Mohon tunggu...
Latifah Fatih
Latifah Fatih Mohon Tunggu... Guru - Guru

Berbagi pengalaman sebagai inspirasi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

24 Februari 2024   17:29 Diperbarui: 24 Februari 2024   17:40 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

 

 

(Best Practice) Menggunakan Konsep STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi

Penerapan Model pembelajaran Proyek (PjBL) dengan menggunakan Aplikasi Canva dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas VII SMPN 2 Kronjo 


  • PENDAHULUAN
  • Pendiidkan adalah merupakan salah satu kebutuhan pokok manuasia yang harus di penuhi, yang mempunyai tujuan lebih tinggi dari sekedar untuk hidup, sehingga manusia lebih lebih terhormat dan mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dari pada yang tidak berpendidikan. Pendidikan juga merupakan suatu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia. Mulai dari kandungan sampai beranjak dewasa kemudian tua manusia mengalami proses pendidikan yang didapatkan dari orang tua, masyarakat, maupun lingkungannya. Pendidikan bagaikan cahaya penerang yang berusaha menuntun manusia dalam menentukan arah, tujuan dan makna kehidupan ini. Menurut  (Trianto,2011: 51) model pembelajaran berbasis proyek memiliki potensi yang amat besar untukmembuat  pengalaman  belajar  yang  lebih  menarik  dan  bermanfaat  bagi  peserta  didik. Menurut Wati,   Linda   (2013) )   dalam   penelitian   tentangPenerapan   Model   Pembelajaran Project  Based  Learning  Untuk  Meningkatkan  Kreativitas  Siswa dan hasil  penelitian  dan  pembahasan  dapat  disimpulkan  bahwa  pelaksanaan  pembelajaran PKn melalui pembelajaran project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa. Manusia sangat membutuhkan pendidikan melalui proses pembelajaran yang berusaha menggali dan mengembangkan potensi dirinya melalui model pembelajaran PjBL

B. PEMBAHASAN

Situasi 

Melalui model Project Based Learning (PjBL) Peserta didik diharapakan mampu mengidentifikasi masalah, mendeskripsikan, menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan proyek sehingga menghasilkan produk aplikasi Canva. Dilihat dari kondisi peserta didik dan guru di SMPN 2 Kronjo yaitu

 1. Kurangnya Pemahaman siswa terhadap materi dalam Pelajaran PKn

2. Media pembelajaran kurang menarik

3. Kurang tepatnya pemilihan media pembelajaran yang tepat sesuai materi.

4. Guru belum merancang pembelajaran yang aktif dan menyenangkan

5. Peserta didik tidak memiliki pengelaman tampil di depan banyak orang

6. Rendahnya tekad dan keinginan peserta didik untuk menggali potensi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun