Mohon tunggu...
Lilik Kistiana
Lilik Kistiana Mohon Tunggu... Guru - SMP Negeri 2 Gamping

Senang mencoba yang hal baru yang menambah pengetahuan bagi diri sendiri, orang lain dan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Refleksi Wali Murid Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024

31 Desember 2023   10:35 Diperbarui: 31 Desember 2023   10:39 2499
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salam sehat !

Kegiatan belajar mengajar semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 telah selesai, bahkan dari kementrian pendidikan akan menutup pendataan dapodik semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 tanggal 31 Desember 2023 tepat pukul 23.59 WIB. Dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan alangkah baiknya sekolahan selalu melakukan refleksi terhadap kegiatan yang  telah dilakukan. Hal itu sangat penting dilakukan agar sekolah dapat melakukan perbaikan-perbaikan terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Refleksi adalah istilah yang dikenal juga sebagai cerminan atau gambaran. Refleksi adalah gerakan, pantulan di luar kemauan (kesadaran) sebagai jawaban atas suatu hal atau kegiatan yang datang dari luar. Selain itu, KBBI juga mendefinisikan refleksi adalah gerakan otot (bagian badan) yang terjadi karena suatu hal dari luar dan di luar kemauan atau kesadaran.

Jadi refleksi dapat diartikan sebagai proses merenungkan, memikirkan, dan menganalisis suatu pengalaman, situasi, atau peristiwa. Refleksi melibatkan introspeksi dan evaluasi diri untuk memahami apa yang telah terjadi, apa yang telah dipelajari, dan apa yang dapat dilakukan dengan lebih baik di masa depan, mungkin kita sering juga menyebutnya sebagai muhasabah. Sedangkan di sekolah atau seorang guru, biasanya kita sering mengenalnya dengan sebutan refleksi pembelajaran. Dalam sebuah kegiatan belajar mengajar refleksi adalah hal penting yang sangat perlu dilakukan, refleksi nantinya terkait dengan umpan balik selama kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan, tetapi terkadang kegiatan refleksi ini terlupakan.

Mengutip dari laman Kemdikbud, dalam pembelajaran, refleksi adalah kegiatan yang dilakukan dalam proses belajar mengajar dalam bentuk penilaian tertulis dan lisan oleh guru untuk siswa dan oleh siswa untuk guru untuk mengekspresikan kesan konstruksif, pesan, harapan, dan kritik terhadap proses pembelajaran. Dengan adanya refleksi, akan diperoleh informasi positif tentang bagaimana guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, serta menjadi bahan sejauh mana hasil belajar tercapai.

Dari beberapa uraian di atas dapat penulis simpulkan bahwa refleksi pembelajaran adalah alat yang berharga yang dapat membantu peserta didik dan guru untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan berpikir kritis, motivasi, dan keterlibatan dalam belajar. Refleksi pembelajaran juga dapat membantu guru untuk meningkatkan praktik mengajar mereka.

Dalam tulisan kali ini penulis akan menyampaikan hasil refleksi dari orang tua murid tentang hasil pembelajaran semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 SMP Negeri 2 Gamping khususnya kelas yang penulis ampu yaitu kelas 7D. Dalam menggali informasi tentang refleksi dari orang tua murid ini penulis menggunakan bantuan dari Google Form , untuk refleksi dari wali murid tentang kegiatan pembelajaran di kelas 7D semester ganjil ini penulis mengajukan sepuluh pertanyaan kepada wali murid, walaupun belum semua wali murid memberikan respon terhadap refleksi pembelajarannya, karena penulis memberikan waktu dari wali murid untuk memberikan refleksi sampai dengan tanggal 2 Januari 2024, namun tidak ada salahnya jika refleksi dari wali murid terhadap kegiatan pembelajaran penulis angkat dalam sebuah tulisan ini, maka dalam tulisan ini hanya penulis sampaikan beberapa yang sudah masuk mengirimkan refleksinya.  Pertanyaan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bagaimana proses pembelajaran anak anda masa periode ini ?

Respon wali murid :

Mungkin agak sulit, Mengikuti kurikulum nya, Proses bagus tetapi banyak materi belum disampaikan semua, anak2 cenderung mengikuti kegiatan praktek dari pada materi teori, Pembelajarannya sudah berjalan efektif, Pengajaran yang mempergunakan kreafivitas dan kerjasama, Sudah cukup baik, Teori terus dipraktekan, Masih perlu penyesuaian, untuk memahami pentingnya belajar. Kami sebagai orang tua sudah bangga anak kami sudah bisa mengerjakan dengan lancar berkat bimbingan bapak ibu guru.

2. Apa yang menjadi tantangan utama dalam memahami materi pelajaran ?

Respon wali murid :

Kurang fokus pada materinya, Kurikulum yg berbeda tiap tahun, Anak tidak memahami jika ada pertanyaan yang belum disampaikan oleh guru, Anak anak kurang suka membaca buku pelajaran, Kurikulum yang tidak relevan, Anak anak kadang kurang begitu teliti dan kurang suka membaca, Perlu pemahaman pelajaran yang esktra, Tantangannya adalah perhatian dan fokus anak untuk semangat dalam belajar, Materi terlalu banyak terutama ips

3. Bagaimana cara anak mengatasi kesulitan pembelajaran ?

Respon wali murid :

Diarahkan dan dibimbing jika belum faham, Browsing di internet, Dia sering bertanya ke orangtua jika ortu tidak mampu dia buka google, Lebih banyak diberikan pr atau tugas sekolah, Mengulang kembali pembelajaran, Harus lebih di beri motifasi agar gemar membaca, Memcari di Internet, Selama ini dengan bertanya, membaca buku dan atau gogling tentang materi, Harus meningkatkan belajarnya

4. Apa yang telah anak dipelajari yang paling menarik atau manfaat ?

Respon wali murid :

Belajar kelompok, Semua mapel yang belum pernah didapat di bangku SD, Kegiatan prakarya, Ilmu Pengetahuan Sosial, Mereka suka yang ada gambar atau simbul, Olah raga, Pada kegiatan ekstra, Seni budaya

5. Adakah metode belajar tertentu yang anak temukan efektif ?

Respon wali murid :

Belajar kelompok, Belajar sambil bermain, saat belajar diberi contoh dalam kehidupan sehari hari juga bagaimana. Agar anak anak mudah memahami pelajaran, Dengan tatap muka, Pembelajaran seperti game atau tanya jawab, Membuka Google, Masih sebatas membaca buku dan gogling.

6. Apakah ada subjek atau topik yang perlu ditingkatkan pemahamannya ?

Respon wali murid :

Ada dan banyak, Ada tentang pembelajaran matematika, Ada dan itu perlu, Matematika, Pelajaran matematika, Perlu dipahamkan tentang makna belajar itu sendiri. Memilih metode belajar yang tepat materi.

7. Bagaimana anak mengatur waktu belajar dan istirahat ?

Respon wali murid :

Sebisa mungkin dlm pengaturannya, Tempo tidak teratur tapi dibuat sendiri sehingga terpenuhi, Ketika pulang sekolah anak istirahat dulu, habis magrib anak mulai belajar lagi kurang lebih sampai jam 8-9 setelah itu tidur, Membuat jadwal rutin bermain dan belajar Cari kegiatan yang menarik dan bermanfaat, Di beri jadwal khusus jam istirahat dan jam belajar, Pulang sekolah istirahat dulu malam belajar, Sepulang sekolah istirahat dan malam belajar materi dari sekolah, Sehabis pulang sekolah anak istirahat mlm nya habis isyak waktunya belajar.

8. Apakah ada dukungan atau bantuan yang dibutuhkan anak dalam pembelajaran ?

Respon wali murid :

Dukungan keluarga, sekolah dan lingkungan sekitar, Ada seperti laptop atau komputer, Ada dia sering bertanya jika blm tahu, Ada tentang metode pembelajaran, Ada bimbingan belajar, Untuk sementara anak belajar mandiri, Perlu dukungan dan semangat, Memberi semangat dan mengawasi anak belajar

9. Apa langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan hasil belajar di masa mendatang ?

Respon wali murid :

Rajin belajar, selalu kompak dlm belajar kelompok, Kurangi tugas atau pembelajaran lwt hp Krn membuat anak cenderung jadi pemalas, Banyak dilakukan latihan soal tentang pelajaran sekolah, Ciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, Tulis materi yang telah dipelajari, Aktif bertanya terkait pelajaran yang belum dimengerti, Dengan les di luar, Mengikut sertakan anak pembelajaran diluar sekolah atau bimbingan belajar (LES), Metode pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat minat dan bakat anak, Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan

10. Bagaimana anak merasakan terhadap pencapaian akademis anak saat ini ?

Respon wali murid :

Sudah faham dlm segala materi yg diberikan, Cukup baik, Kurang memuaskan, masih perlu ditingkatkan lagi belajarnya, Puas, Kurang puas, Merasa sulit untuk beberapa mata pelajaran dalam memahami materi yang diterima, Ada rasa senang juga ada rasa kurang puas, Sudah cukup senang dan perlu ditingkatkan.

Google Form
Google Form

Itulah gambaran dari refleksi orang tua wali murid tentang kegiatan belajar mengajar di semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Walaupun belum semua memberikan refleksi tetapi dari beberapa yang telah memberikan refleksinya, secara umum dapat penulis simpulkan bahwa : proses pembelajaran di semester ganjil ini perlu banyak dilakukan perbaikan karena masih ada beberapa hal yang dipandang oleh sebagian wali murid masih perlu diperbaiki karena belum seseuai dengan harapan dari sebagian wali murid dan juga ada beberapa yang perlu ditingkatkan agar semester depan siswa-siswi bisa memperoleh pencapaian akademis yang lebih baik dari semester sekarang.

Dari beberapa refleksi dari wali murid tersebut yang perlu disikapi adalah  bahwa  penulis harus membuat gambaran untuk membuat rencana kegiatan pembelajaran di semester depan, agar di semester depan tujuan utama melakukan refleksi pembelajaran ini bisa tercapai, secara umum tujuan utama dari refleksi pembelajaran adalah :

1. Meningkatkan Pemahaman:

  • Membantu peserta didik untuk memahami apa yang telah mereka pelajari, bagaimana mereka mempelajarinya, dan mengapa hal itu penting
  • Mendorong peserta didik untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan pengalaman dan pengetahuan yang sudah ada
  • Membantu peserta didik untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan pembelajaran mereka

2. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis:

  • Mendorong peserta didik untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi secara kritis
  • Membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan
  • Mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif dan inovatif

3. Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan:

  • Membantu peserta didik untuk melihat nilai dan relevansi pembelajaran mereka
  • Meningkatkan rasa ingin tahu dan minat peserta didik dalam belajar
  • Memberikan peserta didik rasa kontrol atas pembelajaran mereka sendiri

4. Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi:

  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka tentang pembelajaran mereka
  • Membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan komunikasi lisan dan tertulis mereka
  • Mendorong peserta didik untuk berbagi pengalaman dan ide mereka dengan orang lain

5. Meningkatkan Praktek Mengajar:

  • Memberikan umpan balik kepada guru tentang efektivitas metode pengajaran mereka.
  • Membantu guru untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengembangkan strategi untuk meningkatkan pengajaran mereka.
  • Mendorong guru untuk bereksperimen dengan metode pengajaran yang baru dan inovatif.

Mengutip Nelson Mandela "Belajar adalah proses seumur hidup. Tidak ada kata terlambat untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda." Refleksi pembelajaran adalah kunci untuk membuka potensi seseorang. Luangkan waktu untuk merenungkan apa yang telah dipelajari dan bagaimana dapat menggunakannya untuk mencapai tujuan yang akan dicapai.      

Demikian tulisan singkat tentang refleksi pembelajaran semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 ini, mudah-mudahan ada manfaatnya. Terimakasih !

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun