Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK Pertiwi 1 Tanjung
Lingkup Pendidikan
TK Kelompok A Usia 4-5 Tahun
Tujuan yang ingin dicapai
Anak mampu mengenal lambang bilangan angka 1- 10
Penulis
Lillati Fatul, S.Pd
Tanggal
Pertemuan Ke-1 Hari Senin, 22 September 2021
Pertemuan Ke-2 Hari Rabu, 24 September 2021
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang dari praktik pembelajaran ini
- Sebagian besar anak kelompok A masih mengalami kesulitan dalam membilang angka
- Dalam pemberian stimulasi khususnya dalam membilang angka, guru hanya menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA), karena seharusnya guru menggunakan berbagai media yang lebih menarik dan bervariasi
- Anak tidak maksimal dalam mengikuti pembelajaran, sehingga kemampuan mengenal bilangan masih kurang.
Peran dan tanggung jawab saya sebagai guru untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif yaitu mengembangkan kemampuan mengasah kemampuan kognitif anak dalam konsep lambang bilangan angka yang dimiliki agar dapat berkembang, selain itu agar anak tidak merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran maka guru menggunakan metode bermain puzzle angka. Selain itu metode yang digunakan untuk dapat merangsang kreativitas anak yaitu dengan metode tanya jawab, demonstrasi, pemberian tugas pada anak.Sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar anak bisa tercapai sesuai dengan yang di harapkan.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan angka 1-10 antara lain :
- Kurangnya pemilihan media pembelajaran yang tepat yaitu lebih menarik dan bervariasi
- Metode pembelajaran yang di gunakan guru bersifat membosankan dan kurang variatif
- Model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif
Maka dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi guru adalah
- Pemilihan media pembelajaran yang tepat yaitu lebih menarik dan bervariasi
- Pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga anak merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
- Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik anak
Yang terlibat :
- Pendidik
- Kepala Sekolah dan teman sejawat
- Anak didik
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan :
a. Strategi guru memilih media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi anak yaitu dengan media puzzle angka dimana media ini dapat mengasah kemampuan anak dalam mengenal bilangan angka dan dapat memecahkan masalah. Sehingga anak dapat berfikir kritis dalam kegiatan pembelajaran ini. memberi kesempatan pada anak untuk membongkar lalu memasangkan kembali beberapa potong kepingan menjadi puzzle yang utuh. (Critical Thinking-4C)Â
b. Proses kegiatan ini di mulai dengan guru mengajak anak mengamati puzzle angka yang telah disediakan.
c. Guru mendorong anak menanya terkait media puzzle angka yang telah disediakan.
d. Sumber daya atau materi yang di perlukan dalam pembelajaran ini menggunakan media puzzle angka
- a.Metode pembelajaran yaitu bercakap - cakap (tanya jawab),demonstrasi, penugasan.
b. Proses pembelajaran ini saya mengambil tema kebutuhanku, sub tema dan sub sub tema minuman kesukaan/susu. Pada kegiatan ini guru memberikan apersepsi kepada anak dengan tanya jawab untuk menggali pengetahuan sebanyak banyaknya pada anak tentang manfaat susu. Selain itu guru melakukan demonstrasi dengan mengenalkan kegiatan apa saja yang di lakukan dan aturan main sebelum pembelajaran. Setelah itu penugasan pada anak-anak untuk mengikuti setiap kegiatan main dalam pembelajaran. Adapun kegiatan main 1 yaitu Mengenal lambang bilangan 1 -- 10 menggunakan media puzzle (HOTS), menebalkan kata "susu" menggunakan batu kerikil dan ranting secara mandiri (creative, critical thinking 4C ), Mewarnai bentuk gambar susu dengan media krayon.
- a. Model pembelajaran problem based learning suatu pendekatan untuk mengembangkan kemampuan anak melalui bermain sambil belajar.
b.Proses pada aksi ini anak bermain puzzle angka dengan membongkar lalu memasangkan kembali beberapa potongan angka 1 -- 10 menjadi puzzle yang utuh.Â
Yang terlibat:
- Pendidik sebagai pelaksana dalam proses belajar mengajar yang menguasai bahan atau materi yang akan diajarkan, memiliki kecakapan dalam penerapan metode dan strategi yang di gunakan, melakukan evaluasi atau penilaian dari ketepatan dan keefektifan metode mengajar.
- Kepala Sekolah dan teman sejawat sebagai pembimbing dalam memberikan pengarahan dan masukan atas kegiatan pembelajaran yg di laksanakan di sekolah
- Anak didik sebagai subyek atau sasaran dalam kegiatan pembelajaran ini yaitu kelompok A berjumlah 11 anak
Sumber daya yang di gunakan yaitu TPACK dengan menampilkan video pembelajaran tentang susu
Bahan dan materi kegiatan yaitu :
KD 1.1 Mengucap rasa syukur atas di ciptakannya susu melalui pembiasaan berdoa secara mandiri
KD 3.3 - 4.3 Menggerakkan tangan kanan dan kiri melalui kegiatan menebalkan kata "susu" menggunakan batu kerikil dan ranting secara mandiri
KD 2.7 Menunggu giliran mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan dengan sabar
KD 3.6 - 4.6 Mengenal lambang bilangan 1 -10
-- 4. 10 Anak dapat menjawab pertanyaan sederhana tentang manfaat susu
KD 3.15 - 4.15 Mewarnai bentuk gambar susu dengan media
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan adalah:
- Siklus pada pertemuan pertama anak -- anak merasa kesulitan dan belum mengerti pada bilangan angka, namun hanya beberapa saja yang sudah berhasil dalam mengenal bilangan angka
- Siklus pada pertemuan kedua anak merasa senang bermain puzzle dan hampir semua anak berhasil dalam mengenal lambang bilangan angka 1-10. Hal ini dapat dibuktikan dengan rekapitulasi ketuntasan capaian pembelajaran sesuai akar masalah Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Angka Masih Rendah
Hasil dari aksi kegiatan pembelajaran ini yaitu efektif dimana saat melakukan kegiatan anak terlibat secara aktif dengan memberikan kesempatan untuk memperlihatkan kemampuannya. Kegiatan yang sesuai dengan prinsip pembelajaran aktif. Strategi pembelajarannya menekankan anak aktif mengkonstruksi sendiri pengetahuan melalui berbagai kegiatan seperti observasi, percobaan, atau diskusi memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran.
Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan:
Baik, karena media dan metode yang saya gunakan dirasa sudah tepat dalam aspek kognitif yaitu anak mampu mengenal lambang bilangan angka 1-10.
Â
Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan yaitu Terlihat dari anak-anak merasa senang bermain puzzle angka. Adapun manfaat untuk anak-anak yaitu
- Mengasah kemampuan kognitif
Memahami konsep -- konsep bilangan
Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah
Menambah rasa ingin tahu
Mempertajam daya nalar anak
Dengan praktik ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar anak lebih meningkat dan kegiatan yang digunakan lebih menarik sehingga materi yang di sampaikan dapat di terima anak. Maka dalam aksi pembelajaran ini kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan angka 1-10 sesuai harapan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H