Mohon tunggu...
Lili Yuliyani
Lili Yuliyani Mohon Tunggu... Penulis - SEO Writer

Dalam setiap tulisan yang saya hasilkan, saya selalu mengedepankan prinsip bahwa artikel tersebut harus bermanfaat secara maksimal, baik bagi diri saya sendiri, perusahaan tempat saya bekerja, maupun bagi klien. Saya percaya bahwa dengan menghasilkan konten yang berkualitas dan bernilai tambah, saya dapat memperkuat reputasi pribadi, meningkatkan visibilitas dan citra perusahaan, serta memenuhi kebutuhan dan harapan klien . Oleh karena itu, saya selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tulisan yang saya hasilkan, dengan tujuan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

7 Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis

26 Juli 2022   00:00 Diperbarui: 26 Juli 2022   21:31 167
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era serba internet seperti saat ini, tidak heran jika bisnis memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan internet, bisnis bisa di temukan oleh calon pembeli dari manapun dan kapanpun tidak bergantung pada jarak dan waktu. 

Pada intinya, bisnis yang di pasarkan melalui jaringan internet buka sepanjang hari atau 24 jam tanpa libur. Misalnya kamu mengonlinekan bisnismu maka bisnis yang kamu jalankan melalui pemasaran online akan beroperasi terus-menerus. 

Meskipun toko offline kamu libur atau memasuki jam tutup, bisnis onlinemu akan terus mendatangkan calon pembeli tanpa harus menunggu toko offlinemu buka. 

Menjalankan digital marketing dengan strategi yang benar adalah cara terbaik yang di jalankan oleh para pengusaha di berbagai negara. Bukan tanpa alasan, karena digital marketing adalah teknik pemasaran yang sangat efektif meningkatkan penjualan jika di terapkan dengan benar. 

Lalu apa saja sih manfaat digital marketing bagi bisnis yang menjalankannya? Yuk simak deh penjelasan yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Manfaat Penerapan Digital Marketing Dalam Bisnis 

Selain untuk mengikuti perkembangan zaman, digital marketing juga memiliki banyak manfaat apabila kamu menerapkannya dengan benar. Berikut adalah beberapa manfaat pemasaran online yang mungkin belum kamu tahu:

1. Menjangkau Jutaan Pengguna Internet

Bayangkan jika bisnismu mampu menjangkau jutaan orang di Indonesia bahkan mancanegara? Kira-kira ada berapa banyak penjualan yang bisa kamu dapatkan setiap bulannya? Tentu saja ada banyak!

Apalagi jika kamu menerapkan strategi digital marketing dengan tepat, maka mendapatkan puluhan bahkan ratusan pembeli setiap bulan bukan hal yang mustahil. 

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwa pengguna internet ada miliaran orang di seluruh dunia. Jadi menghadirkan merek secara online akan sangat membantu bisnismu menjangkau lebih banyak konsumen. 

Pastikan bahwa kamu memilih jaringan internet yang memang di huni oleh audiens target sehingga penerapan digital marketing efektif untuk mendatangkan pelanggan online. 

2. Lebih Hemat Biaya

Banyak orang berfikir bahwa menjalankan pemasaran digital membutuhkan banyak biaya. Tapi tahukah kamu, sebenarnya digital marketing lebih hemat jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional?

Misalnya saja iklan di TV yang mana biaya yang harus di keluarkan tidak sedikit yaitu kisaran puluhan, ratusan hingga miliaran rupiah. 

Tapi dengan digital marketing biaya iklan sangat fleksibel. Ya mungkin untuk awal mula bisa membutuhkan biaya yang cukup besar, misalnya untuk pembuatan website, tapi tentu saja itu tidak sampai ratusan juta. 

Banyak pula pemasaran online yang gratis seperti SEO (Search Engine Optimization), Social Media Marketing organik dan banyak lagi. 

Lagi pula penargetannya lebih tepat sasaran di bandingkan bagi-bagi brosur yang mungkin orang yang mendapatkan brosurmu tidak tertarik sama sekali dengan apa yang kamu tawarkan. 

3. Target Pasar Lebih Jelas

Dalam menjalankan pemasaran online, tahap awal yang perlu kamu lakukan adalah menganalisis pasar. Mencari tahu siapa audiens target sangat penting dalam menerapkan digital marketing sehingga tidak salah target pasar. 

Membagikan brosur atau pasang papan reklame belum tentu audiens targetmu menerima atau membacanya. Orang yang menerima brosur mungkin hanya membacanya sekilas dan setelah itu mereka membuangnya. Apalagi jika memang tidak tertarik sama sekali, jangankan menghubungi, membaca saja mungkin tidak. 

Begitupun dengan papan reklame, pengendara tidak terlalu fokus membaca tulisan yang ada pada papan reklame karena fokus pada jalanan. 

Tapi dengan digital marketing, kamu bisa menyesuaikan audiens target dengan mudah. Hampir semua jenis pemasaran online dapat menargetkan orang-orang yang tepat sasaran.

4. Banyak Jenis Pemasaran Online Yang Dapat Dijalankan

Sama halnya dengan pemasaran tradisional yang memiliki banyak metode promosi, pemasaran onlinepun memiliki banyak jenis strategi promosi yang bisa di sesuaikan dengan bisnismu. 

Jenis-jenis Pemasaran Online:

  1. Website alat promosi
  2. Search Engine Optimization (SEO)
  3. Search Engine Marketing (SEM)
  4. Content Marketing
  5. Email Marketing
  6. Social Media Marketing (SMM)
  7. Pay Per Click (PPC)
  8. Affiliate Marketing

Jenis pemasaran ini bisa disesuaikan dengan industri yang kamu jalani. Kamu bisa menganalisa pasar terlebih dahulu sebelum memilih pemasaran online mana yang cocok dengan bisnismu.

5. Meningkatkan Brand Awareness / Pengakuan Merek

Manfaat digital marketing yang selanjutnya ialah membantu meningkatkan kesadaran dan pengakuan merek. Bukan tanpa bukti, bisnis yang  sering muncul di hadapan audiens target akan lebih mudah di ingat oleh mereka di banding merek yang tidak pernah mereka lihat di internet. 

Sekarang ini 81% konsumen melakukan pencarian online sebelum mereka melakukan pembelian. Mereka akan mencari informasi produk atau layanan melalui mesin pencari maupun sosial media. 

Dan jika produk atau layanan kamu muncul di pencarian mereka, maka ini dapat membantu meningkatkan pengakuan merek sekaligus meningkatkan konversi dan penjualan.

Semakin banyak  orang  yang melihat merek kamu, semakin meningkat pula   brand awareness dan pengakuan merek bisnismu. 

6. Mendatangkan Lebih Banyak Pelanggan Online

Ada miliaran pengguna internet di seluruh dunia dan jutaan pengguna internet di Indonesia. Jika bisnismu dapat menjangkau mereka, maka peluang menghasilkan lebih banyak pelanggan online semakin terbuka lebar.

Bisnis yang muncul di pencarian online bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan dibandingkan dengan bisnis yang hanya mengandalkan pemasaran konvensional. 

Dengan online, bisnismu akan lebih mudah di temukan oleh orang-orang yang yang mencari informasi seputar produk atau layananmu. Dan jika informasi yang kamu berikan relevan, maka tidak menutup kemungkinan mereka tertarik membeli apa yang kamu tawarkan. 

7. Meningkatkan Penjualan

Yang paling istimewa dari digital marketing ialah mampu meningkatkan penjualan. Orang-orang yang mencari informasi produk atau layanan secara online berpotensi menjadi pembeli. 

Apalagi jika kamu menyajikan informasi-informasi yang relevan dengan pencarian mereka, maka mereka tidak akan ragu untuk melakukan pembelian. 

Semakin sering merek kamu muncul di pencarian audiens target, semakin besar pula peluang mendapatkan penjualan online. 

Nh itu dia ke 7 manfaat digital marketing bagi bisnis. Jika kamu belum mengonlinekan bisnismu, segera onlinekandan nikmati manfaatnya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun