonald's Indonesia dapat memperkuat strategi komunikasi mereka termasuk melalui media sosial maupun melalui publik untuk memastikan bahwa pesan yang di sampaikan akurat dan mampu menangkal berita hoaks. Serta bisa membangun sistem pemantauan proaktif terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat, sehingga perusahaan dapat merespons dengan cepat dan efektif saat isu-isu tersebut muncul.

 

DAFTAR PUSTAKA

ANP. (2023, November 11). Retrieved Januari 11, 2023, from mnctrijaya.com: https://www.mnctrijaya.com/news/detail/63281/mcdonalds-indonesia-sumbang-donasi-rp15-miliar-untuk-palestina-lewat-baznas

Asin, R. W. (2023, Oktober 24). Retrieved Januari 11, 2024, from bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20231024/12/1707314/mcdonalds-indonesia-buka-suara-soal-tudingan-dukung-israel

Fitriyani, E. (2023, November 2023). Retrieved Januari 14, 2024, from KumparanBisnis: https://kumparan.com/kumparanbisnis/mui-haramkan-beli-produk-pendukung-israel-mcd-and-starbucks-termasuk-21YTk3mepny

Ibrahim, M. (2023, November 16). Retrieved Januari 11, 2024, from infobanknews.com: https://infobanknews.com/dituding-dukung-israel-mcdonalds-indonesia-buka-suara/

Muhiddin, S. (2023, November 3). Retrieved Januari 14, 2024, from HarianDisway: https://harian.disway.id/read/739151/saham-starbucks-dan-mcdonalds-anjlok-imbas-pemboikotan-produk-as-israel#google_vignette

Ramandhita, A. D. (2023, Oktober 30). Retrieved Januari 11, 2024, from RepublikMerdeka: https://rmol.id/bisnis/read/2023/10/30/595231/dukung-israel-saham-tiga-perusahaan-ini-anjlok

Sorangan, T. P. (2023, November 23). Retrieved Januari 14, 2024, from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20231123140438-4-491438/penjualan-mcdonalds-anjlok-70-gegara-boikot-anti-israel

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun