Mohon tunggu...
Latifah Rokhim
Latifah Rokhim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah, Universitas Alma Ata.

Seorang yang ingin disebut penulis, namun enggan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Tahap Awal Memulai Bisnis Cemilan dan Nilai Syariahnya

18 Juli 2022   10:08 Diperbarui: 18 Juli 2022   10:16 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Ingin memulai bisnis kuliner dari yang paling mudah? maka jawabannya adalah mulai dengan bisnis cemilan. Berikut akan dipaparkan beberapa hal dalam bisnis cemialan kering termasuk nilai syariahnya.

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner merupakan salah satu bidang bisnis yang bergerak di bidang makanan. Bisnis ini sangat populer di kalangan masyarakat karena cukup mudah untuk dijalankan dan dapat dimulai hanya dengan modal kecil. Meski dengan modal kecil, keuntugan dari bisnis ini cukup menjanjikan.

Tingginya minat terhadap bisnis ini, menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Namun disamping itu, minat konsumen terhadap makanan pun tidak ada matinya. Oleh karena itu, pebisnis bidang ini dapat bersaing dengan sehat.

Berbisnis Makanan Ringan 

Salah satu bisnis kuliner yang dapat dijalankan yaitu bisnis cemilan. Cemilan adalah makanan ringan yang dapat dimakan di sela dua waktu makan. Cemilan dapat dikonsumsi di sela-sela aktifitas sehari-hari di luar jam makan sehingga dapat mengontrol nafsu makan yang disebabkan oleh efek kenyang saat ngemil.

Bisnis cemilan khususnya cemilan kering merupakan bisnis yang sangat tepat untuk dijalankan karena produk dapat bertahan lama tanpa khawatir akan basi atau tidak dapat dikonsumsi hari itu juga. Pebisnis/pengusaha cemilan dapat menyimpan persediaan cemilan dalam jumlah yang cukup banyak.

Cemilan kering yang banyak diminati anak-anak muda saat ini yaitu cemilan seejenis makroni, krupuk, maupun keripik. Cemilan sejenis itu sangat diminati kalangan milenial saat ini terutama yang mengadung bumbu atau perasa seperti pedas dan gurih-gurih asin.

Strategi Bisnis yang Diterapkan

Strategi utama yang akan diterapkan pada bisnis ini yaitu menciptakan kualitas rasa yang disukai pasaran. Strategi ini dapat dimulai dengan memproduksi cemilan lalu dikenalkan pada orang-orang sekitar. Dimulai dari keluarga, teman, dan tetangga. Selain itu, dapat menawarkan produk pada tempat-tempat ramai sekaligus menawarkan untuk mencicipi secara gratis.

Setelah mengantongi kepuasan dan kecocokan kualitas rasa, barulah menjalankan strategi berikutnya yaitu strategi pemasaran, seperti promosi dan memasarkannya pada media sosial dan marketplace. 

Media sosial adalah tempat yang cocok untuk mengenalkan produk secara luas dan marketplace merupakan tempat yang mempermudah calon konsumen melakukan pembelian. 

Marketplace juga menjadi sarana promosi yang mengutungkan ketika pembisnis memaksimalkan sarana promosi yang di tawarkan marketplace tersebut.

Akan tetapi untuk permulaan bisnis ini, baiknya memaksimalkan promosi dan pemasaran jangkauan terdekat. Hal ini dapat dilakukan dengan menitipkan pada warung-warung juga minimarket di kota produksi. 

Sedangkan secara online dapat memanfaatkan layanan pesan antar seperti gofood dan grabfood. Selan itu juga dapat memaksimalkan pemasaran pada grup jual-beli dan marketplace yang ada pada faceboook dengan pengaturan lokasi setempat.

Berdasar pada kualitas rasa, hal ini dapat dijadikan patokan dalam menciptakan keunikan produk. Seperti menciptakan rasa manis akan tetapi rasa manis tersebut bukan berasal dari gula. Contohnya kripik sale pisang mengandung rasa manis akan tetapi rasa manis tersebut bukan berasal dari gula melainkan murni dari pisang tersebut.

Keunggulan Bisnis 

Bahan dasar, bumbu, maupun rasa yang terkandung dalam cemilan sesuai dengan selera pasar pada umumnya. Dengan minat pasar yang selalu ada, bisnis ini akan selalu dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Terlebih rasa yang terkandung dalam cemilan memiliki khas tersendiri. Ciri khas tersendiri pada cemilan ini dapat menjadi suatu keunggulan yang dapat bersaing dengan sesama pembisnis cemilan lainnya.

Inovasi yang Dilakukan

Dalam memulai bisnis tidak perlu mengadakan produk secara besar-besaran. Jika memulai bisnis cemilan mulailah dengan satu jenis produk cemilan, misalnya keripik pisang dengan rasa yang cukup beragam pada umumya namun tetap memiliki cita rasa khas tersendiri.

Setelah bisnis mulai berjalan, bahan dasar cemilan keripik dapat dikembangkan. Produk cemilian yang semula hanya keripik pisang, dapat ditambahkan menjadi keripik singkong dan keripik kentang. Sementara rasa yang semula hanya manis, asin dan gurih dapat dikembangkan menjadi variasi rasa yang semakin banyak seperti rasa cabei, balado, hingga coklat.

Dalam menjalankan inovasi yang berbeda atau menonjol dari bisnis cemilan keripik lainnya, kualitas rasa dapat selalu ditingkatkan berdasarkan kepuasan konsumen. 

Sedangkan inovasi terhadap varian rasa yang berbeda dan baru atau belum ada sebelumnya memanglah sangat sulit karena butuh proses uji rasa yang penuh pertimbangan. Hal tersebut dikarenakan perbedaan selera pada setiap orang. Meski begitu, pembisnis cemilan keripik dapat mengembangkan varian rasai dari selera rasa yang disukai kebanyakan target pasar.

Target pasar cemilan ini yaitu anak muda sehingga inovasi varian rasa dapat dikembangkan sesuai selera anak muda pada umumnya. Salah satu contohnya yaitu menciptakan varian rasa cappucino pada produk keripik.

Cappocino menjadi salah satu minuman yang paling digemari anak muda karena rasa kopi pada minuman ini tidak pahit dan lebih enak dibandingkan kopi lainnya. Renyahnya keripik dipadukan dengan rasa kopi yang tidak begitu pahit ini dapat menjadi kombinasi yang tepat untuk menjadi bahan cemilan di sela-sela aktivitas harian.

Meski varian rasa ini pada cemilan keripik telah bermunculan, namun tetap dapat menjadi inovasi yang berbeda dari lainya karena belum banyak ditemukan terutama pada pemasaran jangkauan terdekat.

Skema Manajemen Keuangan yang Digunakan

Ketika hendak memulai bisnis, hal pertama yang diperlukan adalah modal. Modal dapat diperoleh dari kas pribadi. Dalam merecanakan manajemen keuangan bisnis, sangat penting membuat catatan lengkap keuangan pada bisnis. pembisnis dapat menganalisis atau memperkirakan jumlah dana keuangan yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar arus kas dapat berjalan lancar, dan pengalokakasian dana yang tepat.

Sebagai pembisnis cemilan keripik, pebisnis perlu menyiapkan sejumlah modal dari kas pribadi sesuai dengan analisis terhadap modal awal bisnis ini. Analisis terhadap keuangan bisnis ini termasuk juga di dalamnya dana tenaga kerja, biaya tidak langsung, hingga biaya oprasional.

Nilai Syariah Dalam Bisnis Cemilan

Cemilan keripik ini tidak mengandung makanan bahan-bahan haram sehingga termasuk makanan halal. Untuk meyakinkan kehalalan produk cemilan ini, pembisnis dapat menyertakan label halal dari MUI pada kemasan cemilan. Pentingnya kehalalan produk makanan dikarenakan mengonsumsi makanan halal merupakan kewajiban bagi setiap muslim.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun