"Proses pembelajaran di Sekolah Luar Biasa dapat berjalan lancar dan optimal dengan metode pengajaran yang sesuai."
Abstrak
Anak berkebutuhan khusus merupakan individu yang memiliki keterbatasan fisik, mental, emosional, intelektual dan sosial. Setiap anak berhak memperoleh kesempatan yang sama untuk menuntut ilmu di bangku pendidikan.Â
Lembaga pendidikan yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus yaitu di Sekolah Luar Biasa. Agar proses pembelajaran di Sekolah Luar Biasa dapat berjalan lancar dan optimal, maka diperlukan metode pengajaran yang sesuai.Â
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengajaran yang sesuai bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa.
Dari hasil penelitian diperoleh metode pengajaran bagi anak berkebutuhan khusus, yang secara umum meliputi komunikasi (communication), tugas analisis (task analysis), instruksi langsung (direct intruction), prompts, dan pembelajaran kooperatif (cooperative learning).Â
Metode pengajaran tersebut harus disesuaikan dengan keterbatasan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus. Pendidik di suatu Sekolah Luar Biasa harus memberikan perhatian serta dukungan yang lebih agar anak berkebutuhan khusus memiliki semangat untuk mencapai perkembangan yang optimal.
Kata Kunci : Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), metode pengajaran, Sekolah Luar Biasa (SLB).
PENDAHULUAN
Pendidikan menjadi hal yang penting demi kemajuan suatu bangsa. Dalam pembukaan UUD 1945, tercantum salah satu tujuannya yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Â