KONEKSI ANTAR MATERI
MODUL 3.2. PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
Sekolah diibaratkan sebagai ekosistem yang didalamnya terdapat unsur-unsur biotik dan abiotik yang saling berinteraksi. Faktor-faktor biotik yang ada dalam ekosistem sekolah di antaranya adalah:
- Murid
- Kepala Sekolah
- Guru
- Staf/Tenaga Kependidikan
- Pengawas Sekolah
- Orang Tua
- Masyarakat sekitar sekolah
- Dinas terkait
- Pemerintah Daerah
Faktor-faktor abiotik dalam ekosistem sekolah adalah:
- Keuangan
- Sarana dan prasarana
- Lingkungan alam
Ada 2 pendekatan dalam mengelola aumber daya yang dimiliki. Pendekatan berbasis kekurangan/masalah (deficit-based approach) akan memusatkan perhatian kita pada apa yang mengganggu, apa yang kurang, dan apa yang tidak berfungsi dengan baik. Sementara pendekatan berbasis aset (asset-based approach) adalah kita diajak untuk memusatkan perhatian pada apa yang berjalan dengan baik, yang menjadi inspirasi, yang menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif.
Perbedaan pendekatan berbasis kekurangan dengan pendekatan berbasis asset
Berbasis pada kekurangan/masalah/hambatan
Berbasis pada asset/kekuatan
Fokus pada masalah dan isu
Fokus pada asset dan kekuatan
Berkutat pada masalah utama