Mohon tunggu...
Faustina Rosalia
Faustina Rosalia Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Ungraduated Media Digital Communication Student

Selanjutnya

Tutup

Film

Melihat Psikoanalisis dalam Film Mulan II (2004)

16 November 2021   17:19 Diperbarui: 16 November 2021   17:29 446
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kehidupan pikiran adalah campuran dari kognisi dan emosi, kesadaran sadar dan proses bawah sadar, perilaku mengarahkan diri yang rasional dan tindakan yang didorong oleh naluri.

Film Mulan II (2004) merupakan film animasi terbitan Disney yang menceritakan kelanjutan kisah percintaan Mulan dan Jenderal Shang. Namun, ketika akan melangsungkan pernikahan, keduanya diberi misi untuk pergi mengawal ketiga putri kerjaan untuk menikah dengan pangeran dari Mongolia.

Pinterest/@wikiHow 
Pinterest/@wikiHow 

Psikoanalisis

Teori film psikoanalisis adalah cara untuk mengungkap makna tersembunyi dari sebuah teks dan sarana untuk memahami proses kompleks penonton film. Itu tidak bertujuan untuk menganalisis karakter film untuk mencari tahu mengapa mereka berperilaku seperti itu, sebab karakter bukanlah orang sungguhan.

Metode kritik psikoanalisis bekerja untuk semua film, bukan hanya yang menggunakan proses terapeutik sebagai alat bercerita atau berusaha menjelaskan perilaku pahlawan atau penjahat melalui referensi ke masa kecil yang traumatis.

Psikoanalisis menggambarkan pikiran sebagai bagian sadar dan bagian bawah sadar. Kita semua memiliki alam bawah sadar, alam dari mana perasaan muncul atau pikiran muncul secara tak terduga.

Psikoanalis percaya di situlah perasaan, keinginan, dan pikiran yang dibuang pergi sehingga pikiran sadar atau ego kita tidak dapat menerima karena satu dan lain alasan (sejarah pribadi, tekanan sosial, norma budaya, dll.).

Psikologi dikaitkan dengan perkembangan yang lebih baru dalam ilmu pikiran. Ini kurang peduli dengan alam bawah sadar dan lebih peduli dengan kognisi, dengan bagaimana pikiran sadar bekerja.

Identitas mengacu pada diri, terutama pada keberadaannya yang terpisah dengan sendirinya terlepas dari hubungan dengan orang lain. Sebuah identitas diri selalu rumit tentu saja oleh hubungan dan situasi dan peran sosial, hal-hal di luar yang mempengaruhi apa yang ada di dalam.

Sigmund Freud, penemu psikoanalisis, membagi pikiran menjadi komponen-komponen. Ego adalah diri kita yang sadar. Itu mempertahankan kontak dengan eksternal dunia dan bertindak sebagai sensor terhadap impuls dari dalam yang mungkin bertentangan dengan aturan, norma, dan mandat dari dunia luar itu.

Id adalah ketidaksadaran, tetapi juga merupakan nama untuk "ke-itu-an" kita sendiri, milik kita pada sifat fisik, terutama pada dunia dorongan naluriah untuk bertahan hidup dan kepuasan.

Pemantau dalam diri kita yang mengawasi dorongan dan menjaganya tetap terkendali adalah superego, yang juga merupakan hati nurani kita, bahwa dalam diri kita yang memelihara rasa perilaku yang benar dan salah, perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima.

Kondisi manusia adalah konflik abadi antara dorongan dan keinginan Anda sendiri dan persyaratan yang dipaksakan oleh peradaban dan budaya.

Sinema dapat dilihat sebagai semacam mimpi kolektif, dan dengan demikian menerapkan metode interpretasi Freud pada film dapat mengungkapkan keinginan tersembunyi penulis, atau, yang lebih menarik, penonton, yang menggunakan film sebagai ruang fantasi untuk bermain. mengeluarkan keinginan mereka sendiri.

Psikoanalisis dalam Mulan II (2004)

Pintrest/@Zainab cute 
Pintrest/@Zainab cute 

Pada awal film dimulai tampak scene ketika Mulan mengajarkan kung fu pada anak-anak perempuan di desanya, dengan meniru keadaan alam. Pada bagian ini, penulis cerita sedang menunjukkan bahwa pada kenyataannya, ilmu kung fu memang mengikuti keadaan alam dengan menjadi lembut seperti rumput, mengalir seperti air.

Hal tersebut menunjukkan bahwa pemikiran para praktisi kung fu turut dipengaruhi oleh alam, sebab mereka menerapkan prinsip alam dalam latihan mereka.

Pinterest/@revelogue
Pinterest/@revelogue

Selanjutnya pada scene ketika Jenderal Shang sedang meragukan hubungannya dengan Mulan terjadilah konflik batin yang menimbulkan pemikiran negative dari Jenderal kepada Mulan.

Ditambah lagi ketika Mushu memprovokasi Jenderal Shang dengan membuat suatu drama tipu daya dari balik tenda yang membuat Jenderal menjadi semakin marah dengan Mulan.

Scene ini menunjukkan bahwa dalam kehidupan nyata, tak jarang seseorang akan percaya pada apa yang mereka lihat tanpa mencari tahu kebenarannya.

Pintrest/@𝒟𝒶𝓈𝒽𝓎 𝒬𝓊𝒾𝓃𝓃
Pintrest/@𝒟𝒶𝓈𝒽𝓎 𝒬𝓊𝒾𝓃𝓃

Pemikiran ini di perkuat dengan scene ketika Mushu berpura-pura menjadi Naga Emas Persatuan dengan memasuki patung naga tersebut. Membuat orang-orang menjadi percaya bahwa naga persatuan benar-benar hadir dan marah pada raja Mongolia. Sehingga membuat mereka menjadi takut dan menuruti perintahnya.

Daftar Pustaka

Ryan, Michael. (2012). An Introduction to Criticism: Literature, Film, Culture. Source: Wiley-Blackwell.

Cateridge, James. (2015). Film Studies for Dummies. Oxford Brookes University.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun