Mohon tunggu...
Lika Seprianti
Lika Seprianti Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris SMA

Hobby Memasak dan Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menyusun Best Practice Menggunakan Metode STAR Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik dalam Pembelajaran

24 Januari 2023   21:46 Diperbarui: 24 Januari 2023   21:53 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lokasi : 

SMAN 1 Bayah

Alamat: Jl. Raya Malingping KM 2,5 Bayah

Lingkup Pendidikan:

SMA

Tujuan yang ingin dicapai:

Melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada PPL 1 dan Project Based Learning pada PPL 2, pembelajaran yang disajikan di dalam kelas menyenangkan, metode yang digunakan bervariasi, penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran cocok dengan gaya belajar peserta didik, pembelajaran berpusat pada peserta didik, serta penggunaan media berintegrasi teknologi dapat memudahkan peserta didik memahami suatu materi.

Penulis:

Lika Seprianti

Tanggal:

PPL 1

Pertemuan ke-1 Jumat, 09 Desember 2022

Pertemuan ke-2  Sabtu, 10 Desember 2022

PPL 2

Pertemuan ke-1 Kamis, 05 Januari 2023

Pertemuan ke-2 Jumat, 06 Januari 2023

A. Situasi  

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu:

  • Pembelajaran yang disajikan saya di dalam kelas monoton.
  • Metode dan media yang digunakan saya di dalam kelas kurang bervariasi.  
  • Pembelajaran masih berpusat pada saya sebagai guru.
  • Saya sebagai guru jarang menggunakan model pembelajaran inovatif.

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan? 

  • Berbagi pengalaman kepada rekan guru.  
  • Untuk menunjukan praktik baik yang sudah dilakukan.
  • Memotivasi diri sendiri dan guru lain untuk berbuat terbaik bagi para peserta didik.

 

Yang menjadi peran dan tanggung jawab dalam praktik ini:  

  • Saya sebagai guru berusaha membuat rancangan dan melaksanakan pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada PPL 1 dan Project Based Learning pada PPL 2, menggunakan media pembelajaran audio visual (pemutaran video), canva, metode diskusi kelompok serta memberikan asesmen melalui test evaluasi dengan menggunakan google form.
  • Melakukan asesmen dan pengamatan terhadap peserta didik baik dari asesmen sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dituangkan dalam instrumen yang lengkap mulai dari kisi-kisi soal, indikator ketercapaian, dan rubrik asesmen.
  • Saya sebagai fasilitator dan motivator dalam pembelajaran.
  • Saya sebagai pembimbing dalam jalannya diskusi kelompok.

B. Tantangan  

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? 

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka ada beberapa tantangan yang dihadapi adalah:  

  • Kurangnya kreativitas saya sebagai guru dalam memilih model pembelajaran inovatif dan media berbasis TPACK yang sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik peserta didik.
  • Saya belum maksimal dalam mengelola waktu dengan baik. 
  • Pengambilan rekam video dan editing video yang dibantu oleh tenaga ahli yang masih belum bisa sendiri.

Siapa saja yang terlibat? 

  • Saya sebagai guru mata pelajaran yang memberikan pembelajaran di kelas.
  • Rekan sejawat yang terlibat untuk pengamatan dan wawancara.
  • Kepala sekolah terlibat karena telah memberikan izin untuk melaksanakan PPL 1 dan 2.
  • Wakasek kurikulum yang terlibat untuk pengamatan dan wawancara.
  • Kameramen terlibat dalam pengambilan gambar/video.
  • Peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai subjek terlibat berperan aktif dalam pembelajaran serta memberikan refleksi dan survei pembelajaran.

C. Aksi :  

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini 

Langkah-langkah yang dilakukan: 

1. Secara umum  

  • Berkoordinasi dengan kepala sekolah.
  • Wawancara.  
  • mengkaji literatur.
  • merumuskan solusi.
  • menentukan waktu yang tepat untuk pelaksanaan pembelajaran.

 2. Secara khusus  

Kegiatan      pembelajaran pada PPL 1  dengan materi Narrative Text dan PPL 2 dengan materi Banner, Brochure, Pamphlet dan Leaflet pada PPL 2 telah berlangsung dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Pendahuluan :

Salam, berdoa, kehadiran peserta didik, apersepsi, pemberian motivasi, dan tujuan pembelajaran.

Kegiatan Inti :

Penayangan video melalui link youtube, penyampaian materi melalui Canva, pembagian kelompok, pengerjaan LKPD, presentasi, dan evaluasi.

Kegiatan Penutup :

Test evaluasi, kesimpulan, refleksi, penyampaian materi selanjutnya, doa dan salam penutup.

 

Strategi apa yang digunakan? 

  • Penggunaan model pembelajaran PBL (luring) pada PPL 1 dan PJBL (luring) pada PPL 2 dalam modul ajar sesuai sintak.
  • Model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning, menggunakan media pembelajaran audio visual (pemutaran video), canva, metode diskusi kelompok serta memberikan asesmen melalui test evaluasi dengan menggunakan google form.
  • Melakukan asesmen terhadap peserta didik baik dari asesmen sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dituangkan dalam instrumen yang lengkap mulai dari kisi-kisi soal, indikator ketercapaian, dan rubrik asesmen.

Bagaimana prosesnya?

Adapun proses yang dilakukan yaitu:

  • Saya membuat perencanaan pembelajaran dengan membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, materi ajar, media pembelajaran, LKPD dan instrumen penilaian.
  • Saya memberikan ice breaking untuk menciptakan suasana yang kondusif dan memecahkan suasana tegang serta kaku didalam kelas.
  • Saya menerapkan model pembelajaran Problem based learning pada PPL 1 dan Project Based Learning pada PPL 2.
  • Saya menggunakan media berbasis teknologi dalam proses praktik pembelajaran berupa canva, gambar, video pembelajaran dan google form.

 

Siapa saja yang terlibat? 

  • Saya sebagai guru mata pelajaran yang memberikan pembelajaran di kelas.
  • Kepala sekolah terlibat karena telah memberikan izin untuk melaksanakan PPL 1 dan 2.
  • Rekan sejawat yang terlibat untuk pengamatan dan wawancara.
  • Wakasek kurikulum yang terlibat untuk pengamatan dan wawancara.
  • Kameramen terlibat dalam pengambilan gambar/video.
  • Peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai subjek terlibat berperan aktif dalam pembelajaran serta memberikan refleksi dan survei pembelajaran. 

Sumber daya yang dibutuhkan

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut:

  • Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
  • Membuat bahan ajar melalui Canva dan juga download dari internet.
  • Membuat media pembelajaran berupa media gambar atau video pembelajaran.
  • Menyusun lembar kerja perserta didik (LKPD).
  • Menyusun kisi-kisi dan instrumen penilaian.
  • Menyiapkan alat-alat pembelajaran seperti laptop dan proyektor/infocus untuk proses pembelajaran.
  • Menyiapkan 3 buah Handphone dan 2 laptop yang dipergunakan untuk merekam kegiatan pembelajaran, melakukan zoom dan presentasi.

D. Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut 

Refleksi Hasil dan dampak  

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?  

Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada PPL 1 dan Project Based Learning pada PPL 2 praktik pembelajaran dan metode diskusi kelompok serta Canva sebagai hasil diskusi kelompok maka peserta didik mengalami perubahan cara belajar, mereka lebih percaya diri, bersemangat dan semakin aktif dalam pembelajaran, semakin terampil dalam diskusi dan presentasi  dalam kelompok, dapat mengikuti sintak pada model Poblem Based Learning Pada PPL 1 dan Project Based Learning pada PPL 2 dan langkah-langkah pada LKPD.

Apakah hasilnya efektif? 

Dampak dari penggunaan media berbasis TPACK yang diimplementasikan dalam bentuk gambar dan video pembelajaran secara umum dapat dikatakan efektif dan sudah dapat membuat peserta didik lebih semangat dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran. Peserta didik membentuk kelompok untuk berdiskusi, menyelesaikan tugas yang diberikan oleh saya pada lembar kerja (LKPD) kemudian masing-masing kelompok mempresentasikannya kedepan kelas. Diakhir pembelajaran saya dan peserta didik melakukan refleksi dan tanya jawab dan diakhiri dengan mengerjakan soal evaluasi yang harus diselesaikan oleh peserta didik, dari hasil evaluasi tersebut diperoleh hasil peserta didik yang mendapatkan nilai melampaui KKM pada PPL 1 sebanyak 15 orang atau sebesar 68.2% dan pada PPL 2 sebanyak 28 orang atau sebesar 84.8%.

Respon rekan guru lain menyampaikan praktik baik sudah muncul dalam pelaksanaan aksi dengan beberapa keberhasilan yaitu : (wawancara) 

  • Penerapan model pembelajaran sesuai dengan modul ajar dan bagian kegiatan mengikuti sintak PBL dan PJBL.
  • Metode yang digunakan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan siswa.
  • Media yang digunakan sudah berintegrasi teknologi, menarik dan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran.
  • Peserta didik sudah menerapkan 4C (berpikir kritis, kreatif, bekerja sama, komunikasi), saling berbagi informasi serta lebih mandiri dalam mencari jawaban dari berbagai sumber untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? 

Faktor keberhasilan dalam pembelajaran ini karena saya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada PPL 1 dan Project Based Learning pada PPL 2 dan metode diskusi kelompok serta media Canva/video pembelajaran sebagai hasil diskusi merupakan penerapan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dan TPACK. Disamping itu adanya kerja sama dengan teman guru sejawat yang melakukan pengamatan selama proses pembelajaran dan berkenan sebagai narasumber pada waktu wawancara untuk perbaikan pembelajaran.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut 

  • Dari kegiatan ini ternyata saya dapat mendesain   pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inovatif dan membuat media berbasis TPACK.
  • Begitu besarnya dampak dari penggunaan model pembelajaran inovatif serta penggunaan media berbasis TPACK dalam kegiatan pembelajaran, hal itu dibuktikan dengan menggunakan model dan media tersebut aktivitas pembelajaran terasa lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik terhadap materi dan kegiatan pembelajaran yang diberikan. Saya juga menyampaikan materi pembelajaran lebih mudah dibandingkan menggunakan metode konvensional atau ceramah yang selama ini sering digunakan.
  • Praktik pembelajaran sudah mampu menyelesaikan masalah yang teridentifikasi yaitu Pemanfaatan TIK belum maksimal terhadap peserta didik. Terlihat saat kegiatan pembelajaran dan diskusi kelompok kerjasama tim mengalami peningkatan dengan model Problem Based Learning pada PPL 1 dan  project based learning pada PPL 2 dengan menggunakan Canva sebagai media presentasi hasil diskusi kelompok.
  • Praktik pembelajaran yang dilakukan telah mampu menyelesaikan akar masalah yang ditetapkan yakni saya sebagai guru belum menggunakan media yang sesuai dalam pembelajaran terutama dalam mengintegrasikan  TIK, dalam hal ini saya hanya menggunakan papan tulis dengan model pembelajaran ceramah. Dengan penggunaan media Canva dan video pembelajaran, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PJBL) serta pembuatan Canva dari hasil diskusi kelompok, dapat meningkatkan kemampuan saya dalam memanfaatkan TIK sehingga merangsang pikiran, perasaan, minat serta perhatian peserta didik.
  • Sebagai tindak lanjut dari pembelajaran ini yang akan saya lakukan adalah sebagai berikut:

a. Saya harus lebih menyiapkan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan menginspiratif.

b. Saya harus mengembangkan model, media dan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

c. Saya akan terus Melakukan refleksi pada setiap pembelajaran.

d. Saya akan terus Melakukan pembelajaran inovatif dengan pendekatan TPACK pada setiap proses pembelajaran.

LAMPIRAN DOKUMENTASI

 Link Video Kegiatan PPL 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun